Lebaran on Skype

Ini masih kelanjutan dari postingan Lebaran Pertama kemarin. Ya. Di Jepang, umat muslim merayakan ldul Fitri pada hari Selasa tanggal 30 September, sedangkan di Indonesia, berdasarkan keputusan pemerintah, Idul Fitri jatuh pada tanggal 31 September. Jadi setelah berlebaran bersama teman-teman Indonesia di sini, besok harinya barulah sy menelepon Bapak dan kakak2 untuk halal bihalal saling bermaaf-maafan. Memang sudah menjadi tradisi di keluarga kami, kami saling meminta maaf di hari lebaran, baik kami yang kristiani maupun yang muslim. πŸ™‚ Karena tidak bisa bertemu, jadilah saya cuma ‘sungkeman’ via telpon.

Malamnya, kk1, kk4, dan kk5 berkumpul di rumah. Lalu kk5 online di skype dan waaaa…….kami bisa berkumpul melalui skype. Senangnya… Bapak, kakak-kakak, ponakan-ponakan… Benar kiranya bahwa Skype mendekatkan yang jauh. Benar-benar terasa dekat. Sy mengulangi lagi ‘sungkeman’ via telpon tadi melalui skype.

sugeng riyadi nggih Pak.. Tanti kathah lepate kalih Bapak... nyuwun pangapunten sedaya lepat nggih Pak.... mugi Bapak sehat terus... Amin... πŸ™‚

Dan satu per satu kami ‘ngomong’, dilanjut ponakan2. Diceritain tentang kemarin, hari tadi. Aih…pengen ikutan sebenarnya. Tapi ditahan lah keinginannya. πŸ™‚ Dipamerin kue lebarannya. Hihi…..kumplit deh.

Besok harinya, kk3 juga datang, dan seperti biasa kami sekeluarga ‘menengok’ makam Ibu. Tahun lalu masih ada saya. Tahun ini sy berdoa dari jauh. Melihat foto yang diupload kk. Ah…kangen Ibu…juga merindukan Bapak dengan kesetiaannya.

Malamnya, kami skype-an lagi. Dan kali ini lebih heboh karna ketambahan keluarga kk3. Kumpul keluarga memang selalu menyenangkan dan membahagiakan. Ponakan yang udah kuliah, aih…masih Β saja cablak ky jaman SMA. Ponakan yg usia 3 tahun, udah minta sekolah PAUD. Mas Krishna, udah tambah koleksi lagunya, tentu saja tantenya dipameri sekarang udah bisa nyanyi apa. Hihihi… Dik Ganesh adiknya mas Krishna udah bisa mbrangkang dan klulut banget sama Bapak. Seharian bercanda sama Bapak. Ponakan yang baru masuk SMA, sekarang rada jaim, mungkin karna beranjak dewasa kali ya. Ponakan yang kelas 5 & 6 SD, makin centil aja, dan udah punya facebook (doh!). Dan seterusnya dan seterusnya. Dua hari skype-an tiap malam, berasa mudik. Hehe… Terimakasih ya Tuhan, atas segala kasihMu buat kami..

sebagian screenshoot

Demikian cerita lebaran sy melalui skype. Sekali lagi kurasakan betapa baiknya Tuhan. Ketika aku harus pergi jauh, ketika itu Tuhan telah sediakan teknologi yang menjadikanku terasa dekat dengan keluarga. Di saat aku merindukan keluarga, Tuhan beri keluarga di sini. Di saat aku ingin berkumpul dengan keluarga, Tuhan izinkan jaringan internet lancar sehingga kami bisa ‘berkumpul’ melalui layar 14 inchi. Terimakasih ya Tuhan, Engkau baik, teramat baik. Syukurku padaMu…

Salam persaudaraan kawans,

Advertisements

24 thoughts on “Lebaran on Skype

  1. mey says:

    weh pertamaxkah inih? πŸ™‚

    wueleh…dmn2 ponakan kl foto rame2 senengnya uyuk2an yo…persis bgt πŸ™‚
    nah itu… mb’ kembaranmu skrg mlh kliatan soyo persis yo tik.

    suenengnya…trnyata sama huebohnya dg kita2 yg ngumpul lgsg.
    salam buat keluarga aja ya

      iya..pas upload pas mb Mey ada di halaman celoteh tt (barengan soalnya, pas upload, pas ada komen masuk) πŸ™‚

      hihihi….itu mereka semua pengen kelihatan di layar laptop, jadi deh uyuk2an, padahal udah giliran lho, hihi.. πŸ˜€
      Namanya kembar, jadi makin mirip… Hihi..kembar beda 4 tahun πŸ˜€

      he’em mb, Pj Tuhan bisa mengobati kangennya kehebohan lebaran… Meski tetap sj tidak sama, tp ttp disyukuri πŸ™‚

