Nggak usah pakai plastik, mb!

Selamat hari Senin kawans….

Wuih…kangennya sama teman2. Setelah mengambil jeda dari dunia blog selama 10 hari (bener kan, terakhir posting tgl.19), akhirnya gk kuat juga untuk berlama-lama nonaktif. Hehe…. Semoga semua teman dalam keadaan sehat, dan yang sedang menjalankan ibadah puasa dapat menjalankannya dengan baik dan mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa. Amin.

Selama jeda atau hiatus atau apalah istilahnya, tentunya banyak hal yang sy alami. Ada pengalaman menggembirakan, ada sedih, ada sakit, ada…wah macem2. Padahal kalo dipikir cuma 10 hari ya, tapi ternyata keadiannya sudah beraneka rupa. πŸ™‚

Nah, kali ini sy ingin bercerita tentang kebiasaan sy untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik. Ya. Kata Pak Zainudin M.Z. kita harus memulai segala sesuatu dari diri sendiri, dari yang kecil-kecil, dan dari sekarang, kan? Makanya sy juga memulai mencintai lingkungan dari diri sendiri, dari yang kecil2, dan dari sekarang. πŸ™‚

Mudah saja kawan. Sy membiasakan untuk bilang ke kasir: “nggak usah pakai plastik, mb”, jika barang belanjaan sy masih cukup sy masukkan ke dalam tas yang sy bawa. Misalnya kemarin, sy beli obat 1 botol. Nah, karena cuma kecil barangnya, bisa dimasukkan tas atau kantong jaket, so sy memilih untuk membawanya langsung tanpa kantong plastik. Atau waktu sy beli kamus saku dan beberapa buku lain sepulang dari kantor, sy memilih memasukkannya ke tas ransel sy tanpa plastik.Apalagi jika berbelanja di koperasi di kantor, hmm…mbak yang jaga udah apal kalo sy memilih tidak menggunakan kantong plastik.

Nah, itu usaha dari sy. Tapi ternyata kemarin sy menemukan usaha yang bagus juga dari pemilik toko buku di dekat kost sy. Mbak tempat pengambilan barang sepertinya juga dibiasakan untuk bertanya pada pelanggan: “mau pakai kantong palstik, mb?”. Wah…sy senang sekali mendapat pertanyaan seperti itu. Padahal saat itu sy tidak membawa tas lho. Dan tentu sj sy pilih menjawab: “nggak usah pakai kantong plastik, mb.” πŸ™‚

Memang sy akui, itu hanya usaha yang sangat kecil. Apalagi sy belum bawa tas sendiri kalo belanja bulanan. Jadi masih pakai tas plastik dari supermarketnya. Hehe…

Baiklah…ini hanya intermezo, pengobat kerinduan pada dunia blog… Senang sekali selama sy hiatus ada banyak kawan2 baru yang mampir kemari. Semoga jalinan silaturahmi terus terjalin di antara kita.

Salam penuh cinta dari Jogja πŸ™‚

gambar diambil dari: http://www.wartakota.co.id/read/news/21387

Advertisements

15 thoughts on “Nggak usah pakai plastik, mb!

  1. sash says:

    Hurayyyyy,,,, akhirnya saya nemu kawan juga, Udah sejak dulu saya males pake plastik, awalnya sih tiap beli di Kopma mbak. Sampe sekarang meski kopma udah pindah mbak-mbaknya sampe apal, kalo aku beli mesti bilang “nggak pake plastik kan mbak?” hehehe, kalo di Vikita juga selalu bawa tas kain sebagai pengganti plastik.. mari mbak tik galakkan gerakan meminimalisir penggunaan kantong plastik πŸ˜€
    ===
    nah, mb tt belum bawa tas sendiri tu Sash..
    Bisa deh dimulai….

