KitaIndonesia, Kita Bangsa Indonesia

Beberapa waktu yang lalu saya dapat komen dari mas DV di salah satu tulisan saya. Eh? Mas Dv ngomen di blog saya? Rupanya mas DV memberi tahu saya bahwa beliau mengirim email ke saya tapi tidak mendapat tanggapan. Seketika saya merasa bersalah. Eh? Benarkah ada email yang belum terjawab? Langsung saya meluncur ke halaman email, scroll ke bawah, dan menemukan email dari mas DV. Di email tersebut, mas DV menawarkan pada saya untuk bergabung di KitaIndonesia.net.

Apa itu KitaIndonesia dot net?

KitaIndonesia.net adalah tempat berkumpulnya para blogger ‘berkebangsaan’ Indonesia yang sedang tinggal di luar negeri. Kenapa berkebangsaan saya beri tanda kutip? Ya, karena meskipun kita tinggal di negara lain, tapi kita tetap memiliki kebangsaan Indonesia. Seperti yang dicontohkan mas DV di tulisannya: orang China tersebar di seluruh penjuru dunia, namun ketika ditanya tentang kebangsaan mereka dengan bangga menjawab: I’m Chinese. Begitu pula dengan kita, meski tinggal di negara lain tapi dengan bangga kita akan memperkenalkan diri sebagai: Indonesian. I’m Indonesian.

Kenapa saya diajak bergabung?

Karna saya orang Indonesia yang sedang tinggal di negara lain (entah kenapa saya enggan menyebut ‘tinggal di luar negeri’ di sini). Ya, saya memang belum pernah menulis secara khusus bahwa saya sekarang sedang tinggal di negara lain, meskipun teman-teman sudah mengetahuinya, baik dari facebook maupun dari beberapa tulisan yang secara implisit menyebutkan bahwa saya sedang berada di negara lain. Mungkin ini saatnya saya mengakui bahwa sekarang saya sedang belajar di sebuah kota bernama Naruto, di prefecture Tokushima, negeri Jepang bagian selatan. Dan mas DV mengetahui keberadaan saya ketika saya mengikuti program Kpd.Yth yang mas DV adakan. πŸ™‚

Berada di negara lain, – ah saya ingin pula menceritakan di sini suatu saat nanti bagaimana perasaan saya ketika saya berangkat ke negeri orang sendirian dengan segala keterbatasan yang saya miliki -, saya merasa begitu senang ketika menemukan teman-teman dari Indonesia yang juga sedang berada di sini. Foto di postingan ini adalah foto bersama teman-teman Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tokushima ketika kita mengikuti Awa Odori Festival di Tokushima dengan membawa nama dan bendera Indonesia. Betapa bangga dan harunya kami ‘mengibarkan’ bendera Indonesia di negara lain, plus mengenakan pakaian adat Jawa, nguri-uri kabudayan. Juga ketika saya bertemu dengan mb Fety melalui skype atau yang mb Fey bilang kopSkype (bukan kopdar), senang rasanya ‘berkumpul’ dengan sesama kita (orang) Indonesia, sebagai satu bangsa Indonesia di negara lain. Itulah mengapa, ketika mas DV mengajak saya untuk ‘berkumpul’ dengan teman-teman sesama ‘perantau’ di negara lain melalui wadah KitaIndonesia dot net, saya langsung mengiyakan. Berkumpul bersama sesama orang Indonesia adalah kebahagiaan, sebagai satu bangsa yang besar dari berbagai penjuru negara, berpelukan bersama, berbagi bersama di kitaIndonesia.

Untuk teman-teman yang juga sedang tinggal di negara lain, mari bergabung bersama keluarga besar KitaIndonesia dot net. Mb Fety di Jepang, mas Hindri di Taiwan, kuajak kalian bergabung di sana ya. Mari

Advertisements

12 thoughts on “KitaIndonesia, Kita Bangsa Indonesia

  1. DV says:

    Hi:) aku tau kamu di Jepang dari Imel waktu awal2 kami mikir soal KitaIndonesia, Juni silam.
    Waktu kamu ikut “Kpd Yth” (sabar ya ngirimnya kartu pake antri heheheh) aku dapet emailmu:)

    So, slamat bergabung di KitaIndonesia. Kita, bangsa Indonesia:)

  2. vizon says:

    Salut buat kalian semua…
    Indonesia memang bangsa kita, harus dibela dan dibanggakan, kapanpun dan dimanapun… πŸ™‚

    sukses buat kitaindonesia.net

  3. Mood says:

    Asik deh kalo udah ketemu perkumpulan semacam itu, bisa berbagi banyak dan tuker cerita nantinya juga gag kespian karena ada teman senegara dinegara lain.

    Eh, baru tau kalo kamu sedang belajar dinegara lain.
    Sukses buat studynya ya. Semangaaaat !!

    Salam.. .

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s