hujan abu

Pagi-pagi pukul 2.30 ditarik (baca: dibangunkan paksa) anak kost dan dibawa keluar. “Lihat mbak!”. Dan woh….mobil di depan kost tertutup abu. Udara bau belerang dan tidak nyaman. Hujan abu masih lumayan ‘deras’ pagi itu. Teman yang ngungsi ke kost kami, jaketnya berabu. Padahal kostnya tak terlalu jauh dari kost kami.

 

diambil pkl. 3 pagi... Mobil tertutup abu

Kubuka internet dan ternyata benar, Merapi kembali memuntahkan awan panasnya. Abu vulkanik berhamburan hingga menutupi Jogja. Kunyalakan tv, berita dini hari itu pun penuh dengan info merapi. Kubuka facebook, teman-teman sudah mengupdate info seputar Merapi. Bunda Affan bahkan mendengar bunyi serupa guruh, yaitu bunyi guguran material dari merapi. Teman yang tinggal tetanggaan dengan kost mengirim sms: “Titik, ngungsi ke mana?” Waduh, tu anak heboh betul ya.. Hehe.. Sy mah tenang-tenang saja dan berusaha menenangkan anak kost. “Aku gk ngungsi, cuma hujan abu kok. Yang penting sedia masker. Jangan keluar2 dulu deh, di luar masih deras hujan abunya, gk baik buat pernafasan.” Ternyata dia udah ngungsi ke selatan sana….. Wooo…..

Agak siangan sy ke depan, ngeliat jalan depan kost. Cukup tebal abunya. Anak-anak berangkat sekolah mengenakan masker. Jalanan tertutup salju kelabu’

 

harus mengenakan masker

jalan depan kost, Jl.Kaliurang Km.8

Jogja hujan abu pagi ini. Sampai berita ini diturunkan tulisan ini dibuat, hujan belum berhenti meskipun tidak sederas pagi tadi.

====

Jl. Kaliurang Km.8, 30 Okt 2010, 09.07 WIB

Advertisements

8 thoughts on “hujan abu

  1. bintang says:

    sabar ya jenk.
    kalo terlalu “mencekam” lebih baik ikut mengungsi ajah.
    semoga suasana cepat membaik.
    amin.
    ===
    ndak kok jeng..
    kostku jauh dari wilayah bahaya..
    masih cukup aman..
    hanya saja hujan abunya ini memang pekat, kalo di luar harus pake masker, itu saja..
    kalo mengungsi, ya memang tiap minggu mengungsi jeng, jadi ini juga ngungsi (baca: mudik) πŸ˜€

  2. mawi wijna says:

    saya menanti hujan lebat yang tak kunjung datang
    ===
    Jogja belum hujan ta Wij?
    Pantes tadi pagi sampai Jogja abunya masih betebaran… Tasku tam[ak bluwuk sesampainya di kost..
    Wates ke barat Sabtu sore dah hujan deras…

  3. harumhutan says:

    ttaaa..

    ikut prihatin ya 😦

    sekarang ini amsih waspada yaa..

    keep your health tha..
    ===
    makasih mb Wiend..
    Yust baik2 aja mb…
    status masih AWAS..
    barusan meletus lagi…
    mari doakan mereka yg di lereng merapi…
    sy sedih membayangkan mereka… 😦

  4. nh18 says:

    Semoga semua bisa kembali normal seperti semula

    Salam dan Doa saya Tik …
    ===
    Amin….
    Doakan saudara2 di lereng merapi ya Om…
    Juga di Mentawai, Wasior, Maluku (td pagi gempa)
    Semoga bumi segera menemukan keseimbangannya…

  5. Reva Lee Pane says:

    Tengah malam pas masih nongkrong di KFC karena kelaparan, seperti biasa aku buka-buka Twitter dan langsung heboh (plus parno) lihat twit-twit yg mengabarkan kondisi Jogja. Maka jadilah aku dan kakakku begadang semalaman melototin Twitter memantau kondisi Jogja, berhubung berita TV saat itu tak bisa dipercaya.

    Cemas euy, keluargaku kan’ di Jogja. Semoga keadaan tidak menjadi semakin parah. Amiinn.
    ===
    Jogja selatan masih aman mb…
    Cuma sabtu kemarin mmg hujan abunya rata…
    Tapi untuk daerah bahaya, kost sy di Jakal Km.8 blm termasuk daerah bahaya…
    Keluarga mb Jogjanya mana?

  6. anna says:

    yang penting …
    pake masker kan T..
    lagian berita di TV itu kan yang lebay..
    hujan abu kok dibilang awan panas… 😦
    ===
    kalo awan panas paling jauh 7km dari puncak merapi…
    gk sampai bawah kok…
    Tenang ya teman2, jangan panik… πŸ™‚

  7. Rismanto says:

    dulu sekitar tahun 2000an di Malang sering banget hujan abu…tapi mungkin gak separah jogja. kakek-nenek n family sy disana semua…semoga mereka baik2 saja…
    ===
    Amin….doakan Indonesia selalu…

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s