SAKIT

Hari ini status facebook teman-teman banyak yang menuliskan tentang sakit-penyakit. Seorang teman menuliskan bahwa anaknya panas, deman, tidak mau makan, badannya lemas. Lalu ada pula status yang berupa doa, mohon kepada TUHAN untuk memberi kesembuhan dari penyakitnya karena masih banyak hal yang ingin dia lakukan. Ada lagi yang mengeluh demam karena baru saja di Jakarta dia berhujan-hujan, kini di jogja panas tak terkira. Dan seterusnya. Dan dari semuanya itu, aku pun ikut menundukkan kepala bagi saudara-saudaraku ini, supaya TUHAN menjamah mereka dan menyembuhkan mereka dari sakit-penyakitnya.

Weekend ini, aku membagi waktuku untuk menjenguk ponakanku yang sakit di hari sabtu dan mengantar bapak pijat di hari minggu. Ponakan beberapa waktu yang lalu sakit. Demam. Kakak berulang kali mengabarkan keadaan anaknya. Namun saya sedang ada dinas di luar kota sehingga tidak bisa datang menjenguk. Namun tak lupa kubawa si kecil kepada TUHAN dalam doa malamku. Tante percaya nak, doa itu besar kuasanya.

Kemarin kujenguk ponakan. Dia sudah cukup sehat meskipun masih minum obat. Dan bersyukur meski masih 10 bulan, dia tidak sulit minum obat. Ketika saya datang, dia masih bermain dengan ibunya. Syukurlah nak, tante seneng melihatmu ceria lagi. Tante sempat khawatir waktu ibumu mengabarkan keadaanmu. Tapi meski tante tidak menjengukmu, tante percaya TUHAN sendiri yang datang untukmu dan menyembuhkanmu.

Hari minggunya saya pulang. Dan seperti janji saya pada bapak, saya mengantar beliau ke tempat kakak ketiga untuk pijat dengan alat pijat getar yang dimiliki kakak. Bapak bahkan membawa alat itu pulang dan mengulangi pemijatan di rumah.

Sorenya kami ke gereja. Tak lupa saya memohonkan kesehatan untuk beliau juga untuk teman-teman & saudara-saudara yang sedang sakit. Di akhir doa saya tetap berpasrah: jadilah kehendak-MU ya Allah.

Sepulang dari gereja kami bersiap nonton MotoGP. Tapi tiba-tiba bapak mengeluh kepalanya sedikit pusing. Saya coba periksa tekanan darahnya dengan alat tensi yang kami punya. Ya Tuhan, ternyata tekanan darahnya tinggi: 190/100 (menurut hasil pemeriksaan saya). Saya segera mencari persediaan obat bapak. Ternyata habis, tinggal obat dosis rendah yang sudah tidak mempan untuk bapak. Lalu dengan tenang (bapak tidak boleh liat saya panik, karna beliau pasti akan ikut panik lalu stress lalu tensinya akan semakin tinggi), saya ajak bapak untuk periksa ke dokter spesialis penyakit dalam yang biasa memeriksa bapak. Bapak bersedia dan kami pun berangkat. Ternyata hari minggu tutup. Duh. Kami kembali pulang. Berbekal salinan resep dari dokter saya kembali pergi mencarikan obat untuk bapak. Berkeliling kota purworejo, ternyata apotek2 sudah tutup. Akhirnya saya ke RS Panti Waluyo, rumah sakit yang sudah seperti rumah buat saya karena dulu kakak kerja di sana selama 8 tahun, ibu saya juga dirawat di sana setiap kali sakit, bapak juga sering saya bawa ke sana kalau sakit. Sampai di sana saya langsung bertemu dengan perawat yang kebetulan juga sudah saya kenal. Maksud hati ingin menebus obat, tapi ternyata obat yang dimaksud di resep tidak ada. Saya menunduk lemas. Numpang nangis sebentar lalu pulang. Ya Tuhan…

