Boneka Tutel Lila

Kemarin saya lihat ponakan saya bermain-main dengan boneka kura-kura. Akhir-akhir ini saya lihat dia senang sekali bermain dengan mainannya itu. Wajahnya begitu sumringah waktu memamerkan boneka itu pada saya, lalu memainkannya, mengobrol dengan boneka itu seolah dia dapat bicara. Saya tersenyum dan bahagia melihatnya. Tapi, sore tadi saya lihat ponakan saya murung sambil memeluk boneka kesayangannya itu. Saya dekati dia dan pelan-pelan saya tanya.

“Sayang, kenapa nggak mainan sama bonekanya? Tu bonekanya nunggu diajarin nyanyi sama Lila.”

Ponakan saya tetap diam sambil memeluk boneka kura-kuranya. Mulutnya manyun.

“Kak Lila, aku sakit dipeluk kakak kenceng-kenceng. Ayo main kakak.” saya berbicara sebagai boneka dengan logat kanak-kanak. Lalu ponakan saya membuka mulutnya.

“Tante, kak Derby sudah mau selesai liburannya. Nanti kalau kak Derby pulang, si Tutel pasti diambil. Lila nggak bisa main sama Tutel lagi.”

Derby adalah ponakan saya dari kakak pertama. Sedang Lila adalah ponakan saya dari kakak kedua. Saya sendiri anak ketiga. Derby 1 tahun lebih tua dari Lila. Derby sekolah di kelas 1, sedang Lila masih TK. Seminggu yang lalu Derby datang menitipkan Tutel, boneka kura-kuranya, pada Lila karna dia akan pergi liburan bersama orang tuanya ke luar kota. Seperti halnya Lila yang sangat menyayangi Tutel, Derby pun sangat menyayangi Tutel. Karna itu Derby menitipkan Tutel dengan alasan supaya Tutel tidak sendirian di rumah. Lila senang sekali bisa bermain-main dengan Tutel selama Derby pergi. Tapi rupanya Lila berat hati ketika tiba waktunya boneka titipan itu akan diambil pemiliknya.

Saya mengusap kepala Lila, mencoba membuatnya merelakan Tutel diambil pemiliknya.

“Sayang, Tutel juga suka main-main sama Lila. Tapi, rumah Tutel bukan di sini. Rumah Tutel ada di rumah kak Derby. Tutel pasti kangen juga sama rumahnya.”

“Kalo gitu kita anter Tutel ke rumah kak Derby, trus kita bawa ke sini lagi ya Tante.”

Hmm…bagaimana saya harus menyadarkan Lila bahwa boneka itu bukan miliknya? Dia hanya dititipi.

“Sayang, nanti kita beli boneka kura-kura yang lebih bagus ya. Tapi, Lila harus kasih Tutel ke kak Derby kalo kak Derby ambil, karna Tutel itu milik kak Derby dan kak Derby juga sangat sayang sama Tutel. Lila nggak boleh sedih kalau nggak bisa main-main dengan Tutel lagi, karna nanti Lila punya boneka baru lagi buat gantiin Tutel. Ya.”

“Bener Tante, Lila dibeliin Tutel baru?” Lila bersemangat sambil menatap saya penuh harap. Saya mengangguk sambil tersenyum.

“Horee…” Lila mengangkat kedua tangannya sambil berteriak lalu berlari berputar-putar.

Ah, ponakan-ponakan kecilku. Kalian adalah gambaran kehidupan dalam sebuah kepolosan. Tante menyayangi kalian.

Kamar, 281210, 06.10

Fiksi

—————————————————————–

Hikmah:

  1. Tidak ada yang kita miliki di dunia ini, semua hanya titipan. Ketika Sang Pemilik hendak mengambilnya, kita harus ikhlas merelakannya.
  2. Ada yang datang, ada pula yang pergi. Ada yang pergi, akan ada yang datang yang lebih baik lagi. Percayalah.
  3. Hikmah dapat diambil dari mana saja, termasuk dari hal kecil tentang boneka kura-kura Lila πŸ™‚
Artikel ini diikutkan pada Kontes Unggulan Cermin Berhikmah di BlogCamp.
*terimakasih kepada BunAff yang telah menjadi proffreader tulisan ini sebelum diikutkan dalam KUCB. Luv u Bun. Hug.*
Advertisements

65 thoughts on “Boneka Tutel Lila

  1. Pendar Bintang says:

    Hai, hai MBak…apa kabar??
    Gimana tahun barunya???

