Ting Tong

Postingan ini terinspirasi dari postingan Om Nh yang berjudul ‘ANNOUNCER’. Sudah baca kan? Kalau belum, baca dulu deh.. Hehe..

Menggunakan pengeras suara untuk memberitakan/menginformasikan sesuatu tidak hanya dilakukan di mall, tapi juga di tempat-tempat umum lainnya, juga di kantor saya. Di kantor, setiap kali akan mengumumkan sesuatu melalui pengeras suara pasti didahului dengan memberi bunyi peringatan ‘ting tong’ baru diikuti dengan prakata: ‘mohon perhatian’ dan dilanjutkan dengan isi informasi. Karna bunyi ‘ting tong’ itulah, makanya orang kantor menyebut informasi melalui pengeras suara itu dengan sebutan ‘TING TONG’. Juga ketika kita minta diumumkan sesuatu melalui pengeras suara, kita pun menyebutnya: ‘diting-tong’. Hihi… πŸ˜€ Biasanya ting tong dilakukan oleh sekretaris pimpinan.

Apa saja yang diumumkan melalui pengeras suara di kantor saya? Sepertinya lebih dari tiga, hehe.. πŸ˜€

1. Reminder

Semisal ada kelas diklat, atau suatu pertemuan atau rapat apa yang melibatkan banyak orang, tapi saat waktunya tiba, belum juga pada kumpul, maka yang bertanggung jawab atas pertemuan itu akan minta sekretaris pimpinan untuk ‘mening-tong’ supaya pesertaΒ segera datang ke kelas/ruang pertemuan.

2. Panggilan

Jalan terakhir yang ditempuh jika mencari seseorang dan tidak juga ditemukan adalah dengan jalan ‘diting-tong’. Di-iphone di ruangan tidak ada, ditelpon ke handphonenya tidak diangkat, karna sangat penting dan mendesak untuk segera bertemu,Β jalan terakhir adalah ‘diting-tong’.

3. Undangan

Kadang ada suatu rapat mendadak yang melibatkan banyak orang. Karna waktunya sempit, tidak sempat mengedarkan undangan dalam bentuk paper, so ting-tong-lah solusinya. “Bapak/Ibu yang namanya kami sebut, dimohon hadir di ruang sidang pukul … dst”.

4. Informasi umum

Informasi umum yang sy maksud adalah informasi untuk seluruh karyawan/ti di kantor,Β misalnya undangan upacara 17an. Setiap tanggal 17 kantor kami mengadakan upacara bendera. Biasanya 2 atau 3 hari sebelum tanggal 17, akan diumumkan undangan upacara kepada seluruh karyawan/ti. Selain undangan upacara, juga informasi umum lainnya, seperti berita lelayu, dan sebagainya. Nah, ada ‘ting-tong’ yang sangat ditunggu karyawan/ti. Tau donk?! Hihi… Iya… Di tengah bulan saat waktunya uang transport dan uang makan turun, maka pegawai di kantor sangat menanti-nantikan adanya ‘ting-tong’ yang menginformasikan untuk menyelesaikan administrasi di ruang keuangan. Karna tanggalnya tidak selalu sama setiap bulannya, jadi kalo ada ting-tong di tengah bulan, kita udah deg-degan dan berharap-harap itu adalah ting-tong penyelesaian administrasi. Hihi… Kalau udah hampir akhir bulan belum juga ada ting-tong, kita akan mulai berbisik-bisik: “iki mb widya kok rung ning-tong yho?” -ini mb widya kok belum ning-tong ya- Hihi…. πŸ˜€

Begitulah ting-tong di kantor sy. Kami sudah familiar dengan pengumuman melalui pengeras suara, tidak risih, tidak menghindari, bahkan seringkali diharapkan segera terdengar bunyi ‘ting-tong, mohon perhatian…’. Hehehe…

Bagaimana di kantor teman-teman? Apa juga ada ting-tong seperti di kantor sy?

.

.