Sesampai di rumah, bapak masih bermain-main dengan alat tensi. Beliau memang bisa mengukur tekanan darahnya sendiri. Tadi saya berbohong pada beliau bahwa tekanan darah beliau 170/100 bukan 190/100 supaya beliau tidak stress. Ternyata waktu saya tinggal nyari obat, beliau memeriksa sendiri dan tahu berapa sebenarnya tekanan darahnya. Saya lalu ajak beliau untuk periksa ke rumah sakit saja. Dan untungnya beliau bersedia (maklum orang tua kadang tidak mau diajak periksa kalau bukan dengan dokter yang biasanya). Saya kembali datang ke RS Panti Waluyo untuk kedua kalinya dalam satu malam. Sudah pukul 21 lebih, sudah ganti shift. Ditemui perawat yang saya tidak kenal, bapak diperiksa. Ternyata hasil pemeriksaan di RS, tensi beliau 180/110. Lalu dipanggilkan dokter. Dan lagi-lagi saya bersyukur karna dokter yang memeriksa malam ini adalah teman kakak yang sudah bapak kenal. Ini cukup mengurangi tingkat stress bapak. Apalagi dokter ini suka bercanda. Kami diberi obat, dokter langung menelepon kakak saya dan memberi ‘instruksi2’ langsung pada dia tentang kesehatan bapak, dengan bahasa kedokteran yang saya nggak maksud. Puji Tuhan bapak cukup minum obat dan rawat jalan. Kamipun pulang.

Sekarang, saat saya mengetik ini, beliau sudah tidur. Saya berdoa supaya TUHAN memberikannya kesehatan, pemulihan, dan kebahagiaan di usianya yang sudah tua. Masih banyak keinginannya yang belum terwujud dan masih ada satu ‘tanggungjawab’ yang masih membebani beliau. Aku paham betul Pak. Tetaplah sehat Bapak. Berbahagialah di hari tuamu. Lihatlah kami anak2mu yang sudah kau antarkan menuju kemandirian. Engkau adalah gambaran keberhasilan yang menginspirasi banyak orang. Tidak ada satu pun anakmu yang kau izinkan bekerja menggunakan alat cangkul sepertimu, tapi dengan alat pena & komputer. Tidak bekerja di bawah terik matahari sepertimu, tapi di dalam ruangan yang teduh. Dan seperti cita-citamu, mengantarkan anak-anak untuk bekerja yang memberi guna bagi orang lain, dan TUHAN pun memberikannya: pendidikan & kesehatan. Berbahagialah Bapak dengan semuanya itu. TUHAN, tolonglah bapak, sembuhkanlah dia, pertolonganMU menyembuhkan ya Allah…

Ya TUHAN, ku tidak pantas Kau datang padaku

namun  bersabdalah saja maka aku akan sembuh…

tangan TUHAN tak kurang panjang untuk menolong

telinga TUHAN tak kurang tajam untuk mendengar

dan kini TUHAN ampuni sgala dosaku

dan kutahu KAU sanggup tolongku…

Kami serahkan hidup kami kepadaMU ya ALLAH….sakit penyakit kami semua: bapak, teman, saudara, semuanya… Amin.

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Yakobus 5:16

bapak

bapak 75th

::Purworejo, 8 November 2009, 23.34 WIB::

11 thoughts on “SAKIT

  1. Eka Situmorang-Sir says:

    Tik, have faith ya.
    Aku berdoa untuk kesembuhan ayahmu, sperti kamu dulu berdoa untuk mamakku.
    Peluk dulu sini.

    .:tt:.
    *menghambur ke pelukan mb Eka*
    Makasih dukungan doanya ya mb…
    Luv u….
    May God bless u sista…

  2. nh18 says:

    Tik …
    Semoga Bapak lekas sembuh ya …

    Titik juga begitu … jaga kondisi …
    jangan sampai sakit

    OK ?

    .:tt:.
    makasih Om..
    berkat doa teman2 semua,Bapak kini sudah baik keadaannya…

    Iya, tt pasti jaga kesehatan tt, spy jg bisa jagain Bpk..
    Makasih byk Om..

  3. nanaharmanto says:

    Salam kenal,
    pertama berkunjung ke sini, dapat kisah yang mengharukan..
    Semoga bapak cepat sehat seperti sedia kala ya…

    salam,
    nana

    .:tt:.
    makasih mb…
    Puji Tuhan, bapak udah sehat sekarang..
    semua juga berkat doa teman2…:)

    salam kenal juga mb…

Any comments?