  2. antokoe says:

    teknologi walau melunturkan silaturahmi tapi dapat menggantikan silaturahmi itu sendiri asal di-aminin sama pelakunya…..
    bisa dicoba Skype Lebaran…

      tergantung bagaimana pemanfaatannya..
      Untuk yang berjauhan seperti sy, teknologi dapat ‘menyambung’ tali silaturahim πŸ™‚
  3. vizon says:

    Menyenangkan sekali ya Tik…
    Teknologi jika dimanfaatkan secara baik, akan memberikan manfaat yang luar biasa buat kita. Begitu juga sebaliknya, jika digunakan secara tidak bertanggungjawab, akan berbahaya buat penggunanya…

    eh, jangan bilang siapa-siapa ya, saya gak ngerti lho cara menggunakan Skype itu, hahaha…. πŸ˜€

      Tepat sekali Uda… Bisa ‘mendekatkan yang jauh’ dan bisa juga ‘menjauhkan yang dekat’.

      ssttt….sy juga baru tau skype setelah sy merantau kok Uda, hihi…. πŸ˜€

  4. nh18 says:

    Ah ini mengharukan sekali Tik …
    Saya bisa membayangkan telpon-telponan video seperti itu …
    Ada tertawa … ada sedih juga …

    Tetapi saya yakin semuanya bahagia
    Walaupun kamu jauh di negeri orang … namun saya yakin kamu ada dihati mereka …
    kamu telah membanggakan mereka …

    Salam saya Tik

      Iya, Om… Ada tawa, ada sedih juga…
      Tapi untuk Bapak, semua adalah tawa & bahagia… πŸ™‚

      kedekatan itu terasa karna kita saling menempatkan masing-masing kita di hati masing-masing ya Om….
      Mereka adalah semangat dan motivasi sy Om… Bapak terutama… πŸ™‚ *curhat*

      Salam hangat, Om.. πŸ™‚

  5. Asop says:

    Wah, skype-nya lancar banget ya… 😯

      Puji Tuhan, Sop….
      Padahal mereka cuma pakai flash modem lho…
      Memang sedang diizinkan untuk video call-an.. Hehe…
    • koeshariatmo says:

      padahal yang saya denger pak menteri bilang jangan maen streaming2an waktu lebaran, katanya ngabisin bandwith gede.. tapi kalo manfaatnya bisa ngumpul2an gini ya ga ada salahnya main streaming2an.. hmm sayang kuota saya sudah habis… hiks

        emang ada himbauan dr Pak Menteri seperti itu ya?
        Kalau gitu sy mau minta dispensasi sm Pak Menteri: tolong jangan putus tali silaturahim sy dgn keluarga ya Pak. Please. πŸ˜₯
  6. jensen99 says:

    Ahaha, keren banget. Padahal keknya 10 tahun lalu ini cuma adegan di film2 Hollywood. :mrgreen:

      Iya betul,, Bapakku sudah pernah melontarkan bayangan itu sejak bertahun-tahun silam: besok ki bakalane biso omong2an weruh rupa ya… Eh, ternyata beneran jadi nyata… πŸ™‚
  7. ysalma says:

    Setiap belahan dunia seakan dipisahkan hanya oleh layar monitor oleh teknologi ya Tt, tetap terhubung dengan sanak saudara, senangnyaa.
    Ma’af Lahir Bathin ya Kak Tt.

      Iya mb Yeni, meski tak sama rasanya, tapi tetap bersyukur tiada tara πŸ™‚
  8. jarwadi says:

    kalau di Jepang wajar ya koneksi internet kenceng, skype lancar, tapi di tempat orang tua hebat juga ya, internet lancar buat skype an πŸ™‚

      kaya yg kubilang ke Asop, padahal mereka cuma pakai flash modem lho, dan pakai telkom*** flash buat koneksinya.. Memang sedang diizinkan untuk vicall πŸ™‚
  9. julie says:

    terharu aku membacanya dek
    jadi pengen bisa kumpul sama keluarga lagi
    minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin

      kak Julie apa kabar??? Lama banget gk bersua.. Maaf lahir bathin ya kak… *peluk*
      Bahagia campur haru ya kak kalau kumpul sama keluarga, baik online maupun offline…
      Semoga kak Jul jg bs kumpul keluarga lagi… Di Bali lagi?? Aih….
  10. bundadontworry says:

