halo matahari

Halo matahari, apa kabar? πŸ˜€

Barusan, 4 Januari 2011, pukul 10.30an sampai 11.44an, matahari di langit Jogja dikelilingi pelangi. Indah banget. Terus terang, sy baru sekali ini melihat fenomena alam ini. Dan sy selalu takjub. Subhanallah…

halo matahari 4 Januari 2011

Teman-teman di kantor pun ikut mengabadikan momen langka ini di handphone mereka masing-masing, kecuali yang membawa kamera. Jadi halaman depan kantor heboh teman-teman yang menyaksikan fenomena halo matahari ini.

Sy kemudian searching di internet tentang fenomena ini. Halo matahari terjadi karna adanya pembiasan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer. Pada musim penghujan ada partikel uap air yang naik tinggi sekali di atmosfer yang kemudian dibiaskan oleh cahaya matahari sehingga sinar putih itu terurai menjadi warna-warna pelangi. Iya, sama seperti terjadinya pelangi sehabis hujan. πŸ™‚

Belum puas rasanya menikmati halo matahari ini.

merah putih & halo matahari

tt dikelilingi pelangi πŸ˜€

Terimakasih Tuhan, Kau izinkan hambaMu menikmati karyaMu.

19 thoughts on “halo matahari

  1. Ummi Ammar says:

    Ini kali kedua aku menyaksikan kebesaran Allah yang serupa,suatu malam pernah pula kusaksikan rembulan dan satu bintang di dekatnya dikelilingi oleh lingkaran putih… Ya, Allah memang Maha Besar..Allahu Akbar

    #tt
    Wah….beruntungnya dirimu Ummi…
    Allah kasih kesempatan Ummi menikmati karya-Nya. Puji Tuhan, alhamdulillah. Subhanallah…

  2. InVinciBle TeTik says:

    Ronda Siang
    ngikut Teh Fitri4y
    tetik dulu pernah liat kayak gini sekali waktu masih sd >_<
    nah narsisnya kagak ketinggalan πŸ™‚

    #tt
    Camilan rondanya apa Tik? πŸ˜†
    Wah… Tetik beruntung sdh liat fenomena ini sejak kecil.. Keren ya Tik…

    Narsisnya gk boleh ketinggalan donk.. πŸ˜€

  3. nh18 says:

    Wah keren ini …
    jadi ini sebetulnya adalah uap air ya Ti …
    yang memantulkan sinar matahari menjadi semburat halo pelangi seperti itu ya

    I wish saya bisa melihatnya secara langsung

    #tt
    iya Om, uap air di atmosfer yang membiaskan sinar putih matahari.. Jadi pelangi deh… πŸ™‚

    Semoga ya Om. Amin. πŸ™‚

  4. MeyBengkulen says:

    Subhanallah 4JJIhuakbar…… cm dpt crita, ternyata mmg indah. syg lg g’di sana. terlewat sbuah memorable moment. 4JJI mmg Maha indah dg karyaNya

    #tt
    Semoga foto2 yg sedikit ini dapat mewakili pemandangan tadi…
    Allah memang maestro yang luar biasa… Maha Besar Allah… πŸ™‚

  5. anna says:

    iya tadi aku liat T..
    tadi pada keluar ruangan ngeliat fenomena itu..
    subhanallah.. bagus banget yah

    #tt
    iya mb.. Subhanallah..keren banget…
    Mungkin karna aku baru sekali ini lihat ya?
    Mmm…tapi meskipun ini kali ke-10, kupikir aku akan tetap takjub.. πŸ™‚

  6. advertiyha says:

    Subhanallah.. aku belum pernah lihat langsung mbak, pasti keren banget ini,,, πŸ™‚

    #tt
    Iya kak, keren banget… Tuhan memang Sang Maha Indah..
    Sy jg baru sekali ini lihat pemandangan indah ini. Semoga diberi kesempatan lagi… Amin. πŸ™‚

  7. Astra satria says:

    Suatu keberuntungan tersendiri yang bisa menyaksikannya bahkan mengabadikannya seperti Anda !

    #tt
    Iya mas Astra, bersyukur sekali dapat kesempatan menyaksikan fenomena ini. Puji Tuhan.. πŸ™‚

  8. Prima says:

    Mbak, saya beberapa hari yang lalu juga melihat fenomena mirip ini tapi pada bulan di malam hari, jelas sekali… apa juga karena uap air ya? Malam itu bulan sperti bercincin raksasa..

    #tt
    iya Prim.. Namanya halo bulan.. Seperti yang sering dilihat Cahya itu..
    Aku belum pernah liat Prim kalau halo bulan..
    Keren pastinya… πŸ™‚

  9. Ann says:

    Bagus juga ya kalau bisa melihat langsung.
    Tapi hati2 kameranya bisa rusak loh πŸ™‚

    #tt
    Iya mas Ann, bagus banget…
    Apa iya kameranya bs rusak? Pj Tuhan kamera hp sy baik2 sj… πŸ˜€

  10. wi3nd says:

    aku baca di detik tentang halo matahari yogya ini..

    kereen iigh fotonya..

    tha you’re so lucky ya bisa mengabadikan ini πŸ™‚

    #tt
    iya wiend, keren sangat….
    beruntung banget, karna aku juga belum pernah melihat yg seperti itu…
    kabarnya bisa ngerusak lensa kalo motret itu, tapi pj Tuhan kamera hp’ku baik2 sj sampe skrg.. hihi…

  11. hajepe says:

    gak silau ya??…
    kemaren aku motretnya pake merem melek soalnya…..:)

    #tt
    enggak….wong motretnya ngeliatin bawah…
    hapenya dibalik ditaruh bawah, jepret deh…

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s