[Jepang: kilasbalik] Semua berawal dari sini..

Ada yang bertanya: gimana ceritanya bisa sampai ke Jepang? Setiap ditanya begitu, saya hanya bisa menjawab: “semua karna anugerah-Nya”. Iya, semua semata-mata karna anugerah-Nya. Saya tidak pandai, juga bukan pencari beasiswa yang getol mencari ke sana-sini. Memang saya punya cita-cita study lanjut, kalau bisa ke luar negeri. Meskipun saya sempat ragu-ragu juga mengingat usia Bapak yang sudah sepuh, saya takut ninggalin Bapak lama-lama & jauh pula. Tetapi ketika Bapak dengar keinginan saya (entah dari siapa beliau dengar, mungkin dari kakak), ternyata Bapak sangat mendukung. Saya waktu itu memang sedang rajin les bahasa Inggris & bolak-balik nyoba tes TOEFL supaya nyampai untuk apply beasiswa ke selatan atau ke barat (see?! betapa tidak pandainya saya :D). Pengennya sebenernya yang ke barat, karna waktu S1 skripsi saya tentang metode pembelajaran yang dikembangkan di barat sana. Jadi pengen lanjut mempelajari itu. Tapi karna yang di barat syaratnya lebih berat (menurut saya), coba yang selatan saja lah. Begitu pikir saya waktu itu.

Sekitar bulan Juni 2010, ketika saya sedang rajin-rajinnya mengumpulkan syarat mendaftar beasiswa ke selatan, saya dipanggil Kasubbag Kepegawaian. Ternyata saya dipilih oleh kantor untuk mendapat beasiswa study lanjut dari kantor. Puji Tuhan, ini semua anugerah-Mu, Tuhan. Mendapat beasiswa dari kantor artinya study lanjut di dalam negeri. Dan kantor merekomendasikan untuk mengambil di UNY karna dekat dengan kantor. Sewaktu-waktu kantor membutuhkan saya, saya bisa dihubungi dengan mudah. Saya terima dengan bahagia. Lalu mencari informasi pendaftaran S2 di UNY. Ternyata sudah tutup pendaftarannya. Saya beralih ke UNS Solo, masih sama dekatnya kan? Masih buka pendaftarannya. TAPI, kantor tetap menginginkan saya di Jogja, bukan di Solo πŸ˜€ . Waktu itu hari Jumat pagi, bos saya masih berusaha melobi kampus supaya mengizinkan saya mendaftar, kalau gagal baru besok Senin saya boleh ke Solo di mana hari Selasa atau Rabunya (lupa saya pokoknya sudah mepet) adalah pendaftaran terakhir di UNS. Sampai waktu pulang kantor belum juga ada kabar. Akhirnya saya pulang.

Sepulang dari kantor setelah beristirahat, saya pergi ke toko elektronik. Sebentar lagi bulan puasa datang. Anak kost gegerΒ minta kakak tertua beli lemari es untuk menyimpan sayuran dkk untuk sahur dan berbuka. Sebagai kakak yang baik, saya iyakan saja. Jadilah sore hari saya ke toko elektronik. Sedang melihat-lihat dan bertanya-tanya pada pelayan, HP berdering. Bu bos. Ah, ada kabar tentang usahanya melobi nih, pikir saya. Ternyata tidak. Bu bos malah mengabarkan ada beasiswa dari Jepang melalui JICA yang ditawarkan ke kantor dan beliau ingin saya mengambil kesempatan itu. Hah??!! Shock saya. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya daerah utara ini. Bu bos ingin jawaban dari saya saat itu juga. Karna kalau saya mau mengambil kesempatan itu berarti saya harus melepas beasiswa dari kantor dan kantor harus segera mencari kandidat lain karna pendaftaran mahasiswa baru di Solo pun akan segera berakhir. Duh, bagaimana ini? Saya minta waktu untuk berpikir. Di toko elektronik saya duduk lemas. Sahabat saya yang pergi bersama saya bertanya-tanya. Lalu saya ceritakan telpon barusan dan dia meyakinkan saya untuk mengambil kesempatan itu. Tapi kalau nanti aku gak lulus seleksi, hilang semua donk beasiswanya, kata saya. Pasti bisa! Kamu pasti bisa! katanya. Lagipula kalau tidak dapat beasiswa dari kantor, kamu juga coba apply ke barat & selatan kan? Hmm..iya juga ya. Saya memantapkan hati. Dalam nama Tuhan Yesus. Dengan gemetar saya kirim sms ke Bu Bos: “nggih Bu, saya ambil”. Sent. Delivered.

Mood membeli lemari es lenyap sudah. Pulang yuk, mampir depan TVRI beli duren ya..! Dan saat sahabat saya milih duren, saya menelepon rumah minta pendapat (telat ya, udah kadung kirim sms ke bu bos. Hehe..). Puji Tuhan Bapak & keluarga yang lain pun mendukung. Lega…..banget rasanya. Saya pun menikmati duren. Dan duren malam itu menjadi terasa sangat-sangat nikmat……

[bersambung]

Advertisements

35 thoughts on “[Jepang: kilasbalik] Semua berawal dari sini..

  1. Lidya says:

    aku masih ingat bener mbak, mbak TT bilang berkahnya bisa sekolah keluar, kalau aku berkahnya bisa punya anak dan keluarga saat ini πŸ™‚ semua sudah ada yang mengatur ya mbak. semoga selalu diberikan berkah yang besar ya mbak

  2. Bibi Titi Teliti says:

    akh…
    memang sudah digariskan oleh Nya bahwa mba Titik harus menuntut ilmu di Naruto inih….
    ternyata momen indah nya lagi di toko elektronik toh mba…hihihi…

    *ditunggu lanjutannya*

  3. Esti Sulistyawan says:

    Kalau Allah sudah berkehendak, jalannya lempeng kan Tik?
    Itu juga akan terjadi jika sudah bertemu jodoh, lurus aja gak belok2, sampe gak berasa, “eh beneran nih aku mau nikah?”

    Semoga segera mendapat cita2 yang lain Tik. Aamiin.
    Hihi jadi inget chattingan kita, yang sudah 3 tahun menikah dan 2 tahun di Jepang πŸ™‚

  4. niee says:

    Jalan yang indah ya mbak.. aku belum tahun neh mau ngelanjut dimana.. tapi pengen ke luar negeri. tapi abang kurang setuju kayaknya.. hiks.. hiks..

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s