    Haduuuh…ponakan Mbak ngingetin Hani di masa kecil dulu 😦
    I had no friends but my parents and the toys….

    #tt
    Hai Hani…
    Kabar baiiik…. πŸ˜€
    Tahun barunya juga baik2… Penuh doa semoga menjadi lebih baik πŸ˜€

    Hani gk punya kk/adik po? Teman di tetangga gitu??
    Tapi sekarang teman Hani buanyaaak kan.. πŸ™‚

    Ssssttt…btw ini ponakan fiksi lho ya πŸ˜›

    Semoga Hani juga beruntung di KUCB ya πŸ™‚

    • Pendar Bintang says:

      Sorry Mbak..bru bisa main habis sakit dan juga sibuk…. 😦

      #tt
      Hey? Hani sakit apa?
      Sekarang udah sembuh kan?
      Jaga kondisi ya Say, musimnya lagi rentan bikin sakit..
      Maem teratur, minum vit C, & jgn lupa istirahat meskipun kerjaan banyak..
      Ya…

      *weh? kok jadi ky tante ma ponakannya. Hehe :D*

    • Pendar Bintang says:

      Hani umur 4 tahunan baru punya adik itupun bayi…

      Hani kan anak tunggal gak jadi, heee
      Dan Bunda nggak pernah ngasih main keluar rumah, jadinya bahagia banget kalau ada Saudara datang, heeee

      #tt
      Hihihi.. Hani pasti tinggal di kota deh… πŸ™‚

      • Pendar Bintang says:

        Salah…justru itu karena di kampung Hani jd takut main tanah, hujan2an..padahal main hujan2an itu sangat difavoritkan anak-anak kampung….
        hani hanya bisa menonton dari jendela dan ikutan jingkrak2 aja…hehehe

        #tt
        waaa…itu mainanku jaman kecil Hani..
        main tanah, petak umpet, benteng, karet, bekel, waaah…banyak…
        hujan2an juga favorit.. tapi biasanya segera disemprit sama ibu’, suruh pulang dan mandi keramas di rumah biar gk sakit.. hehe…

        • Pendar Bintang says:

          Ngambek, ngambek..Mbak Titik nggakmau sahabatan dengan Hani ney…
          Di add dunk YM nya…Hani tuh sampai ikutan web massenger πŸ˜₯

          #tt
          Hey Hani…udah kuadd YMnya.. Sorry2.. Mb Tt pake chatt by email. Kutunggu2 gk da pesan darimu. Maaf ya… Jangan ngambek dunk.. Ayo senyum :). Apa perlu disogok boneka Tutel? Hihi…

  2. Bunda Shishil says:

    wah bagus ceritanya mba, salam kenal… semoga menang ya…

    #tt
    terimakasih Bunda Shilshil…
    jadi malu saya… hehe…

    salam kenal juga ya Bunda.
    Amin. Terimakasih doanya πŸ™‚

  3. Abi Sabila says:

    Tak ada di dunia ini yang milik kita, paling banter hanya hak pakai, bukan hak milik, maka ketika Sang Pemilik mengambilnya, keikhlasanlah yang semestinya kita tunjukan.
    Sebagai ikhtiar, mari sama-sama mendoakan semoga bisa memenangkan kontes, amin.

    #tt
    Iya Abi..
    Amin. Mari sama2 mendoakan.. πŸ™‚

    • MeyBengkulen says:

      bnar bgt abi. t’ada smskali di dunia ini yg bnr2 milik kita. keluarga kita, org2 tsayang kita, pghasilan/harta kita, bhkn nyawa yg mlekat di badan kita ini skalipun. semua hnya titipan, hnya skedar punya hak pakai disertai kwajiban mjaganya dg baik & mmanfaatkan ssuai aturanNya. saat smua diambilNya, hanya ikhlas mengembalikan yg bs kita lakukan sambil siap utk kmudian mprtanggungjwbkannya di akhir masa nanti kpd Dia sg pemilik.

      selamat & sukses ya utk tt & jg abi di kontes ini.

