Pengalaman pertama dgn ASKES

Selamat hari Jumat,

Kemarin pagi ketika bangun tidur, sy mendapati suara sy hilang entah ke mana. Ya, malamnya memang sy batuk hebat dan tidak bisa tidur nyenyak karna bolak-balik terbangun untuk mengeluarkan dahak yang masih sedikit itu. Sudah beberapa hari sebenarnya. Sy obati dengan obat yang dijual di koperasi kantor, tapi belum sembuh juga. Lalu mencoba jeruk nipis+kecap. Tapi belum lama sy meminum obat herbal itu, suara sy sudah menghilang. Akhirnya sy putuskan untuk minta obat dokter.

Kamis pagi sy pamit dari kantor untuk periksa ‘sebentar’ ke puskesmas. Ini adalah kali pertama sy ke puskesmas di Jogja ini. Ya, selama hampir 10 tahun sy tinggal di Jogja, sy belum pernah ke puskesmas. Puji Tuhan sy termasuk jarang sakit. Kalaupun sakit paling batuk, pilek, dan demam, yang sehari atau beberapa hari saja sudah sembuh. Sakit yang bagi sy lumayan adl 3th yll, yaitu radang tenggorokan. Itu juga sy tidak ke puskesmas, tapi ke RS di rumah sana. Nah, ternyata puskesmas yang sy tuju lokasinya nylempit. Sy kesasar-sasar tidak menemukannya. Setelah bertanya pada juru kunci, akhirnya ketemu juga itu puskesmas. Ternyata plang petunjuknya ketutup sama plang In**mart (perlu ditertibkan nih!). Berhubung sy belum pernah ke puskesmas jadi sy celingak celinguk. Mana sy gk bisa ngomong pula, jadi mau tanya juga susah. Waktu ke pendaftaran, petugas meminta KTP. Sy serahkan ktp lalu menunggu panggilan. Beberapa waktu kemudian dipanggilah sy. Sy membayar biaya pendaftaran lalu duduk lagi menunggu panggilan ruang pemeriksaan. Sy baca-baca kartu periksa sy yang ‘baru’. Ada tertulis pasien umum/askes. Dan sy dimasukkan kategori pasien umum. Hey! Sy kan punya askes (meskipun sy belum daftar, tapi trnyta udah kedaftar). Sy balik lagi ke bagian pendaftaran menyerahkan kartu askes. Mbak di pendaftaran agak sebel juga: “waaaaah, lha kok baru dikasihkan sekarang to mb???” Sy jawab dgn isyarat bibir: “ndak tauu.” Mbaknya yang tadi mau ngomel jadi luluh dan mungkin geli karna sy gk bisa ngomong. Dia akhirnya bercanda-canda, membetulkan kartu periksa sy, memberi informasi untuk menyerahkan kartu askes di awal mendaftar, lalu memberikan uang pendaftaran yang tadi sudah sy bayarkan. Dalam hati: “ooo….kalo pake askes gk bayar pendaftaran ya?”. Sy pun dipanggil ke ruang periksa. Ditanya ini itu dan dijawab dengan anggukan, gelengan, atau isyarat bibir dengan suara yang keluar hanya sepotong-sepotong, pak dokter memberi resep. Sy ambil di apotek dan ee…ternyata gk bayar lagi ya? Duh! Udik amat si anak ini. Baru sekali ini pake askes ya?? Puji Tuhan, iya. 😀

Begitulah pengalaman pertama dengan askes. Semoga tidak sering-sering menggunakan askes. Amin.

Hari ini suara sy sudah ketemu, meskipun belum ketemu semua. Kalo ada yang nemu suara sy di jalan, tolong dikembalikan ya. Sy takut dikira Iga Mawarni kalo suranya serak-serak basah gini. 😀

7 thoughts on “Pengalaman pertama dgn ASKES

  1. NURA says:

    sore mba.
    kena radang tenggorokan ya,,
    syukurlah punya askes, jadi bisa meringankan biaya pengobatan.
    maaf baru berkunjung kesini,karena mudik.
    ===
    Udah balik aljubail lg mb?
    Maaf lahir bathin ya mb…

  2. partnerinvain says:

    selain di puskesmas kartu askes bisa digunakan untuk keadaan darurat, contoh kalo kena muntaber tengah malam langsung aja ke UGD rumah sakit terdekat, kalo ngga begitu parah biasanya langsung pulang, periksa, obat ditanggung askes, kita tinggal photocopy kartu itu aja. Mudah dan cepat.
    ===
    Kemarin smpat baca2 aturan rmh skt wkt nemenin tmn yg suaminya opname, ada berapa % yg ditanggung askes, kmr utk pns gol segini ditanggung askes kamar kelas segini. Dia jg dibantu askes krn biaya cuci darah 2xseminggu sdh ditanggung askes. Tapi apa kartu askes bs digunakan di mana2?

  3. tutinonka says:

    Wah … saya juga belum pernah ke puskesmas, dan nggak punya kartu askes. Gimana ya caranya mendapatkan kartu askes? Gratis beneran ya?

    Eh … tadi saya nemu suara ‘miaow … miaow’ di jalan, pasti bukan bagian dari suara Titik yang hilang ya … hihihi … 😀
    ===
    jangan2 tu suara kucing Ata yang ilang Bun…

  4. anna says:

    syukur kalo jarang pake askes.. berarti sehat terus dong yaa?

    hm, kalo ke puskesmas emang serba gratis sekarang.. 🙂
    ===
    iya mb…puji Tuhan jarang sakit…

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s