Bahagia itu sederhana

Siapa yang pernah buat status dengan kalimat itu? Pasti banyak kan? Ada yang dilanjut dengan: “seperti saat menyesap teh manis panas ditemani ketela goreng” (sungguh saya kangen banget sama ketela goreng), atau “seperti saat menikmati sunset bersamamu” dan seterusnya dan selanjutnya. Haha….kalau dilihat kejadiannya memang sederhana kan? Jadi sebenarnya yang membuat bahagia itu memang bukan hal-hal yang besar. Yang simple-simple aja asalkan kita mau membuatnya menjadi kebahagiaan, jadilah. Membuatnya? Kita yang membuatnya gitu? Yup! Kita sendiri kok yang mengolah perasaan kita. Kalau mau dijadiin sedih juga bisa. Contohnya ni, pagi tadi teman saya bikin status gini (sudah sedikit diedit tanpa mengurangi makna):

Pagi ini penjual bubur bilang: “mbak’e sekarang cantik ya”
Dalam hatiku “wadoooooh, berarti selama ini aku ga cantik donk :(“

Gampang aja kan kalau mau dibikin sedih? Padahal untuk membuatnya menjadi kebahagiaan, mudah sekali. Lha wong kalimat itu saja sudah berisi kebahagiaan. πŸ™‚ Tinggal memilih saja, mau dijadikan bahagia atau mau dijadikan sedih. That’s it. Sesimple itu.

Yang perlu dimiliki dan dilatih itu adalah sikap positif. Menyikapi hal dengan positif. Sulit? Bisa jadi sulit tapi bisa jadi mudah. Itu juga tergantung bagaimana menyikapinya. Mau dipilih jadi sulit ya jadi sulit, mau dipilih jadi mudah ya jadi mudah. Hehehe…. Nggak menjawab banget ya? Tapi memang begitu kok. O iya, salah satu cara untuk selalu bersikap positif itu dengan bersyukur. (eh, ini kebalik gak ya?). Ambil hal yang bisa membuatmu bersyukur. Misal dari status teman tadi, ambil yang bisa membuat bersyukur: “puji Tuhan berarti perawatan saya selama ini berhasil”, “puji Tuhan, sekarang saya kelihatan lebih cantik”, “puji Tuhan, terima kasih Bu”, dan seterusnya. Selain lebih mudah, yang begitu lebih menentramkan hati.

Ya sudah, itu opiniku. Kalian boleh berbeda. Tentu saja. πŸ™‚

Kamu pilih kurung buka atau kurung tutup? Kalau saya pilih kurung tutup, karna titik dua kurung tutup lebih menyenangkan daripada titik dua kurung buka. Mari berbahagia…. πŸ™‚

Advertisements

40 thoughts on “Bahagia itu sederhana

  1. nh18 says:

    Tik …
    Saya setuju banget …

    Cuma memang … ada sementara orang … yang berpendapat …
    kalau ndak melihat sesuatu dari segi negatif rasanya kok kurang cool gituh …
    kurang reformatif … kurang kritis … dan kurang cerdas …
    kurang masa kini dan kurang keren dan kurang seperti orang kota …

    So … pagi – siang – sore – malem … negatif terus …
    (saya heran … ada yang bisa seperti itu …)

    (hahahaha)(maaf … aku kok jadi negatif begini)

    Salam saya Tik …

    • celoteh .:tt:. says:

      Hahaha…untuk bisa NORMAL kan harus ada penyeimbangnya, Om..
      Masa iya positif semua..
      Kita yang berusaha positif pun kadang kala kepleset jadi negatif. Namanya juga manusia πŸ˜€
      Hihihi…..

      Salam Om..

  2. ninarahmaizar says:

    Yaaaaaa Aku setujuuuu… πŸ™‚
    terkadang kita nggak sadar banyak hal2 kecil yang bisa kita syukuri tiap harinya dan membawa kebahagiaan, namun terkadang kita udah keduluan ngeluh jadinya banyak energi negatif yang menghampiri πŸ™‚

  3. Bibi Titi Teliti says:

    ya, sisi negatif itu pasti akan selalu ada yah mbaaa…
    dan kalo dicari cari emang gak akan ada abisnya…

    pokoknya selama masih bisa nonton drama korea dan nge blog…
    aku mah asyik asyik aja deh…
    *standard yang cetek*…hihihi…

  4. Teguh Puja says:

    Semangat! πŸ˜‰ Akan selalu ada banyak hal yang bisa kita syukuri. Berkat Tuhan selalu hadir di setiap hal yang ada di sekeliling kita.

  5. applausr says:

    orang yang negatif itu ga kemana mana… jadi harus tetap positif biar bisa jalan dan maju terus. Bahagia semudah membalikan pikiran yang dimulai dengan tersenyum.

    • celoteh .:tt:. says:

      Ingin lebih pasti lah ya, namanya juga manusia. Tapi kalo ingin lebihnya jadi mengabaikan apa2 yg udah dipunyai, ya siap2 aja miskin bahagia, karna miskin rasa syukur itu tadi… πŸ™‚

  6. Delfi Hendra says:

    suka banget mba’…
    ada yang kasih tahu saya kalo kebahagiaan itu mulai dari diri sendiri,. bahagiakan dirimu, maka orang2 yg kamu sayangi akan berbahagia juga bersamamu… bener ga sih?
    ^_^ salam kenal (pinjem canon nya dong..)

  7. Inspirasi Harmoni Solusi says:

    Banyak orang menganggap yang sulit dan rumit itu keren,mudah dan sederhana tidak keren. Karena itu banyak orang tak bahagia
    Bahagia itu sangat mudah dan sederhana. Tinggal pilih, putuskan, tersenyum, terima, pasrahkan. Kata siapa?Kata orang yang bahagia.
    “Bahagia itu tidak sesederhana itu Bro! Tak semudah diucapkan” Kata siapa? Kata orang yang tidak bahagia, yang suka kerumitan.
    Cara bahagia : kalau disakiti-maafkan. Kalau salah-minta maaf. Kalau mendapat cobaan-sabar. Kalau gagal-ikhlas-evaluasi-coba lagi.

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s