      #tt
      Terimakasih mb Mey, sudah menambahkan hikmah yang begitu indah.. πŸ™‚

      Amin. Terimakasih doanya.
      Lebih dari itu, semoga tulisan ini bermanfaat. πŸ™‚

  4. lidya says:

    dunia anak2 memang menyenangkan ya.aku pingin ikutan duedate nya kapan mbak? baru mau pulang ke rumah minggu nih

    #tt
    Bunda Cal-vin tentu lebih tau tentang dunia anak-anak ketimbang saya πŸ˜€
    Masih sampai tanggal 31 Januari, mb. Ayo ikutan, waktunya masih lama. hehe…

    Btw, lagi ke mana ni mb? Pasti bw pake layar android nih.. Hihi… πŸ˜›

  5. ummi Ammar says:

    Apik…apik…. semoga para pembaca dan terutama penulis tdk sekedar menikmati/mengagumi ke-apik-an ceritanya, tp lbh dari itu bisa “memaknai” yg terkandung di dalamnya… (Ayo Tik, ndang nduwe cah cilik… he2)

    #tt
    Amin Ummi…
    Semoga memberi hikmah bagi penulis dan pembaca. Amin…

    Btw, Ummi nemu 1 hikmah lagi ternyata dr tulisan ini. Tu, yg di dalam kurung. Hehe… πŸ™‚

  6. fety says:

    satu langkah di belakang mbak yustha nih πŸ™‚ mg sukses di kontesnya Pak Dhe, mbak yustha.

    #tt
    Ayo buruan menyamai langkahku..hehe…
    AMin mb Fey. Lebih dari itu, semoga tulisan ini bermanfaat. Amin. πŸ™‚

  7. omietha BunAff says:

    selamat tt dah terdaftar di KUCB dengan kartu yang keren …semoga berhasil *pelukpelukbalik*

    tak semedi dulu..sapa tau tar ikutan kontes hihihi

    #tt
    Hihi..iya, pakdhe bikin badge yg imut.. Jadi berasa feminin ni jeung.. Xixixi…
    Makasih ya Jeng.. Semoga tulisan ini bermanfaat..
    Kalah/menang dalam kontes adalah bonus.. πŸ™‚

    Ayo jeng, ikutan.. Kubantu semedi po? Hehe.. πŸ˜€

  8. puteri amirillis says:

    mau dong bonekanya lila..^^ salam untuk lila dari adek azkiya

    #tt
    hihi…sebenernya bonekanya Kak Derby, bukan bonekanya Lila.. πŸ˜€
    iya, nanti tante salamin ya d’Azkiya…
    *mikir deh..siapa mau dijadiin pemeran Lila ya? haha..*

  9. monda says:

    Satu lg Tik, jadi tante itu bisa jadi ajang latihan jadi ortu lho, mau ah nitipin anak2 kl lagi liburan he..he..

    #tt
    itu hikmah nomor 5 ya Bu Mon… hihihi… πŸ˜€
    waaaah…seneng banget aku Bu dititipi anak2… πŸ˜€

  10. Prima says:

    suka cerita ini… :D, mau ikut juga tapi masih bingung…apa ya???

    #tt
    makasih Prim…
    Ayo tulis fiksi/cerita mini-nya..
    Cari inspirasi dulu Prim… πŸ™‚
    Ditunggu ya… *ky aku yg punya kontes aja, hihi*

  11. Masbro says:

    Saya juga seringkali belajar dari adek adek kecil. Kadang saya tersenyum melihat polah mereka. Kadang bahkan terperanjat.

