Rotasi…

Tidak ada rahasia besar dalam hidup ini. Apapun tujuan Anda, Anda dapat meraihnya asal Anda mau bekerja keras. (Oprah Winfrew)

Kerja keras. Ya..kerja keras kata kunci dari quote di atas. Jadi, bukan di mana kita bekerja maka keberhasilan akan datang pada kita, tapi bagaimana kita bekerja (wuee….tt udah bisa bikin quote 😛 ).

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya 19 Februari 2010, ada pengumuman rotasi pegawai di kantorku. Desas desus memang sudah berhembus sebelumnya. Menduga-duga juga siapa kira-kira yang bakal kena rotasi. Ada sedikit praduga juga bahwa aku akan ikut dirotasi, tapi cuma sedikit, bahkan sedikit sekali :D. Lalu hari jumat tanggal 19 Februari, melalui speaker dipanggillah personil-personil yang dirotasi untuk mendapat informasi terkait rotasi di aula. Dan…deng..deng….disebutlah namaku di antara beberapa nama yang dipanggil. Ya..saya ikut kena rotasi…

Selama 4 tahun bekerja, saya sudah mengalami perpindahan ruang dengan tupoksi yang berbeda selama 2 kali. Awal masuk tahun 2006 saya ditempatkan di Seksi Program di mana tupoksi lebih banyak pada penyusunan program lembaga, penjadwalan kegiatan, persiapan kegiatan, dan lain-lain. Kemudian tahun 2008 ada rotasi besar-besaran dan saya ditempatkan di Seksi Penyelenggaraan di mana tupoksinya adalah penyelenggaraan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan seperti diklat, seminar, workshop, penyusunan modul, paket fasilitasi, dan sebagainya.

Dua tahun di seksi penyelenggaraan, tentu saja sudah menyatu dengan teman-teman satu ruangan. Karnanya ada kesedihan juga ketika harus meninggalkan teman-teman yang sudah kompak. Sampai-sampai saya membuat sajak perpisahan karna saya pun harus menguatkan diri sendiri maupun teman yang ditinggalkan karna bagaimana pun rotasi pegawai ini telah melalui banyak pertimbangan dan pasti demi kebaikan lembaga maupun pegawai itu sendiri. Saya dirotasi dari Seksi Penyelenggaraan ke Unit Riset dan Pengembangan.

Meski pengumuman rotasi telah dilaksanakan tanggal 19 Februari, tapi saya tidak langsung ‘boyongan’ ke ruangan yang baru karena hari Selasanya saya berangkat dinas luar selama 2 minggu (yang jg bikin sy gk blogwalking berhari-hari). Baru hari Senin, 8 Maret saya beberes barang-barang di ruangan lama dan hari Selasanya saya menata ruangan baru saya. Kemarin, Selasa 9 Maret 2010 adalah hari pertama saya menghuni ruangan baru dengan suasana baru dan teman-teman (lama tapi) baru. Semoga saja saya bisa segera menyesuaikan dengan pekerjaan yang baru. Yang jelas tetap semangat, tetap berkomitmen, dan ikhlas dalam bekerja. Sekali lagi: Bukan di mana kita bekerja sehingga kita berhasil, tapi bagaimana kita bekerja. 🙂

**hari ini saya menghabiskan hari di Lab..hihi…ruangan kutinggal lagi :P**

9 thoughts on “Rotasi…

  1. Reva Liany Pane says:

    Haha…., udah biasa bikin quote, ya? Kayaknya emang begitu, quote-nya yg ini kena banget, T 😉

    Tupoksi? Hehe…, ndak familiar sama istilah ini :mrgreen:

    Eniwei, selamat bekerja di divisi yang baru. Semoga lancar dan sukses ya, say!

    ===
    #tt
    hihi…..semoga bisa memaknai quote ini ya mb.. 🙂
    thanks mb….tetep semangat deh di mana pun …

  2. nh18 says:

    Selamat Mengemban tugas baru T …
    Masih di lokasi yang sama toh ?

    Yang jelas …
    Di perusahaanku …
    Jika mendengar kata rotasi …
    wah … ini bikin kebat-kebit …
    masalahnya … rotasi yang dimaksud … kemungkinan besar akan berimplikasi pada pindah kerja ke kota …

    bahkan ke pulau lain …
    Sekalipun ada uang relokasinya tetapi tetap saja … pandah kota itu bukan suatu hal yang mudah …
    apalagi yang sudah berkeluarga

    Sekali lagi …
    semoga sukses di tempat yang baru !!!

    Salam saya T

    ===
    #tt
    lokasi masih sama Om, cuma pindah ruangan jadi lebih ke timur n mencit sendiri..
    hehehe….. 😀

  3. didot says:

    hidup perlu variasi juga,kalo gitu2 aja lama2 bosen ,percaya deh?!:D

    dirotasi itu bagian dari variasi dan biar keluar dari comfort zone kita,kalo udah terlalu nyaman kuatirnya terjadi hal2 yg tidak diinginkan,seperti malas,korupsi atau kolusi…

    jadi nikmatin aja ya,semoga kamu sukses dengan tempat yg baru ini:)

    ===
    #tt
    betul..betul..betul…
    Amin. Semoga dapat bertanggungjawab di tempat yang baru.. 🙂

  4. anna says:

    wah… rotasi artinya harus menyesuaikan dengan lingkungan baru yah?
    gapapa T, yang penting bekerja dengan sebaik mungkin.. di mana aja sama aja kan?
    ===
    #tt
    Sip..Sip..!!
    Yang penting tetap semangat ya mb.. hehe 😀

  5. jeunglala says:

    Sukses ya, T…
    Dimanapun kamu ditempatkan, semoga dengan skill sehebat kamu, maka semua tantangan itu berhasil dilewati.
    Sisi sentimentil memang nggak bisa terelakkan, tapi pecayalah, sama seperti berpisah beberapa tahun yang lalu dan kemudian survived, artinya kelak pun akan sama saja… 🙂

    Dan satu lagi,
    cieee.. udah bisa bikin quote nih yeee.. 😀
    ===
    #tt
    iya mb Lala, lama-lama bisa menyesuaikan dengan perubahan yang ada.. 🙂
    Makasih dukungannya mb….

Any comments?