    duh, Tt ….kok bunda jadi mellow ya 😦
    ikut2an terharu , membayangkan kebahagiaan bersama di hari lebaran, walaupun via skype
    paling tidak rasa rindu dgn keluarga terpenuhi ya Tt πŸ™‚
    teknologi memang jd memudahkan kita πŸ™‚
    selalu sehat ya Tt
    dan, baik2 di negeri orang , semoga selalu sukses ya Tt
    (peluk sayang)
    salam

      eh Bunda, ayo senyum… πŸ™‚
      Tt bahagia kok Bun…
      Iya Bun, pj Tuhan ada skype yg menjadikan jarak menjadi terpangkas..
      Tentu sj ada kekurangannya, tapi tetap disyukuri, diambil manfaat baiknya.. πŸ™‚
      Makasih doanya ya Bun..
      Salam dr jauh..*peluk*
  11. advertiyha says:

    Subhanallah.. pasti seneng banget ya mbak T.. πŸ™‚
    tapi, sedih juga, kita sendirian di negeri seberang, gak bisa comot2 kue lebaran bareng keluarga ya mbak.. hehe… πŸ™‚

    salam sayang mbak T

      kak Iyha apa kabar?? Maaf lahir bathin ya kak…
      Eh, itu Osar ganteng banget si di FB.. Jadi pengen cepet2 punya anak cwe… Hihi…

      Ya kak, meski gk bisa nyomot kue lebarannya, tapi tetep sueneng bisa ngeliat mereka semua dalam kebahagiaan…
      Salam sayang juga buat k’Iya n Osar…

  12. fety says:

    mbak titik, mendingan dirimu bisa berlebaran on skype. aku dan suami berlebaran lewat telpon saja dengan keluarga bengkulu dan bojonegoro. hi..hi..bandwithnya di sana tidak kuat untuk skype πŸ™‚

      percobaannya dulu itu gk berhasil akhirnya?
      Ya udah gk papa mb, yang penting sama2 ikhlas saling memaafkan di hari yg fitri tsb… πŸ™‚
  13. chocoVanilla says:

    Berkat skype sekarang gak lagi jauh di mata dekat di hati yaa, πŸ˜€

    Met idul fitri, Jeng, maaf lahir batin yaaa

      sami2 jeng Marni..eh jeng Cho..maaf lahir batin juga ya… πŸ™‚
  14. jahid klw says:

    Lebaran paling asyik emang kalau kita miliki kenangan terindah yang kita rindukan ataupun yang tanpa kita duga bisa membawa kebahagiaan yang tiada tara buat kita..amen

      Amin. Makasih sudah berkunjung ya Pak.. πŸ™‚
  15. edratna says:

    Selamat Idul Fitri
    Mohon maaf lahir batin ya Titik?

    Iya, anak bungsuku juga menelepon pas hari Selasa (saya sudah berlebaran, cuma sholatnya ikut pemerintah, karena masjid sebelah rumah sholat Ied hari Rabu)…..pas telepon ayahnya, ayahnya bilang …”Di Bandung belum Lebaran Nduk?”…hehehe….

    Karena Lebaran mundur, suami juga baru pulang ke Jakarta hari Selasa sore, menyelesaikan pekerjaannya dulu.

      Iya Bu Enn, di sini lebarannya Selasa
      Narpen sampai kapan di sini Bu?
      Wah, ayah’nya Narpen ngepress betul mudiknya. Hihi…banyak kerjaan ya Yah? πŸ™‚
  16. Anto says:

    senangnya bisa ‘berkumpul’ dgn keluarga di hari lebaran,
    perbedaan ruang dan waktu tidak akan mengurangi ketulusan permohonan maaf, meski melalui perantaraan teknologi.

    terimakasih pada internet,
    terima kasih pada Tim Barners Lee (konsorsium Worl Wide World) yg telah merubah dunia menjadi datar,
    terima kasih pada Niklas ZennstrΓΆm dan Janus Friis yang telah menemukan Skype..

    Minal aidzin wal faizin, Mbak..
    selamat idul fitri 1432 H..

  17. Nandini says:

    Subhanalloh, teknologi membuat ratusan ribu kilometer jadi sedekat rentang tangan.. 😳

    kalo aku, keinginan skype-an tidak di-acc lawan bicara.. πŸ˜₯ πŸ˜₯

      hehe…sabar..bbrp orang lebih suka dgn tulisan/suara drpd dgn video.. πŸ™‚

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s