Ngemut vespa…

bracket

Eits…….jangan heran jangan bingung kalau begitu liat judulnya dan liat gambarnya kelihatan tidak sesuai. Tapi jelas ada hubungan antara judul dengan isi postingan. Ini cerita tentang gigi saya.

Dulu semasa kecil hingga SMA, gigi saya rapi dan tidak bermasalah. Tidak berantakan juga tidak berlubang. Masalah mulai datang ketika kuliah kira-kira semester dua. Waktu itu ada abses (bengkak) di belakang gigi seri saya. Bengkak itu pun mengandung nanah. Ih…jijik ya. Entah karna bandel atau karena oon, saya tidak segera periksakan ke dokter gigi, malah saya biarkan dan dengan kreatifnya saya keluarkan nanah itu dengan lidah. Absesnya pun hilang. Namun kemudian mucul lagi abses tersebut berulang-ulang, dan saya pun tetap tidak memeriksakan ke dokter dan tetap mengeluarkan nanah dengan lidah. Tidak disangka tidak diduga, bersamaan dengan keluarnya nanah itu, keluar jugalah gigi seri saya, alias jadi jontor. Hanya satu gigi saja yang jadi maju, tapi ya…cukup mengganggu.

Setelah saya masuk kerja, barulah saya kenal dengan teman yang kuliah di kedokteran gigi. Melihat gigi saya yang maju, tertariklah dia untuk menjadikanku pasien prakteknya. Hehe….saya pun nurut-nurut saja. November 2006 saya mulai digarap. Dengan bermacam proses dari ukur rahang, cetak gigi, nunggu si teman bikin alat, lalu pemasangan, dan akhirnya saya pun memakai kawat gigi. Waktu itu kawat gigi yang saya pakai adalah kawat gigi lepasan. Diawali dengan expand untuk melebarkan rahang memberi ruang bagi gigi saya yang maju, kemudian dimundurkan, dan itu memerlukan waktu yang cukup lama dan cukup menyakitkan. Sudah begitu ada masalah yang menyebabkan abses yang sudah lama tidak muncul itu akhirnya muncul lagi bahkan menjadi lebih parah. Saya pun dilarikan ke klinik konservasi, mendapatkan perawatan saluran akar dan diisi (diisi apa saya juga tidak begitu tau). Selama sekitar dua minggu saya tidak boleh memakai kawat gigi dulu. Gigi saya yang sudah agak mundur kembali bergerak maju. Oh…proses yang begitu melelahkan. Setelah saya kontrol lagi ke klinik konservasi dan diperbolehkan memakai kawat gigi, saya melanjutkan perawatan bersama teman saya tadi. Gigi saya sudah mundur sih, tapi jadi turun, jadi tidak sama tingginya dengan gigi sebelahnya.  Huff…sudah cukup lelah dengan proses yang begitu rumit ditambah ketubruk kegiatan di kantor yang cukup padat sehingga saya mulai jadi jarang kontrol, akhirnya sekitar november 2008 kawat gigi saya lepas.

Yah…seperti burung lepas dari sangkar… Dengan begitu cepatnya gigi saya bergerak maju…maju…dan maju…. Kembali seperti semula dulu sebelum perawatan.

konstruksi gigiku...

konstruksi gigiku...

Teman-teman mulai menyayangkan tindakanku melepas kawat gigi. Tapi bagaimana lagi, teman saya pun akhirnya sudah lulus dari kedokteran gigi dan sudah menjadi dokter gigi di Banyumas sana. Saya sudah tidak bisa kontrol lagi dengan dia. Dan temannya yang diwarisi pasien bernama Titik, tidak kunjung memberi kabar. Akhirnya saya lepas saja kawat giginya, toh tidak ada perkembangan. Sampai sebulan yang lalu seorang teman mengajakku untuk melakukan perawatan orthodentis lagi, tapi kali ini dengan kawat gigi cekat atau biasa dikenal dengan bracket atau beghel. Mulanya saya hanya mengantar dia ke rumah sakit gigi dan mulut tempat di mana gigi saya dulu dirawat. Tapi akhirnya saya tertarik juga. Obrol punya obrol dengan kakak saya, saya pun dikenalkan dengan dokter gigi, kepala puskesmas tempat kakak saya bekerja. Dengan diiming-imingi discount, akhirnya saya kembali ‘berjuang’ merapikan gigi saya yang maju tadi. Bersamaan dengan gelaran pesta demokrasi di Indonesia dan televisi yang berlomba-lomba menampilkan hasil quick count pemilihan presiden, saya duduk di kursi perawatan gigi menikmati satu per satu alat cekat dipasang di gigi saya.

