Sajojo..Sajojo..

Jadi begini ceritanya. Kampus mengadakan acara international party sore ini. Nah, di acara ini kesempatan buat kita untuk perform budaya kita masing-masing. Huwaaa….saya pengen donk menampilkan budaya Indonesia di depan kawan-kawan dari berbagai negara. Saya kan dulu pernah belajar nari Jawa, saya mau nari Jawa ah. Mmm…tapi saya tidak bawa kostum untuk tarian Jawa. Mau pinjam di salon, gk ada yang minjamkan baju tradisional and baju tarian Jawa, hehe… Akhirnya bincang-bincang dengan kawan sesama dari Indonesia, lalu kami memutuskan untuk menari poco-poco saja. Kapan latihannya mb, aku nggak begitu bisa poco-poco, kata kawan saya. Habis Selasa ya mb, soalnya Selasa aku presentasi di seminar. OK. Dan ternyata setelah Selasa, saya masih ada tugas presentasi lagi hari Jumat ini, ya tadi. Tumpuk-tumpuk deh. Akhirnya latihan pun tertunda-tunda. Hari Kamis pun tiba.

Besok lho mbak performnya, kataku. Wah, ayo latihan dulu!

Sambil makan malam, saya buka-buka youtube dan buka video sajojo. Eh, ini kok tariannya menarik, lagunya asyik, sukak! Lalu saya mengirim pesan ke kawan dan mengirim link video sajojo: Mbak, sajojo aja gimana? Tapi aku juga belum bisa. Nanti kita belajar sambil lihat video ini. Dan kawan saya pun setuju.

Pukul 10 malam dia mengetuk pintu kamar saya. Berbekal video dari youtube, kami berdua mencoba memahami gerakan kaki di tarian sajojo ini. “Ah, dapat! Gini mbak!” lalu lanjut lagi ke gerakan kedua: gini..gini.. lalu ketiga, keempat, peralihan, setelah peralihan, penutup. Yes, done! Ayo ulangi lagi mbak! Berlatih-berlatih-berlatih sampai hafal. Dan setelah lelah dengan keringat bercucuran (padahal udah nyanding kipas angin selama latihan, tapi karna cuaca memang panas dan sajojo serupa senam, jadi kami pun berkeringat), kami pun membuat ‘kostum’. Heehehe…. Ya. Kami membuat rumbai-rumbai itu lho. Dengan bahan dan peralatan sederhana, rumbai-rumbai dari tali rafia pun jadilah. Daaaaan…..pas lihat jam, o’ow…udah jam 3.30 pagi kawans. Saya belum selesai membuat presentasi untuk hari ini. Wah..wah.. Akhirnya pukul 3.30 pagi kami pun mandi bersama, berbeda kamar mandi tentunya :D. Kawan saya bisa tidur, sementara saya tidak karna saya melanjutkan pekerjaan saya. Hari ini saya kuliah full, jadi tidak ada waktu untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Lagipula, setelah mandi saya tidak mengantuk. Doh. Itulah mengapa saya bilang: “saya belum dua-duanya: belum tidur dan belum bangun” 😀

Bagaimana dengan hari ini, tanpa tidur sedikit pun semalam dengan jadwal kuliah full dari pagi sampai sore dan dilanjut International Party 1 jam setelah selesai perkuliahan hari ini? Begini. Saya sarapan pagi dan minum kopi. Di kampus saya minum satu kaleng minuman vitamin C, biar gk tumbang pikir saya. Hehehe… Ngantuk pas kuliah pertama, tapi bisa dikendalikan. Pagi hari saya berdoa semoga Tuhan mengganjal mata saya sepanjang hari ini sehingga tidak ngantuk dan menjaga kesehatan tubuh saya. Semua perkuliahan termasuk presentasi well done. Puji Tuhan. Pulang sebentar buat ganti baju (batik berobi donk 😉 ) dan latihan sekali lagi lalu berangkat ke party. Sampai di sana sudah penuh. Uwow..banyak betul yang hadir. Grogi pun menjalar. Maklum cuma berlatih beberapa jam semalam. Hoho…

Ada berbagai performance. Ada tarian Awa (Awa odori) dari Jepang dan kita audience ikut menari. Wuah..mana bisa saya tidak ikut. Saya pun bergabung dan menari. Senangnya. Rasanya seperti jaman muda nonton konser Ari Lasso di stadion mandala krida. Hahaha… Lalu ada tarian dari Hawai. Permainan flying top (gasing) dari Jepang (tapi mereka mengakui kok kalo gasing aslinya dari Indonesia). Lagu dari Pasific. Lalu..lau..lalu…..ada tari Sajojo dari Indonesia. Hiyaa….. Let’s dance together….

