Sup Krim Labu

Pagi tadi seorang teman memberi saya labu. Saya tidak tau bagaimana cara mengolah labu. Dulu Ibu tidak pernah masak labu (kecuali labu siam atau kami menyebutnya jipang) karna Bapak tidak suka labu. Begitulah, karna Bapak ndak suka labu, kami jadi tidak tau bagaimana rasa labu dan bagaimana mengolahnya πŸ˜› #alasan (atau sebenarnya saya pernah makan tapi nggak ngeh ya?). Eh tapi ada yang Bapak ndak suka, tapi Ibu tetap memasaknya, yaitu jengkol. Hihihi…kami selalu tertawa geli setiap Ibu pulang dari pasar bawa jengkol, Bapak akan berujar: ‘wah, egois iki, sik iso maem mung Ibu thok’. Dan akan dijawab Ibu “Kan mung kala-kala to Pak, nggo tamba kepingin”. Hihihi…. Kebetulan memang serumah yang suka jengkol cuma Ibu. Kk1 juga suka ding. Jadi kalau pas kebetulan kk1 datang, Ibu jadi punya teman buat makan jengkol. Eh, kok jadi bahas jengkol. Ayo fokus ke postingan :D.

Sepulang kuliah tadi saya mikir-mikir, ini labu mau diapain ya? Dan seperti biasa, search di internet untuk mencari jawabnya. Dan ketemulah resep sup krim labu kuning di sini. Sepertinya mudah nih. Akhirnya saya pilih resep itu dan bergerak ke dapur. Sewaktu mengupas labu, aduh, ternyata sulit ya, keras. Jadi saya potong dulu kecil-kecil baru saya kupas. Dan ternyata motongnya pun butuh tenaga, keras juga labu itu, kupikir empuk je. Setelah terkupas, saya cuci dan potong kecil-kecil. Tumis bawang putih dan bawang bombay cincang, masukkan labu dan masukkan air kaldu. Aduk-aduk sampai labu empuk. Eh, ternyata labu cepet empuknya ya. Hihi…saya bener-bener baru sekali ini mengolah labu, jadi banyak surprise πŸ˜› . Lalu diblender, dimasak lagi ditambah susu, keju, garam, dan merica bubuk. Taraaa…jadi deh. Mudah bukan untuk membuatnya (ala Sisca Suwitomo).

Dan inilah hasil eksperimen saya dengan buah labu siang tadi. Selamat menikmati πŸ™‚

This slideshow requires JavaScript.

#Ternyata enak lho labu itu. Dan setelah buka postingan mas Alamendah tentang labu, ternyata labu banyak manfaatnya. Kenapa Bapak ndak suka ya? Sepertinya musti kumasakin labu ntar kalau pulang, biar Bapak berubah jadi menyukai labu. Hehe…

Update:

Berdasarkan permintaan Pakdhe Cholik, akhirnya saya tambahkan resep membuat sup krim labu ini secara sistematis, di mana resep ini saya ambil dari sini.

Bahan:
1 sdm margarin
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, cincang
50 gr bawang bombai, cincang
550 gr labu kuning, potong-potong
750 ml kaldu sapi
250 ml susu segar (dapat diganti susu yg biasa diminum si kecil)
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm keju cheddar parut

Bahan crouton:
4 lembar roti tawar dioles sedikit mentega, taburi oregano bubuk.
Potong ukuran dadu 1 cm dan panggang sebentar.

Cara membuat:
1. Panaskan margarin dan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu.
2. Masukkan labu kuning dan aduk sebentar. Masukkan air kaldu dan masak dengan api kecil sampai labu kuning lunak. Setelah itu, angkat dan biarkan agak dingin. Blender sampai lembut.
3. Panaskan kembali dan masukkan susu/krim. Tambahkan garam, merica, dan keju. Angkat setelah mendidih.
4. Sajikan hangat-hangat dengan taburan roti panggang/crouton

Untuk: 6 porsi

27 thoughts on “Sup Krim Labu

  1. nique says:

    biasanya klo orang Medan tuh, labu kuning digulai sama ayam,
    manis pedas mantablah rasanya.
    nah, ini resep baru, sup tinggal lek aja
    nanti mau cobain ah
    thanks ya mba Tt

    digulai sama ayam?
    Besok cari resepnya ah.. Masih punya 1,5 buah labu..

  2. Ngai says:

    Ngai belum pernah nyicipin sup labu yang diblender spt itu.
    biasanya hanya dikolak saja.

    labu kuning kaya zat gizi ya mb T,
    siapa tau klo diblender begitu bapak jadi suka.
    #ikut nungguin mb T pulang.

    Kayanya mb T pernah makan kolak labu kali ya…

  3. Mami Zidane says:

    wah, kayaknya enak ya mbak…bikinnya juga gampang. Kapan-kapan saya coba resepnya, karena saya juga sering bingung kalo harus mengolah labu kuning….salam kenal mbak….