Salam,

Advertisements

33 thoughts on “Ting Tong

  1. Lidya says:

    kalau dirumahku ga ada ting tong nya hehehe yang ada hanya alarm supaya bangun ga kesiangan

      Hihi..kalau di rumah gk perlu ting-tong, mb. Cukup teriak aja.. πŸ˜€
  2. nh18 says:

    Hahaha …
    Kalau di kantor saya …
    tidak ada Ting Tong ini Tik …

    Tapi sekalinya ada …
    Naaaahhh … itu pasti hanya ada TIGA sebab …

    1. MATI LAMPU …
    Telah terjadi gangguan listrik PLN … arus listrik sekarang menggunakan Generator …
    Demikian pula kebalikannya … pindah dari GENSET ke PLN jika lampu sudah menyala

    2. SIMULASI LATIHAN EVAKUASI …
    Naaahhh ini … ini … biasanya disertai Sirene …
    Paling tidak diharapkan … mau tidak mau kita harus turun tangga 19 tingkat … Latihan Evakuasi kebakaran …

    3. GEMPA
    Kalo ini … pemberitahuan untuk meninggalkan gedung dengan segera

    Mudah-mudahan Ting Tong di kantor saya tidak sering-sering berbunyi ya Tik

    Salam saya

      Teteup…3 sebab. Hihi…
      Di tempat sy yang pertama juga pakai ting-tong, Om.
      Nah yang kedua dan ketiga tidak ada di kantor saya., soalnya cuma 2 lantai. Hehe…
      Amin, Om. Semoga jangan sering-sering ting-tong. Dan jangan nunggu ting-tong ky di kantor sy ya Om. Hehe.. πŸ™‚
  3. R. Indra Kusuma Sejati says:

    Ya…. ingat jaman sekolah dulu. panggilan itu selalu ditunggu karena menandakan jam istirahat. TING-TONG……

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantah’s Blog

      Hihihihi..betul..betul.. Sama penanda waktu pulang juga. Yippiee… Hihi… πŸ˜›
  4. Asop says:

    Nggak ada. DI kampus saya nggak ada. Adanya tempelan di papan pengumuman Tata Usaha yang hampir updat setiap hari. πŸ˜€

      Jadi tiap hari ngintip tempelan di papan pengumuman TU ya mas Asop, supaya tidak ketinggalan berita.. πŸ™‚
  5. choirul says:

    kalau saya dan Teman Saya kan tinggalnya di masjid, jadi malah yang menjadi orang yang mengumumkan, yang diumumkan adalah pengumuman orang yang meninggal dunia, kami menyebutnya pawartos lelayu….

      Sama kaya di rumah sy, mas Choirul. Berita lelayu diumumkan lewat masjid.
  6. Orin says:

    Wah… di kantor saya ga ada, kantor cenderung sunyi senyap tak ada aktifitas per-ting tong-an hihihi

      kantornya pasti serius (serem) banget ya mb Orin. Lah sunyi senyap. Hehe… πŸ˜€
  7. minimazee says:

    seperti bunaff.. “ting tong” yang dirindukan penyelesaian administrasi.. tapi sekarang dah mulai berkurang ‘ting tong’ nya.. otomatis di rekening.. hehehehe

      Sekarang ting-tong yang ditunggu ting-tong jadwal RAT ya.. Hihihi… πŸ˜›
  8. mawi wijna says:

    bukan ting-tong mbak, tapi pengumuman via speaker mushalla πŸ˜€

    Selain untuk adzan bisa juga untuk mengabarkan lelayu dan kegiatan seputar kampung (sebelah)…wew…

      Betul Wij. Kalau di rumah, pengumuman lewat speaker masjid dipakai buat ngumumin berita lelayu dan kerja bakti. Nah, kalau di masjid kost, speaker masjid juga digunakan untuk manggil anak-anak yang mau belajar ngaji di masjid. Trus pas merapi kemarin, dipakai untuk ngumumin keadaan bahaya juga. Jadi kalau ada pengumuman dari masjid pas tengah malam, kita udah deg-degan.
  9. wulanmanjol says:

    ting tong…
    mau ngomen nih. πŸ˜€

    dirumah aku juga pake ting tong mbak :p
    *ehh,,siapa yang nanya?

      Boleh, silakan,,
      Eh, di rumah pake ting-tong juga? Wah, buat ngumumin apa tuh? πŸ˜‰
  10. Masbro says:

    Waktu kecil saya sering dengar ting tong di stasiun (sering di ajak jalan2 kesana sama bapak). Biasanya menandakan kereta api mau datang / atau kereta siap berangkat.

      Iya..iya..ting-tong di kantorku mirip ting-tong di stasiun itu. Plus diawali dengan: ‘mohon perhatian’ juga. Hihi…
  11. mauna says:

    ditempat kerjaku dulu pake conference mbak kalo mo ngasih tau, karna karyawannya dikit hehe:D

      Conference di chatt room ya?
      Kalau itu biasanya kita pakai untuk ‘rapat’ membahas rencana kumpul 1 angkatan. Hihi… Ya kan, BunAff.. πŸ˜‰
  12. anna says:

    kalo di kantorku ya…
    selain pengumuman juga berita kematian..

    trus juga ada berita salah parkir..