Yup!! Namanya juga usaha. Mudah-mudahan kali ini berhasil menjadikan gigi saya rapi kembali. Semoga….

Eitsss…jangan kabur dulu tt. Apa hubungannya pasang kawat gigi dengan vespa?!

Hehe…itu cuma bercandaan temanku saja. Waktu dia nanya harga pasang kawat gigi cekat, dia langsung komentar:

“Hwah!!! Segitu bisa buat beli vespa tt!! Gila, ngemut vespa kamu Tik!”

Hehehehe……ada-ada aja….

.:tt:.

10.07.09: 18.07: di kantor sambil nemenin temen lembur…

17 thoughts on “Ngemut vespa…

  1. Eka Situmorang-Sir says:

    Jadi inget dulu juga pake kawat
    gigi rapiku juga hasil perjuangan tik 😀
    5 tahun aja pake kawat hahhahaa (long story lah kenapa sampai lama)

    Semangaaaaat !
    Semangat menahan sakit (kan mesti adaptasi dulu tuh gigi ama behel)
    Semangat kontrol (dulu doktre gigi gue galak suka tlp ke rumah kalo gue lupa kontrol hehehe)
    Semangat kalo liat anak2 kecil tiba2 nangis pas ngeliat kawat gigi kita (dulu gue sering pake karet yg warna item makanya keliatan serem kali yah hehehe)

    Kalau soal harga :p emang segitu kaliii
    bilang sama temnmu, nanti ditambahin itungan tiap kontrol
    kalo ditotal bisa buat beli motor baru keluaran Jepang 😀 hehehe

    .:tt:.
    Hwah..5th? Lama nian..

    Hahaha..bisa ganti2 judul ntar,gk cuma ‘ngemut vespa’, tapi juga ‘ngemut vega’, ‘ngemut supra’, ‘ngemut mio’… Hwaaaa…

  2. mawi wijna says:

    waaaah, ini mbak Eka dulu pas Kopdar ngomong kalau struktur gigi saya beres-beres aja. kayaknya struktur gigi saya nggak jauh beda sama mbak Tt deh. kalau dokter gigi liat gigi saya pasti geleng-geleng kepala, soalnya posisi rahang atas dan bawah melenceng, dan kontur gigi nggak rata. Tapi saya masih ga mau klo disuruh pasang kawat gigi.

    Mbak Tt, kita rupanya senasib masalah gigi dan mulut, he3

    .:tt:.
    Eh dik,dirawat aja giginya. Bisa kok dibenerin rahangnya. Beneran… *ngompor2in*

  3. Iklan Gratis says:

    bener tuh apa yang dibilang sama eka…
    pengorbanan yang sangat besar, bisa membuahkan hasil yang sangat memuaskan…
    so, tetap semangat…
    ga usah jauh2 contohnya…
    tuh yang diatas ada….
    liat aja hasilnya :D…

    semangat yah :D….
    salam kenal :D…
    Stop
    Dreaming Start Action

    .:tt:.
    salam kenal juga…
    makasih sudah berkunjung…

  4. Muzda says:

    Kirain gigimu begitu karena ada insiden ngemut vespa, hehee 🙂
    Aku juga pengen nih pake beghel, tapi gak kuat kaya’nya, gak kuat nahan makan, hooo 😀