    Salam kenal Mami Zidane..
    Yuk dicoba Mam..
    Pasti Zidane suka deh.. πŸ™‚

  4. Evi says:

    Sup labunya tampak nikmat Tt. Pengumuman, kalau lihat labu biasanya saya cuma ingat kolak. Jd seumur2 belum permah bikin sup labu
    Nanti mau coba ah
    Tks for the inspiration πŸ™‚

    Wah, sepertinya memang banyak yang mengolah labu menjadi kolak ya…
    Besok nyoba ah…

  5. Monda says:

    Tt, enak nih, sup krim itu kesukaan anak2ku.
    Pernah liat masakan Thailand labunya dikukus campur bahan2 lain. jadi sbg pencuci mulut. Namanya lupa, he,, he,,,

    Ah, iyaaa… di Jepang juga ada yang cuma dikukus gitu trus ditaruh di mangkuk kuecil2 itu…

  6. Budi Arnaya says:

    kalau supnya belum pernah, tapi kalau labu kukus kemudian ditaburi kelapa parut dan garam emmmm enakkk juga

    di sini ndak da kelapa parut.. Ada ding, tapi kering gitu dan kalau mau makai dikasih air (kalau gk salah).

  7. Imelda says:

    dikolak, digoreng tempura, dibuat puding… waluh/labu itu enak kok. Cocok diolah bersama susu, kismis, almond, gula jawa/gula dan santan πŸ˜€

    Digoreng enak ya kak? Wah…gegara posting ini jadi banyak dapat tambahan resep deh. Terimakasih..terimakasih… ^^

  8. nandini says:

    wah, labu ini kalo aku sering bikin mbak.. cuma dikupas dan dipotong2 aja, trus direbus sama air ditambah gula pasir. simpel ga pake macem2 *dasarmalesribet* :mrgeen:

    Hihi…teteup enak.. Kayanya gk kasih gula pasir we udah manis lho Nan…

  9. Abu Ghalib says:

    saya ingat semasa kecil, ibu saya sering memasak labu untuk keluarga kami, tapi masaknya yg simple, pertama labu dipotong2 berbentuk kotak lalu dimasak dg campuran air dan gula merah, persis seperti membuat kolak pisang πŸ™‚

    Pakai santan juga ndak mas Abu?

  10. prih says:

    Dari postingan dan komen teman2 ternyata banyak variasi masak labu ya selain kolak, sayur campur mirip lodeh ataupun bubur menado. Sup krim labunya bikin kemecer Tt-chan, Salam

    Iya, Ibu.. Tadi udah nyoba bikin kolak labu.. Hehe.. πŸ™‚

  11. anna says:

    T, dirimu tuh emang rajin masak ya…
    salut.. mungkin juga karena keadaan yang memaksa.. tapi tetep salut, ketika udah berumahtangga nanti, keahlian masakmu pasti berguna… πŸ˜‰

    Wah, ndak rajin kok mb… Kadang juga cuma masak mie kalo lagi males. Hehe…
    Amin.. Semoga suamiku kelak suka dengan masakanku.. πŸ™‚

  12. fety says:

    wuih, kayaknya enak mbak πŸ™‚ dikolak dicampur ubi atau pisang juga enak loh, mbak tik :). pernah makan tempura kan selama di naruto? nah salah satu isinya nasi tempura kan juga labu tuh.

    Iya Inga, kemarin udah nyoba bikin kolak n digoreng juga. Enak..enak..enak.. πŸ™‚

  13. entik says:

    dibikin kolak juga enak…, Aku juga mau dimasakin labu sama jeng tt

    Minta sama si mas, Jeung. Tapi dipastiin yg diminta sup labu, bukan sup semangka. Xixixi…jadi ngekek lagi ni Jeung πŸ˜€

  14. Pengumpul Cerpen says:

    Lha..mbok ditulis resep dan cara masaknya yang sistimastis supaya bisa saya copy dan praktekkan nduk.
    Enak yoo. Saya makan labu dalam bentuk direbus atau di buat sayur lodeh..eh sayur apa ya namanya. Dulu emak suka mbuat sayuran dari waluh kolak itu ( demikian orang kampung saya menyebut labu itu)

    Terima kasih sajian supnya
    Salam hangat dari Surabaya

    Baiklah Pakdhe, nanti saya tambahkan..
    Betul Pakdhe, di daerah saya juga disebutnya waluh untuk labu kuning begitu.. Nah kalau lawuh beda lagi, Pakdhe.. Lawuh itu temannya nasi lebih khusus lagi lauk pauk πŸ˜€

  15. Orin says:

    Keknya aku cuma pernah makan kolaknya aj T, dibikin sup gitu enak keliatannya ya, kapan2 nyobain ah πŸ˜€

    kemarin aku juga bikin kolaknya mb… πŸ˜€ Ini dia:

  16. irmarahadian says:

    klo labu kuning biasa di buat “setup” aja
    gampang kok…
    kayak buat kolak tp g pake santan….
    pas buat cuaca dingin2 gni….:)

    Wah, disetup ya mb?
    Biasanya dulu yang disetup itu pakel (mangga jenis pakel), ternyata labu ini juga bisa disetup ya?
    Asyiik..dapat resep lagi… πŸ™‚

Any comments?