    #tt
    karna anak kecil adalah tempat kejujuran..
    dari mereka kita bisa banyak belajar… πŸ™‚

  12. idana says:

    hiks hiks…jadi inget sama kurcaci2 kecilku dirumah…
    kangen sama mereka πŸ˜€

    #tt
    hehe…krucil2 memang selalu menggemaskan ya mb… πŸ™‚

  13. gerhanacoklat says:

    miss u dek

    i like this post
    semoga menang yaaa

    #tt
    miss u too, kk…
    mana oleh2nya…hehe πŸ˜€

    Makasih kak..
    Amin..
    Semoga tulisan ini juga memberi manfaat ya kak.. πŸ™‚

  14. advertiyha says:

    Lila, minta boneka tutelnya yang guedeeeee,, trus mahal yak,, hehehe…
    ah, ini keren bener ini mbak, moga sukses di KUCB.. πŸ™‚

    #tt
    Terserah Tante Tt aja, Budhe. Yang penting Lila dapet boneka Tutel baru….hehehe…
    Makasih ya mb, moga mb juga sukses di KUCB πŸ™‚

  15. depz says:

    tutel
    pengucapan polos yg lucu
    selalu kagum dengan kepolosan anak2

    btw smoga beruntung kontesnya ^^

    #tt
    hihi…iya, itu pengucapan kata ‘Turtle’ yang gk jelas, jadi ‘tutel’ deh.. πŸ˜€
    makasih ya Depz… Kangen deh, lama gk kunjung mengunjungi… πŸ™‚

  16. situsonline says:

    kl menang kontes itu jgn lupa ajak rekan2 blogger untuk di rayaain!
    akhir kata selamat malam,semoga mimpi yg indah!
    dari Medan.

    #tt
    oke deh..usul diterima.. krn merayakan bersama blogger berarti cukup dengan postingan saja πŸ˜€
    makasih kawan. salam dari Jogja.. πŸ™‚

  17. mandor tempe says:

    menang benar bahwa di sini tak ada yang abadi. bahkan milik pribadi pun tetap tidak abadi
    Selamat berjuang

    #tt
    waaaaahhh….dikunjungi pemenang KUMAT…
    Duh…kok sy jadi deg2an ya…. πŸ˜€
    Makasih Pak Mandor..
    Semoga kita semua bisa mengingatnya, bahwa tak ada yg kita miliki di dunia ini… πŸ™‚

    Btw, Pak Mandor ndak ikutan?

  18. Shohibul KUCB says:

    Sahabat tercinta,
    Dengan hormat diberitahukan bahwa berhubung BlogCamp saat ini sedang dalam proses pembaharuan maka pagelaran Kontes Unggulan Cermin Berhikmah (K.U.C.B) dipindahkan ke New BlogCamp.
    Bagi yang belum mendaftar silahkan mengunjungi
    http://newblogcamp.com/kontes/kontes-unggulan-cermin-berhikmah
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    #tt
    Nggih Pakdhe, kula pun dugi markas BlogCamp yang baru..
    Semoga menambah semangat peserta dan calon peserta..

    Ayo..ayo yang belum ikutan, segera daftaaaar…. πŸ˜€

  19. budiarnaya says:

    Wao…mantap ceritanya, saya membacanya dengan gamblang, begitu dilbilang titipan, lalu menerka apa yang kita punya adalah titipan, ternyata benar…salut mbak..sebuah fiksi yang bagus…kayknya bakalan menjadi masuk daftar juara dech…

    #tt
    Wah, Bli.. Makasih dukungannya ya Bli..
    Tuan Kodarong jg keren lho Bli… πŸ™‚

  20. apikecil says:

    Segala sesuatu yang kita punya adalah titipan, dan sewaktu-waktu pasti diambil sama yg punya..
    Keren ceritanya mbak, sarat makna..
    moga sukses di kontesnya Pak De ya mbak..

    #tt
    makasih mb Hana…
    cerita mb Hana tentang hujan juga bagus..keren…
    moga sama2 sukses di kontes Pakdhe ya mb… πŸ™‚

  21. Mood says:

    Kirain tutel apaan, gag taunya kura kura ya πŸ˜€
    Kiranya sulit juga ya, memberi pengertian kpd anak kecil tentang kepemilikan akan suatu barang.
    Sukses buat kontesnya ya.
    Salam.. .

    waaaa….dikunjungi mas Mood…
    makasih ya mas…
    iya begitulah anak-anak… πŸ™‚
    Amin…terimakasih doanya mas..
    Salam.