    .:tt:.
    Hihihi…tu istilahnya temenku tu mb..
    Emang gigi mb gk rapi po? Ayo pasang kawat gigi..tetep bs makan kok..cukup sedia minum buat ngglontor..hehe…

  5. frozzy says:

    miranda : ih, titik kan udh kurus, ngapain pake kawat gigi ?
    frozzy : hah?? itu tuh kawat gigi? kirain sisa vespa…..
    miranda : tik…tik, gambar vespanya mana ?
    frozzy : gambar vespa?? vespanya siapa yah???
    miranda : ada deh…..vespa gigi lo…….

    note : kolaborasi dua blogger gokil nan jalang eh..lajang lagi malam mingguan.

    .:tt:.
    Hwahahaha…trnyata pd ngomongin gw to mlm mgu kmrn? *alah*
    Gambar vespanya? Umm..ni ttg gigi gw tau,bkn ttg Gio -vespa gw yg ngejongkrok di garasi kostan-
    Jadi kangen jalan ma Gio..

  6. mawi wijna says:

    nggak ah mba, mending saya disuntik daripada diutak-atik giginya, belum lagi mahal biayanya, deuh!

    .:tt:.
    Lah, disuntik ya gk bisa ngerapiin gigi to dik,hehe..

  7. AFDHAL says:

    oalah ini to, status fesbukmu tentang ngemut vespa..
    gak keren ah…
    ganti donk, ngemut honda (jadul) kek, ngemut (yamaha) jadul kek
    hehehe 🙂

    .:tt:.
    hahahaha….berhasil..berhasil…berhasil…. (DORA m.o)
    gk seru donk…honda jadul dah gk gaul jaman sekarang….
    tapi vespa masih gaul sampai kapan2…
    hehehehehe…..setuju gak??!!

  8. widya says:

    hihihi…..mundur terus pantang maju yo mb
    ooo ternyat pakai gituan ga enak to? menyiksa to? tiwas aku pengen pakai juga….hehehe

    .:tt:.
    sip mb! mundur terus pantang maju!!! MERDEKA!! *lah, kok malah jadi debat capres..hoho*
    enak kok mb…..gk menyiksa….kapan lagi bisa ngemut vespa…..
    hehehe….jarang2 lho bisa ngemut vespa…
    palagi kalo udah berhasil nanti, kita bisa klaim juga kalo kita ‘ngemut vega’
    hehehehehe…..

  9. WANDI thok says:

    Memangnya operasi giwatnya nyampe berapa tombak eh to mbak 4ti?

    .:tt:.
    hihi….cukup buat beli vespa lah…susuk mlh…
    btw mentang2 nama blognya celoteh4ti, sy dikasih nama 4ti….
    hehe…nama sy titik mas…yustha tt..

  10. hawe69 says:

    duh..ntar jaman anak gw harus pasang gigi kawat…..udah ‘ngemut BMW’ kali yah.. hahaha
    anak gw punya kebiasaan isap jempol, jadi…pasti harus pake kawat gigi ntar , kalo gak…
    gak laku maen sinetron dong yah..*ngarep*
    :mrgreen:

    .:tt:.
    Hahaha..kalo ngemut bmw sy mending beli bmwnya aja lah.. Hehe..
    Wuah,cita2mu mulia nak.. 😛

  11. mas stein says:

    sama mbak, waktu saya denger harga yang harus dibayar sama temen di pabrik untuk mbayar kawat giginya saya mbatin, “mending disimpen-simpen buat ndepe mobil” 😆

    .:tt:.
    ahahaha…
    untung saya dapet discount mas
    sama boleh nyicil juga…hehehe….

  12. dean says:

    wkwkwk., kocak mbak.., ingin gigi rapi itu emang butuh perjuangan yak.., bersyukur deh yg dilahirkan dgn gigi yang rapi.., yg ga rapi jg harus bersyukur.., “gwe udah bersyukur., tp rasanya ga enak aja kalo lg foto.., hiks”

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s