Membiasakan Terimakasih

Entah, ini kebiasaan baik atau buruk, yang jelas saya susah mengubahnya.

Akibat dari punya banyak kakak adalah sy jadi punya banyak ponakan dan silih berganti. Satu beranjak gedhe, lahir lagi yang kecil, begitu seterusnya, sy tidak pernah tidak punya ponakan balita :D. Membelajarkan sopan-santun pun menjadi kebiasaan yang berlanjut. Membelajarkan bagaimana meminta dengan sopan, bagaimana mengucapkan terimakasih setelah menerima sesuatu, dan seterusnya dan seterusnya. Akhirnya seringkali cara-cara itu terbawa dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat bertemu anak-anak jalanan.

Setiap kali bertemu dengan anak-anak jalanan, yang menadahkan tangan meminta sedikit rejeki kita, hati sy sering kali gamang. Jika diberi uang, maka kita sama artinya melanggengkan praktek mengemis, dan mempekerjakan anak-anak tapi jika tidak diberi kasihan juga mereka :(. Seringkali yang sy lakukan adalah memberi makanan, bukan uang. Jika kebetulan sy tidak membawa makanan, dengan berat hati sy minta maaf. 😦 sedih rasanya. Kalau menurut teman-teman, gimana si baiknya?

Nah, kebiasaan sy jika bertemu dengan anak-anak jalanan itu adalah bertanya: “kamu sekolah ndak?“. Kebanyakan mereka akan menjawab iya. Lalu setelah memberikan makanan pada mereka, mereka akan mengucapkan “Terimakasih” dan sy tersenyum sambil bilang: “sekolahnya yang rajin ya” lalu dia pergi. Entah kenapa sy selalu mengucapkan itu, udah ky template aja. Sy rasa mereka berhak mengenyam pendidikan meskipun mereka ‘harus/terpaksa’ bekerja. Dan kebiasaan sy yang lain (yang entah baik entah buruk) adalah ketika sy memberi sesuatu kepada anak2 itu dan mereka ‘lupa’ bilang terimakasih, maka sy akan bertanya: “matur pripun?“/”bilang apa?” (sambil senyum tentunya) dan mereka akan menjawab maturnuwun atau terimakasih. Sy bukan gila hormat atau butuh dihargai dengan bertanya seperti itu. Hal itu semata-mata karna kebiasaan membelajarkan mengucapkan terimakasih pada ponakan2 sy.

Semoga anak2 itu tidak menganggap sy sombong ya…. 😦

 

Advertisements

8 thoughts on “Membiasakan Terimakasih

  1. Prima says:

    Gak papa mbak, saya merasa suka kadang-kadang lupa mengucapkan terimakasih. Kalo di luar, orang selalu bilang thanks, please, pokoknya sopan… saya banyak belajar πŸ™‚
    ===
    tentang unggah ungguh, jangan mau kalah dengan luar ya Prim.. πŸ™‚

  2. Mey Bengkulen says:

    satu lg tik, biasanya yg jg sll ku blg saat ngasih ke ponaanku, ponaane mms ato anak kecil laennya “eit tangannya yg bagus mana?” bhkn g’kan ku kasih smpe mreka kasih tangan kanannya. meski terkesan tante yg pelit tp mentarbiyah anak2 scr teori ternyata mmg hrs penuh dg penegasan (confirmation)& jg pengulangan(repetition)shg bs terekam dg kuat di memorinya bhkn bs jd habitnya nanti..mudah2an
    ——–
    iya betul, lupa nyebutin yang itu: “pake tangan manis”
    tapi denger2 harus mengatakan hal yang benar, jadi lebih baik mengatakan: “pake tangan kanan”.
    tapi karna kebiasaannya bilang ‘tangan manis’ jadi masih sering kebawa bilang ‘tangan manis’ bukan ‘tangan kanan’…
    harus belajar membiasakan mengatakan dengan ‘tangan kanan’ ni.. πŸ™‚

  3. Mey Bengkulen says:

    nah utk msalah ‘mengatakan dg benar’ stauku prnah baca utk usia yg msh sbatas pengenalan dg kata ato objek skitarnya mmg mreka hrs dikenalkan dg kata yg lgsg merujuk ke objek tsb scr benar & konsisten agar g’tjd kontradiksi dlm rekamannya, misal kita g’boleh berkata2 dg gaya cadel spt bahasa balita,ato mengenalkan sesuatu dg bahasa yg keliru. tp diusia yg lbh tinggi saat kmampuan aksiologinya(halah abote, mbuh bner opo ora yo iki)mulai bkembang yakni kemampuan mengolah nilai & estetika dr kata/pengetahuan yg mreka dpt sebelumnya mk bagusnya kita jstru memancingnya utk lbh tajam & kritis. misalnya dg kita blg ‘kl ambil sesuatu hrs dg tangan yg bagus ato yg manis’ mk proses pembelajaran bs jd lbh berkembang, saat dia salah ambil dg tangan kiri kita bs ksih penjelasan lbh lanjut ‘tangan yg bagus ato manis itu tangan kanan krn scr kesehatan begini, scr agama begitu, scr etika jg bla bla bla’ & biasane emg terbukti tik. jd nek mreka protes & banyak tanya krn uangnya blm jg jatuh ke tangan mreka, maka smakin bsar pluang kita utk bikin mreka pinter. artinya smakin plit tantenya smakin kritislah mreka. hihihi
    ——–
    Siiiip…… πŸ˜€

  4. tutinonka says:

    Memberi makanan kepada anak-anak jalanan, itu bagus sekali, Tik. Mengajarkan bilang terimakasih, itu juga sangat bagus.
    *acung dua jempol*
    ——-
    sy sedihnya kalo pas gk bawa makanan Bun…
    mau kasih uang jg gk tekan, gk kasih juga kasihan…

  5. Fiyaa says:

    dari kecil..
    Orang tua saya selalu ngajarin buat bilang terima kasih ke orang lain… Senangnya karena itu kemudian jadi kebiasaan baik πŸ™‚
    ——-
    bagus Fiyaa…
    jangan lupa tularkan ke anak cucu & lingkungan sekitar… πŸ™‚

  6. Cahya says:

    Saya juga terbawa kebiasaan yang serupa, entah mengapa saat menolong atau pun ditolong saya menganggap itu sebuah kewajaran, jadi kadang terima kasih tidak perlu di dalamnya.

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s