  2. big sugeng says:

    Saya sependapat sekali dengan gagasan ini, saya kadang kalau cuma sedikit yaa saya masukin kantong
    Kadang sedih juga yaa misalnya saya sebagai anak kost beli pecel lele, bungkusnya terdiri dari:
    – kertas plastik 2 buah untuk bungkus nasi dan lele tahu tempe
    – plastik kecil 2 buah untuk bungkus sambal dan lalapan
    – karet 2 buah
    – Tas plastik/tas kresek

    lha kalau dari satu orang seperti itu lantas kalau 1000 orang berapa., 1 juta orang berapa dsb
    ===
    wah..untunglah sy masak..
    kalopun beli, lebih dering makan di tempat

  3. omietha says:

    kqkqkq..td di reader, baca judul sekilas,kirain.. jangan pakai lipstik mbak.. eh ternyata plastik..

    kalo sm ayahnya affan kl ke superindo belanja biasanya pk kardus, kalo sendiri, gak bisa bawanya, jadi pk plastik..

    btw, bawa dengan kardus tampak jadi solusi tidak ya? mungkin iya ya, kan kardus bisa didaur ulang…

    btw, produk tupperware go green juga loh, bisa didaur ulang, trs kalau beli makanan, pakai wadah tupperware aja, kan lebih sehat, plus mengurangi plastik.. xixixi,malahnumpang promo…. *bukan SPAM kan* tt tepok jidat deh baca ini
    ===
    haiyaaaaaa…………….numpang IKLAN!!
    Bayaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrr……………….!!!!!!!!!!!!!
    Hahahahaha…..

    Iya jeung, di Superindo (doh!sebut merk lagi) disediakan kardus untuk go green. Tentu saja itu usaha yg sangat bagus. Sip deh jeung. Yuk mulai dari hal kecil… πŸ™‚

  4. monda says:

    Ok, makin banyak yg nggak mau plastik dan makin banyak pula penjaga toko yang maklum hal ini. Tadinya aku suka ngotot2an sama yg jualan, dia mau ngotot kasih plastik, aku ngotot nolak.
    ===
    iya Bunda…
    sekarang dah banyak yang sadar lingkungan
    soalnya dunia makin panassss…

  5. dafuad says:

    kresek2 … iyah bagusnya ke di luar negeri sono, pake kantong yang bisa didaur ulang kek dari kertas gitu.. lagian zat kimia pada plastik juga ngk bagus buat kesehatan apalagi klo makanan gorengan yg panas dibungkus ama plastik xixixixi, btw dh lama juga gw ngk nge-blog… moga eksis trus dah tik
    ===
    oey..bang Fuad…
    Ke mana aja????

  6. easyellow says:

    Yang lucu pernah saya bilang nggak usah pakai plastik eh mbak penjualnya ngotot ngasih katanya “Nggak apa mbak, ambil aja stok kresek plastik kita banyak kok” hehehe missunderstanding si mbak.

    nice blog anw, salam kenal ^_^
    ===
    ahahaha….saya ngakak ni…
    gk terima dia..dikira gk mampu kasih plastik..
    wkwkwkwk….. πŸ˜€

    oke Eci, lam kenal juga ya….

  7. yuyuk says:

    TOSSSS….saya rela bawa2 tas kain buat wadah belanjan kemana2 agar tidak bergaul dengan kantong plastik πŸ˜€
    ===
    good….sip itu mb! Lanjutkan!! πŸ˜€
    Salam kenal ya…

  8. septarius says:

    ..
    Aih kangennya mampir ke sini..
    Baru 10 hr tho, aku berasa sewindu lho..
    *luebay poll* πŸ˜€
    ..
    Banyak cara untuk go green..
    Selain mengurangi pemakaian plastik..
    pemakaian kertas juga harus bijaksana, karena bisa mengurangi penebangan pohon.. πŸ˜‰
    ..
    Salam dari desa..
    ..
    ===
    yeaaah….
    Untuk pengalaman dgn kertas bisa dibaca di sini mas.

  9. anis says:

    sip mbak, sama =)
    di negara bagian amrik–lupa yang mana :D–malahan ada yang dah melarang penggunaan kantong plastik,
    kalo di sini malah dikit-dikit pada minta plastik ya 😦

    hal yang kecil kalo dilakukan sejumlah besar orang niscaya ngefek juga,he3
    ayo kita tular2kan mbak! πŸ˜€
    ===
    nah! semoga saja semuanya melakukan hal kecil2 untuk dampak yang besar ya mb….

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s