This slideshow requires JavaScript.

Hehehe…saya seneng banget. Apalagi audience-nya seneng dan beberapa ikut menari. Wah..jadi nagih. Jadi pengen nari lagi dan lagi. Hehehe…. Ya, begitulah ceritanya. Dan sekarang sudah pukul 12.11pm waktu setempat. Puji Tuhan saya sehat wal afiat meskipun belum tidur sejak hari Kamin kemarin. Jadi bukan karna insomnia saya tidak tidur, tapi karna sajojo (dan presentasi 😛 ).

Sebelum tidur, saya pengen ceritain dulu, makanya saya posting. Hehehe… Selamat tidur kawan semua. Semoga istirahat dengan tenang dan damai ya.

Terimakasih Tuhan untuk hari ini, untuk kesehatan, kesempatan, kebahagiaan, dan segalanya. Terimakasih. Syukur padaMu.

Salam 🙂

29 thoughts on “Sajojo..Sajojo..

  1. LJ says:

    seru banget..!

    nah sekarang tidur yang nyenyak ya t.. 🙂

    #tt:
    Iya Bun, seru banget..
    Akunya juga seneng banget. Hihi…

    Iya Bun, habis posting trus klipuk…

  2. Masbro says:

    Kirain yang tarian Awa Odori jepang itu tarian jawa, hehe.. kecepeten mbacanya.

    Nah, sekarang tidur ya Mbak.. “Ninabobok..”

    #tt:
    Titikbobok…oh..Titikbobok… 😀

  3. fety says:

    mbak titik hebat euy bisa gak tdr sm sekali segitu lama. sajojonya bagus 🙂

    #tt:
    Terimakasih mb Fey…
    Diniati soalnya mb, jadi bisa gk tidur dan bisa perform.. Hihi… 🙂

  4. monda says:

    kalau gerakan senam sajojo itu kan variatif banget Tik,
    susah ngafalnya, salut lho sekali katihan langsung bisa, memang udah punya dasar tari sih ya…
    jangan sering2 nggak tidur seperti ini ya……,jaga kondisi he..he…emak2 maunya kasih nasehat mulu

    #tt:
    kita ambil 4 variasi gerakan plus 1 gerakan peralihan Kak..
    Iya Kak, habis posting trus tidur kok Kak…
    Hehehe…senengnya ada yg kasih nasehat.. 😛

  5. nh18 says:

    Sajojo …???
    Aaasssseeekkkk …
    Kebayang meriahnya acara itu dengan joget Sajojo asli Indonesia ini

    Salam saya Tik

    Jaga kesehatan yaaa …

    #tt:
    Iyaaaa Om…..
    Mereka bergoyang dan bertepuk tangan mengikuti irama….
    Seneng deh…

    Iya Om, tetap jaga kesehatan kok. Makan teratur & minum vit C. Hehe..
    Makasih ya Om.

    Salam.

    • nh18 says:

      Wait …
      Satu lagi …

      Waaaaaaaaaaa … ada Yamaha Clavinova disanaaaaa … dipojok ruangan ituuuuu …
      dan itu jenis yang paling tinggi spec dan tipenya … paling komplit featurenya ….
      dan tentu paling mahal ….
      alat tipe yang itu canggih benerrrrrrr …

      Ngiler bener sayaaaa …

      salam saya Tik …

      #tt:
      hiyaaaaaaaaaa……hahaha……
      itu dari jurusan seni musik Om, mereka menampilkan paduan suara…
      wah…rupanya itu piano dengan spec and feature terkomplit toh?

      hihi…sini Om, mainin.. Nti aku yang nyanyi wis.. Hehehe… 😛

  6. Omietha says:

    Huaaa..keren tt…pakai rumbai2 jg..
    Sajojo kita blm pernah ya..poco2 ku jg suka.. Request bu jum ah *pdhlsenamseringtelat* 😀

    #tt:
    Habis sajojo-an jadi ketagihan belajar tari dari Sabang sampai Merauke via youtube. Hihi…
    Ntar kalo ada kesempatan, perform lagi dengan tarian yg berbeda.
    Cuma kebentur masalah kostum. 😦

    Hihi..iyaaa…minta bu Jum buat ganti senam poco-poco dengan sajojo. Biar selang-seling gk poco-poco terus. Hehe…

