Hallo Hallo Bandung

Hallo teman-teman… Wii..lama sekali rasanya tidak kemari, meski kemarin sempat posting singkat di sela-sela transit. Beberapa waktu yang lalu ada kesibukan yang membuat saya tidak sempat menulis dan membaca-baca tulisan teman-teman di blog. Puji Tuhan, saya dapat kesempatan mudik ke Bandung sekalian konferensi. Waaa…senang sekali. Puji Tuhan, anugerahNya tak terkira dan tak terduga.

Minggu lalu perjalanan itu dimulai. Saya sampai Bandung Rabu sore, 11 Juli 2012, bersama seorang Sensei yang menjadi keynote speaker di konferensi, seorang Sensei yang menjadi science expert di workshop, salah satu teman dari Jepang yang menjadi guru model di workshop, saya, dan tiga orang mahasiswa Sensei yang membantu dokumentasi dan lain-lain. Yah, serombongan dari Naruto University. Jadwal di Bandung hanya 3 hari: Kamis-Sabtu. Kamis kami mengunjungi sekolah di Lembang tempat diselenggarakannya workshop di hari Sabtu. Kami menyiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan di hari Sabtu karena salah satu teman akan menjadi guru model dan mengajar siswa kelas 8 sekolah tersebut. Mereka memang benar-benar detil mempersiapkannya.

Sepulang dari sekolah, kami mampir di rumah batik di kota Lembang. Sensei dan teman-teman memborong batik karna di sana harganya cukup murah. Di rumah batik tersebut kami juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan batik baik batik tulis maupun batik cap. Dengan sok guide saya jelaskan setiap prosesnya pada mereka (meski terbata-bata πŸ˜€ ).

membatik

Jumat adalah kegiatan seminarnya. Sensei menjadi narasumber di sesi pleno, kemudian setelah istirahat makan siang kami berdua memaparkan hasil riset kami di sesi paralel. Setelah hari Jumat saya dan Sensei lumayan lega, tinggal workshop besok di mana yang menjadi aktornya adalah teman saya dan Sensei yang lain. Hihi..meski begitu, kami tetap nervous juga di hari Sabtu waktu teman saya melakukan pembelajaran di kelas 8 SMP 1 Lembang. πŸ˜›

Singkat cerita, rangkaian kegiatan seminar dan workshop selesai sudah. Sabtu malamnya kami makan malam bersama di Restoran Sari Sunda. Sampai malam. Kami tidak punya waktu sama sekali untuk sekedar jalan-jalan menikmati Bandung dan mencari oleh-oleh karna Minggu pagi pukul 5 kami sudah dijemput travel yang membawa ke bandara Soekarno Hatta. Kasihan sebenarnya sama teman-teman. Tetapi mudah-mudahan mereka senang menikmati Bandung beberapa hari, setidaknya sekolahnya, jalanannya, dan universitas pendidikannya.

Indonesia University of Education ~ Universitas Pendidikan Indonesia

Minggu pagi saya mengantar Sensei dan teman-teman sampai depan hotel. Berpelukan dan sayonara sayonara… Sampai bertemu di Naruto lagi, kata mereka…. Sampai jumpa lagi Sensei dan teman-teman….

sayonaraaa

.

.

.

#Sengaja tidak memuat foto-foto kegiatan πŸ˜€
Selamat menunaikan ibadah puasa, teman-teman… ^_^
O iya, saya sudah sampai Naruto lagi…. πŸ™‚

40 thoughts on “Hallo Hallo Bandung

  1. Imelda says:

    asyik ya punya kesempatan gitu, bersama sensei utk acara akademis, tapi di negara kelahiran. Kalo kayak gitu biaya transportasi/akomodasi ditanggung univ atau pribadi sih Tik?

    • yustha tt says:

      iya Kak, puji Tuhan banget…
      Biaya transport ditanggung univ Kak, pakai dana riset (kaya’nya. Sensei yang urus :P) karna aku presentasi hasil riset kerjasama dengan Sensei… πŸ™‚

      • Imelda says:

        enaknya melakukan penelitian dgn sensei Jepang emang gitu, Mereka punya dana khusus untuk kenkyu. Cuma ya tergantung bidang ilmunya juga. Kalau kayak aku yg sejarah, ngga ada tuh jalan-jalannya hehehe adanya paling gakkai. Jadi pengen belajar lagi ….hiks….

  2. LJ says:

    gak sempat jalan2 pastinya ya T.. memang padat sama kegiatan.
    gak bakal cukup waktunya

    #kak monda yg sudah menyisihkan waktu 4 hari aja, masih gak cukup.. banyak yg keliwat. πŸ˜›

  3. dey says:

    harga2 di rumah batik – Lembang dibilang murah ya ? ada yang lebih murah lho mbak, asal mau perjalanan 2 jam dari bandung .. hehehe.
    Baru tahu, ternyata di rumah batik ada proses pembuatannya juga …. hadeuh, kemana aja saya selama ini.

  4. yuniarinukti says:

    Lho cepet banget baliknya Mbak, tapi lumayanlah ya sudah sempat kopdar dan puter-puter di kota Bandung..
    Eh ngomong-ngomong balik ke Naruto bawa Batagor dan Sioamy gak mbak? πŸ˜€

    • yustha tt says:

      Cepeeet banget emang mb..
      Tapi tetap sangat bersyukur dapat kesempatan mudik (lagi) πŸ™‚

      Hihihi….batagor dan siomaynya mampir di rumah dulu… πŸ™‚

  5. rime says:

    yah, sayang banget mbak ga jalan2 dulu di Bandung. ntar kalau mbak ke Bandung lagi, kasih tau saya aja, saya ajak keliling Bandung sampe puas, hehehe :mrgreen:

  6. Bibi Titi Teliti says:

    mba Titik…
    Ternyata sempet jalan jalan ke Lembang juga toh ;p
    eh, baru tahu kalo di Lembang ada batik nya pula
    *berasa gak gaul*

    Tahunya cuman susu murni ama tahu lembang doang…hihihi..

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s