    “kepada pemilik mobil ini warna ini nomer polisi ini.. diharap memindahkan mobilnya.. karena mengghalangi jalan.. :)”

      Iya mb, berita lelayu juga diumumkan dengan ting-tong. Nah, pengumuman memindahkan mobil juga, apalagi kalo pas banyak kegiatan yg pesertanya dari dekat-dekat, mereka banyak yg pake mobil dan nutupi jalan. Berita ditemukan jam di mushola juga sering diting-tong karna sering kejadian.
  13. Sash says:

    hehehe, lucu juga mbak. dulu jaman masih kerja di Taman Pintar sering juga denger pengumuman kaya gitu, tapi biasanya buat ngumumin anak yang hilang πŸ˜‰

    Trus pas pindah ke pabrik kata-kata bisanya pake gong. Itu cuma penanda ‘urusan administrasi’, tapi kadang anak lantai bawah ada yg usil mukul2 gong. jadi anak2 atas udah lari2 kebawah ternyata gak ada apa-apa.

    Lah kalo di pabrik kata-kata yang sekarang wong sekantor isinya cuma ber4 (2 bos gak usah diitung ya) jadi gak perlu pake ting tong deh, cukup teriak aja, wooooooooyyy hahahhahaha…

      Ahaha…teman-temanmu nakal ya Sash..
      Ting-tongnya masuk golongan ting-tong ‘manual’ itu Sash.. Hihihi… πŸ˜›
  14. fety says:

    di kantor bandung dulu juga gak ada ting tong ini, mbak titik. ntahlah klo pulang nnt, apakah akan ada ting tong atau gak di kantor πŸ™‚

      Nanti kalo udah pulang, jangan lupa dicek ya mb Fey, sudah ada ting-tong belum di kantor mb Fey. Hehe..
      Baik2 mb Fey & bebe-nya ya.. πŸ™‚
  15. DV says:

    Ah kalau saya inget di asrama dulu..
    Tiap ada bel itu berarti kalau nggak jam belajar dimulai, ada telp atau… ada yang belum bayar kamar hahaha

      hahaha….hayoo, mas DV termasuk yg deg2an kalo ada ting-tong gk hayoo?? Bayar kamar DV, bayar kamar… hihihi…
  16. Necky says:

    ga ada ting tong….di kantor itu yang ada langsung pengumuman kalau ada gempa, latihan kebakaran, dan listrik mati…selebihnya speaker jarang dipake tuh….pernah ada sesekali musik…tapi malah aneh jadinya….

      Kantornya sama ky kantor Om Nh ya? Hehe..
  17. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Izin memperkuat tali silaturahim, agar tak kendor apalagi putus. Banyak khasana yang didapat semakin hangat terasa, Ting Tong Aku datang *tangan dilipat mengajukan salam
    Salam Takzim Batavusqu

      Salam Om Batavusqu yang habis kopdaran ma Kakaakin… πŸ™‚
  18. bundadontworry says:

    karena bunda gak ngantor, cuma dirumah, jadi gak pernah ada ting tong nya Tt sayang πŸ™‚
    tapi, suka dgn yang nomer 4 di kantornya Tt πŸ˜›
    salam

      Ting-tongnya bukan ting-tong pengumuman ya Bun. Hehe..
      Iya Bun, itulah yang dinanti. πŸ˜›
  19. monda says:

    di tempatku bukan ting-tong, tapi microphone biasa untuk manggil pasien,
    dan kalau siang ada aja teman yang masang hp atau mp3nya dekat mic supaya suasana jadi agak rame karena musik he.he…

      Wah, iya ya, di tempat dokter ada ting-tong buat manggil pasien. Hihi.. Sy mau jadi pasiennya Bu Mon ah. Gigi sy bermasalah ni Bu Mon.. 😦
  20. tutinonka says:

    Di kampusku nggak ada ting-tong, Tt. Undangan, pengumuman, dan semua informasi disampaikan lewat surat. Jika mendesak, dengan email. Dan jika sangat mendesak, pakai sms … πŸ™‚

  21. entik-ibunaikhsan says:

    kalau di tempatku, temen-temen nyebutnya “halo-halo”
    Kalau udah ada suara, “mohon perhatian….” berarti bakal ada pengumuman, lelayu, upacara atau undangan rapat. Nggak ada pengumumnan untuk urusan penyelesaian administrasi di keuangan.

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s