Murasaki Katabami: Bunga Daun Cinta

Murasaki Katabami. Apa itu, Tik? Itu nama sebuah bunga dalam bahasa Jepang. Masih belum bosan kan dengan postingan bertema bunga di blog ini? Mau dibilang ‘mentang-mentang lagi berbunga-bunga, jadi nulisnya tentang bunga terus’ juga boleh. Lah kok milih mau dibilang apa, hihi.. Eh, tapi kita semua kan memang sedang berbunga-bunga, sedang ikut bahagia atas keberhasilan Teh Erry memenangkan kontes pemilihan Touch Korea Tour kan ya? Jadi cukup beralasan lah kalau dibilang saya sedang berbunga-bunga makanya posting bunga terus. Hehe…. Eh, intronya kepanjangan ya? OK, lanjut lagi ke Murasaki Katabami ya…

Beberapa hari yang lalu sepulang dari kampus, saya melihat ‘pletik-pletik’ ungu di semak depan asrama (iya, asramanya belum dibersihkan jadi rumput tumbuh dengan suburnya).

depan pintu asrama terlihat percikan ungu

Lalu saya dekati dan amati. Ah…ada bunga-bunga kecil yang indah. Ungu-ungu yang lucu. Mendadak saya gembira sekali, seperti menemukan permata di tengah belukar. Halah! Yang benar, seperti menemukan bunga indah di tengah belukar. Eh, bukan seperti ding, memang begitulah adanya. #mbulet.

indah di tengah belukar…

bunga daun cinta

Mari kita amati lebih dekat. Daun-daun bunga ini terdiri atas 3 lembar mahkota daun yang berbentuk hati. Berdasarkan hasil selancar di dunia maya, diketahui bunga ini termasuk dalam keluarga Oxalidaceae genus Oxalis. Genus ini memiliki 900 species (wow!!). Dan bunga di atas merupakan species Oxalis debilis varietas corymbosa. Dalam bahasa Jepang, bunga ini bernama Murasaki Katabami (bersyukur saya memiliki kawan dari Jepang yang setiap kali saya mengunggah foto bunga di facebook dia selalu membantu memberi tahu nama bunga yang saya unggah sehingga memudahkan untuk pencarian informasi tentangnya. Terimakasih Asano-san 🙂 ). Warna bunganya pink keunguan. Bunga ini mekar di tengah musim semi dan di pertengahan musim dingin. Baiklah, saya tidak perlu berpanjang-panjang menceritakan si bunga cantik ini karna saya bukan pakarnya, takut malah salah. Kita tunggu tambahan informasi dari yang lebih tahu ya. Buat teman-teman yang mengetahui informasi tentang bunga ini, mohon informasinya di kolom komentar ya. Hehe…. Mari kita nikmati keindahan ciptaan Allah dalam bunga mungil ini.

murasaki katabami (oxalis corymbosa)

bunga daun cinta

collage

#NB: Jadi ingat lirik lagu Bunga di Tepi Jalan kemarin: “di sekitar belukar dan rumput gersang, s’orang pun tak ‘kan mau mem(p)erhatikan..”, eh ternyata ada lho yang memerhatikan bunga mungil di semak belukar. 😉

35 thoughts on “Murasaki Katabami: Bunga Daun Cinta

  1. LJ says:

    cantik!
    di tepi jalan bukik juga banyak kembang kecil spt itu T
    gak sengaja ditanam, memang tumbuh liar saja.

    di sekitar belukar dan rumput gersang.
    seorang Tt pun ‘kan memperhatikan. 😛

  2. Oyen says:

    semaknya kayak jenis lcc ya (legume cover crops), jenis kacang2an, iya gak? (sotoy dah)
    hmmm… bunga lagi, semoga karena hatinya sedang berbunga-bunga 🙂

  3. Bibi Titi Teliti says:

    Whuaaaa…
    aku belum mengucapkan terima kasihku secara pribadi kepada informan ku tercinta yang paling berisik di fesbuk…hihihi…
    makasih yah mba Titiiiiiik…
    maap kemaren aku gak bisa jawab mention nya satu satu yaaaaaa 🙂
    Tapi aku baca semua kok 🙂
    *peyuuuuuuk*

    • yustha tt says:

      Paragraf terakhir itu yang sebelum NB ya Om?
      Hihi…maksudnya malas cari info dan malah minta info dari komentator ya Om?
      Hihihihi……. 😀
      Ternyata itu khasnya Tt…hahahaha……..

  4. monda says:

    iya lho Ti, kalau rajin lihat kiri kanan, bunga semak itu biarpun kecil tapi unik lho, tetap indah…
    namanya dalam bahasa Jepang kedengaran puitis

    • yustha tt says:

      Iya ya Bun… Dan ternyata nama itu mmg penting Bun, krn dengan mengetahui namanya kita jadi bisa lebih mudah mencari informasi tentangnya. (Tt lupa udah komen t4 Bunda ttg ‘pengting gk sih’ itu atau belum, hehe…)

    • yustha tt says:

      Iya Ibu.. Ternyata bergaul dengan tanaman menyenangkan ya Bu. Tapi Tt gk bisa merawat tanaman seperti Ibu, bisanya cuma menikmati. Hehe…. Salam, Ibu.

  5. benua antartika says:

    saya di rumah lagi pengen tanam bunga nie dalam pot….
    krna tanaman ini punya kenangan masa kecil bapak…
    terima kasih mau share nama jepang bunga niii….

  6. remli says:

    Tahun lalu udh mampir do blog ini.
    Pas nyari2 nama bunga dgn bentuk dan warna begini, skrg jd tau.

    Oh iya aku ketemu bunga begini, di halaman depan sebuah hotel di Tuktuk-Samosir, Sumatra utara.

    Thanks ya mbak dah share pengalaman dan pengetahuannya.

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s