  22. rosalina, anita says:

    lucu banget ya mba yus, ponakannya, nama bonekanya juga lucu, Tutel. hikmah memang selalu tersebar asal kita mau mencari πŸ™‚

    hihi…itu karna sy lucu, jadi ceritanya pun jadi lucu.. πŸ˜€ *narsis*
    Betul An..
    Btw, lama gk bersua.. Pa kabar? Masih tetap SEMANGAT kan? πŸ˜€

    • rosalina, anita says:

      hihihii, padahal gak pernah bersua juga (dalam artinya nyata, jadi pengen ketemu mba yus aslinya, hehehe)…masih semangat dong mba yus! πŸ™‚

      hahaha, dirimu narsis juga mba, semoga ponakannya gak ketularan (lho?) :mrgreen:

      #tt
      hahaha…dunia blogsphere itu ketemunya juga di blog ya…
      Yuk ketemuan beneran… Kapan ya?? :thinking:
      hahaha….

      wah, narsis itu gk boleh ketinggalan.. πŸ˜€

  23. indiraPuteri says:

    Kalau semua bentuk ‘kehilangan’ kita bisa dilunasi dengan mudahnya mencari pengganti, betapa lancar dan enaknya hidup ini, nggih Mbak Titik…, tinggal beli lagi mawon πŸ˜›

    Tapi jika benar begitu, hidup terasa tak punya nilai seni. Bukan begitu? *menghibur diri*

    #tt
    Tidak semua bisa dibeli kn In..
    ada yg cukup dengan ‘diminta’ pada Sang Pemberi.. πŸ™‚

    Hidup itu yang paling indah adalah perjalanannya πŸ™‚

  24. jumialely says:

    kebijaksanaan orang tua akan membangun karakter yang baik pada anak, anak bijak karena orang tua yang bijak. hidup yang penuh hikmah. atas stempel komandan blogcamp, juri datang menilai. terima kasih atas partisipasi sahabat. salam hangat

    #tt
    Ibu juri..terimakasih tambahan hikmahnya.. Sangat menyentuh dan memberi pelajaran berharga bagi calon orang tua..
    Semoga berkenan dengan ceritanya ya mb…

  25. jumialely says:

    kita adalah para orang tua bagi pembangunan karakter anak-anak dalam keluarga maupun lingkungan. memberi senyuman bagi mereka adalah kewajiban kita

    salam sayang

    #tt
    semoga aku bisa ya mb.. πŸ™‚

  26. nitnot96 says:

    itulah yang membuat kita kangen ama ponakan2..kepolosan mereka…hehehee…

    #tt
    Hihi…punya ponakan juga ya? πŸ™‚

  27. mamah Aline says:

    tante yang baik banget dan perhatian ama ponakan, mereka polos dan lucu banget pastinya ya… semoga sukses di kontesnya pakdhe

    #tt
    Hihihi…kalo ponakan2 sy yg ‘real’ memang lucu2 banget Mah.. πŸ™‚
    Amin. Makasih doanya Mamah… πŸ™‚

  28. anna says:

    semua haya titipan.. kita kan tukang parkir T..
    terserah yg Punya mau nitip apa ke kita kan?

    #tt
    betul mb, analogi tukang parkir… (salah satu tag-nya πŸ™‚ )

  29. septarius says:

    ..
    walah kirain beneran Tik,ternyata fiksi tho..
    kalo aku jurinya, aku menangin deh.. ^^
    ..

    #tt
    horeee aku menaaaaang…. πŸ˜€
    lho?! jurinya bukan mas Ata ding…..

  30. bchree says:

    beliin dong kasian tu …..
    tapi hebat juga tu adik bisa berbesar hati
    kakanya ya yang ngajari ……
    semoga sukses sis

    #tt
    haha…iya ntar kubeliin…yang lebih gedhe ya.. πŸ˜€
    sukses juga buatmu bchree.. πŸ™‚

  31. gotaufik says:

    keren ceritanya…. πŸ™‚

    salam dari gotaufik si musang gokill. salam gekko.

