Origami Kubus (sambil nunggu Belanda-Uruguay)

Berhubung tadi mandinya kemalaman, makannya kemalaman, akhirnya belum bisa tidur. Padahal rencananya mau tidur dulu untuk bangun lagi dini hari nanti. Buat apa? Semifinal Piala Dunia bung! :DNah, sambil mengisi waktu, iseng-iseng sy ambil kertas origami dan bermain-main dengan dia. Kalau biasanya bikin origami burung, kali ini ganti ah, bikin origami kubus. Mau ikutan bikin? Yuk… 

Gini langkah-langkahnya:   

1. Ada berapa sisi kubus? Yup! Karena kubus memiliki 6 sisi maka kita sediakan 6 buah kertas origami. Lebih bagus kalau warnanya beragam. 

6 kertas origami (persegi)

2. Lipat masing-masing kertas menjadi dua seperti gambar ini.

  

3. Kita akan membuat persegi dengan melipat sisi-sisinya ke tengah seperti ini: 

membuat persegi

 

4. Lakukan untuk semua kertas. Hasilnya seperti ini.   

6 sisi kubus yang siap dirangkai

 

5. Sekarang kita rangkaikan sisi-sisi kubus di atas dengan menyisipkan ‘sayapnya’ ke ‘badannya’.   

 

 

Satu…dua…tiga…taraaaaa……….. 

origami kubus sudah jadi 🙂

 

this is it origami kubus buatan tt 😀

Gimana? Mudah bukan untuk membuatnya? Bisa diajarkan ke adik-adik kita, supaya mereka bisa ‘mengalami’ sendiri dalam belajar bangun ruang  sehingga mereka punya pengalaman belajar dan bisa senang dengan matematika. 

Kalau gambarnya gk bagus harap dimaklumi karna itu diambil dengan Hp Si Noki yang kemairn habis terjun bebas ke aspal dan lompat ke kubangan di pinggir jalan. Tapi bersyukur dia sudah sembuh. Buktinya bisa digunakan untuk berbagi kubus origami 🙂

Kalau gambar2 jepretan si Noki masih belum jelas, bisa liat videonya di sini.

Ya, itu iseng-iseng sy malam ini. Ditambah untuk upload postingan ini sekarang sy sampai di pukul 23.31, masih ada 2 jam lagi sampai Belanda-Uruguay main. Baiknya tidur dulu atau mbablas aja ya???

Advertisements

10 thoughts on “Origami Kubus (sambil nunggu Belanda-Uruguay)

  1. septarius says:

    ..
    Gak ada yang lebih susah tha..?
    😀
    Oalah baru tau kejadian detail kecelakaan si Noki..
    Tahan banting juga si Noki..
    ..

    itu gk susah mas Ataaaaa…..
    Pasti belum nyobain deh…
    Hmm…benar kata psikolog kemarin: daya juang anak2 kita sekarang rendah.
    Terbukti mas Ata bilang mainan ini susah… [-(
    #masAta masih anak2 ya?? 😛

    Hehehe…iya mas, begitulah accident yang dialami si Noki
    Tapi puji Tuhan sekarang sudah sembuh seperti sedia kala… 😀

  2. Andi says:

    main origami sambil merayakan kemenangan belanda atas uruguay 3-2…
    hore jagoku melaju ke final…

    hahay….sampai ketemu di final ya…
    #nanti malam jagoku main & semoga menang 😀

  3. idana says:

    hai mba tt….ntar malam begadang lagi yuuk, nonton jagoan kita hehee
    origaminya keren banget ne 😀

    pasti..pasti idana…. ^^
    kalo malam ini kaya’nya harus tidur dulu ni….hihi…
    makasih..ayo ajarin adiknya mainan origami kubus 😀

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s