  7. anna says:

    aku udah liat fotonya via esbuk kemaren 🙂
    wah serunya.. untung yah, kemajuan teknologi sekarang bisa mempermudah segala sesuatunya…
    bisa nyari lagu dan tarian via internet.. hihi

    anyway, T
    gimana sih caranya posting foto yang pake slide gitu… hihi… gaptek nih.. ajarin dong… 🙂

    #tt:
    Bener mb, dengan internet semua jadi cepat dan mudah.
    Tentang lagunya, aku download dari 4shared, trus kukirim ke panitia via skype. Habis latihan, lah….kok lambat banget ini lagunya, gk sama sama yg di youtube.
    Hihihi…akhirnya ganti lagu dan baru hari Jumatnya kukasih filenya udah dlm bentuk CD. 😛

    Itu caranya bikin slide, habis upload2 foto, trus ke library, trus klik create slide. Jadi deh. 🙂

  8. tunsa says:

    wuaaa….baguss.baguss…coba ada vidionya, 😀

    #tt:
    sebenernya malah gk da fotonya, karna sama temenku diambil video, dan foto2 itu kubikin dari video itu.
    tapi malu je mau upload video di sini. Hihi… 😛

  9. Bellamy says:

    Wah mantap, pasti mereka senang melihat tari yang energik dan dinamis itu. Salah langkah atau gerakan dkit2 juga gak apa kan wuk.
    Waktu d Namibia dulu kami juga mengadakan acara Asean night. Ada makanan2 hasil karya cowok he he he dan juga tari-tarian.
    kami menamplkan budaya Jawa-Bali. Ada yang melakukan tari kecak, sedangkan saya di tunjuk menari Jawa. Musiknya cangkem ha ha ha ha ha….

    Akhir pertunjukan sahabat dari mancanegara bilang’ “Great performance “. Yo wis, kalau basa-basi yo babahno pokoke menari.

    Salam hangat.

    #tt:
    Wew…keren keren….
    Tari kecak terkenal di sini..
    Tarian Bali deh. Sy pernah diminta nari Bali. Haduh…ndak bisa… Hehe…

  10. bundadontworry says:

    asiiiiik banget Tt………
    latihan cuma semalem dowang dah langsung lancar pentas besoknya 🙂
    ( mau kasih 10 jempol, pinjem ya jempolnya Tt juga ) 😀

    hari ini dah cukup istirahatnya Tt ?
    salam

    #tt:
    Puji Tuhan Bun, berkat doa Bunda juga semuanya bisa lancar…

    Salam Bun.. 🙂

  11. Emanuel Setio Dewo says:

    Waaaa pasti tidurnya nyenyak banget. Eh, jangan cuma foto yg dipajang, videonya juga dong. Jadi pengen lihat suasana di sana. Hehehe…

    Salam hangat

    #tt:
    Hihihi…videonya buat koleksi pribadi mas.. 😛

    Salam..

  12. vizon says:

    Pilihan yg tepat Tik…
    Sajojo memang yahud. Saya pernah menarikan ini bareng kawan-kawan waktu penutupan prajabatan dulu, tp sekarang sudah lupa, maklum gak bakat dan sudah tuwir, hahaha… 😀

    #tt:
    Coba Uda dengerin lagi musiknya, pasti pengen goyang deh…
    Hehehe…

  13. mood says:

    Kereeeeen !!
    Ngeliat poto poto dan persiapan yang sebentar saja kiranya saya patut angkat jempol tinggi tinggi buat kamu.

    Salam.. .

    #tt:
    Wah..Bang Mood…. Itu masih pakai salah2 lho Bang..
    Dan pas awal2 itu aku gk denger jelas musiknya, jadi sempat telat satu hitungan…

    Aniwe, thanks ya Bang. 🙂

  14. omman's says:

    Yuhuiiii … terobatlah yg ‘belum tidur n belum bangun … 😉
    tapi fotonya … ehmmm … boleh juga …
    tak ada kata lain selain – jempol dua dah … 😛

    #tt:
    Makasih…makasih… 😀

  15. omman's says:

    O iya TT harusnya minum vit C itu plus Neurobion 5000
    vit c utk daya tahan tubuh dan Vit B1, viT B6 plus vit B12 (Neurobion) utk tubuh bertenaga … nice 😛

    #tt:
    Hehehe…makasih makasih….
    Besok lagi ya… (eh?!) 😀

Any comments?