    #tt
    makasih musang, eh..gotaufik.. πŸ˜€

    salam kenal…

  32. wi3nd says:

    xixixi..tutel..tadi kirain apaaa..
    taunya turtle alias kura kura…

    lila telaat seeh,tatnte kemarin beli tutel juga,warna hijau,tapi tante kasih ke sahabat ..

    tau gitu tante kasih ke lila yaaa… he he

    good luck yah tha..:)

    #tt
    Kalo gitu Lila tunggu tante beli lagi deh… he he…
    thanks darlin’..
    ayo ikutan KUCB juga… πŸ˜‰

  33. krishna says:

    seperti pernah dialami krishna.dan sebenernya waktu itu aku juga pingin ikutan nangis,merasakan perasaan kehilangan yg dialami krishna waktu boneka kura2 hijau itu di ambil yg punya..dia merasa itu sudah menjadi ‘miliknya’…bahkan sama temen2nya dia sering pamer..’ni kura2 ‘nya adek..!kemana mana selalu di bawa..bahkan kura2 itu sudah sedikit menghiburnya dengan ‘situasi’ baru yg kurang menyenangkannya. tapi benar…sekali lagi,boneka itu hanya titipan… dan dia merasa kehilangan..aku merasakannya.

    #tt
    hwaaaaaa…..aku ndak tau……
    hiks…jadi sedih…..

  34. Riksa89 says:

    Anak kecil memang selalu seperti itu…. Nice story mba… πŸ™‚
    Salam kenal dan salam hangat… πŸ˜€

    #tt
    hai Riksa…
    dunia anak2 memang menarik untuk disimak ya… πŸ™‚

    Salam kenal juga & salam hangat…

  35. kang ian dot com says:

    hihi..saya juga sangt suka boneka walau saya ini cowok hahaha,,
    mungkin nnti bisa buat anak-anak saya..salam sukses y dan salam kenal juga..

    #tt
    Ponakan sy yg cwo jg suka boneka kang…
    Sukses jg buat kang Ian n salam kenal… πŸ™‚

  36. yuyuk says:

    terkadang kehilangan itu mengajari kita untuk mensyukuri apa yang pernah dititipkan pada kita πŸ˜€
    maybe … just a wild guess πŸ™‚

    #tt
    Betul..betull…
    Dan juga mensyukuri apa yg ‘sedang’ dititipkn pd kita…

  37. dheeasy says:

    Keponakan fiksi ya mba??? tapi seperti sudah jadi tante nonfiksi πŸ™‚

    Cerita ini bikin saya makin semangat jadi tante yang bisa bikin keponakan2 saya ga ribut lagi karena berebut mainan…

    Makasih ya… πŸ˜€

    #tt
    cerita ini hanya fiktif belaka mb..
    Jika ada kesamaan tokoh dan peristiwa, bukanlah suatu kesengajaan…
    Hehehe…

    Kalo dalam kenyataannya sy memang udah jadi tante dari 18 ponakan… Maklum bungsu dr 6 basodara, dan kk2 anaknya byk2.. Hihi… Salah satu ponakanku ada di postingan terakhir, mb Des… πŸ™‚

    Ayo mb, semangat!
    Btw, gravatarnya keren banget…

    • dheeasy says:

      Wah kalah saya… saya bungsu dari 4 sodara dan keponakan saya baru 6 orang…
      *mesti belajar dari tante Tt nih he8

      Gravatarnya keren?? karena yang jadi model juga keren he8 *narsismodeon

  38. widhy88 says:

    Semua yang kita miliki hanyalah titipan yang akan kembali kepadanya kapan dan dimana saja…
    mantap… Tante yang sayang ponakan hehehe…

    Salam kenal

    #tt
    Terimakasih Widhy..
    Salam kenal juga… πŸ™‚

  39. putrigee | gobel says:

    Jadi ingat boneka kura-kura, pemberian seorang murid.. πŸ™‚

    Salam kenal mbak Titik..
    Semoga bisa menjadi pertemanan yang manfaat,

    salam hangat

    #tt
    eh…ibu guru ya?
    wah, senengnya dapat hadiah boneka dari muridnya…

    salam kenal juga ya mb. πŸ™‚

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s