Keripik Jamur

Berapa waktu yang lalu teman sy main ke kost. Pas kebetulan cemilan yang ada di kost adalah keripik jamur. Jadilah obrolan kita diawali dari cerita seputar jamur. Obrolan berkembang ke mana2 dan keripik jamur seplastik pun habis sudah. Wah….ini anak doyan apa laper ya, hehe….

Sy jadi kepikiran untuk bikin sendiri. Waktu belanja kebutuhan bulanan, sy ambil satu wadah jamur tiram yg berwarna putih itu. Dengan semangat 45 sy berniat bikin keripik jamur. Tapi sayang disayang kesibukan membuat sy tidak sempat untuk memasak, apalagi yg sifatnya ‘rekreasi’ gitu. Jamur pun ngendon di kulkas beberapa lama.

Hari ini, depan kost dipasang tenda untuk acara nikahan tetangga kost. Jadilah sy tidak bisa ke mana2. Kebetulan sy tidak mudik krn mau jagong ke tetangga itu. Sy jadi punya kesempatan buat mengolah si jamur yang (belum) berjamur. Hehe….

Jujur, sy nggak ngerti sebenernya resep buat bikin keripik jamur itu apa. Sy cuma menduga-duga. Jadi begini cara sy:

Bahan:

  • Jamur tiram
  • Tepung terigu
  • Tepung beras
  • Garam
  • Penyedap rasa (jika perlu)

Cara membuat:

  • Jamur tiram disuwir-suwir (bahasa indonesianya apa ya?) lalu dicuci dan tiriskan.
  • Campur tepung terigu dan tepung beras (sy kemarin perbandingannya 1:1)
  • Tambahkan garam dan penyedap rasa (bila perlu)
  • Lumuri jamur dengan tepung lalu goreng

Jadi deh keripik jamurnya……

This is it keripik jamur ala chef  Tt 😀

krispi meskipun sudah dingin

dinikmati dengan segelas milo hangat....

Selain memang sy pengen bikin keripik jamur, postingan ini juga terinspirasi dari postingan bunda Tuti tentang jamur & postingan mb anna tentang sup krim brokoli (Liat deh, brokoli yg sy pake sebagai hiasan itu rencananya mau sy bikin sup krim brokoli ky yg mb anna buat, tapi karna gk sempat2 akhirnya si brokoli mengering sudah).

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuatnya?

Anda ingin mencobanya??? 😉

9 thoughts on “Keripik Jamur

  1. Sash says:

    eh saya penyuka jamur juga lho mbak, tapi belum pernah bikin jamur crispy, biasanya cuma di tumis aja,, besok-besok nyoba ah,, kelihatannya yummy, apalagi ditambah saus hmmmmm…
    ===
    ahay….betul tu Sash…buat penyuka saus pas banget tuh dicolek saus…

  2. tutinonka says:

    Hallo Titik …. saya baru akan percaya kripik jamur kreasi Titik bener-bener crispy kalau sudah membuktikan sendiri. Jadi, ditunggu kirimannya ya … setoples lho! (ha??)
    ===
    hehehe…..baiklah Bun…
    Kapan2 Tt bikinin…
    Kalo Bunda gk datang ke kost tt, berarti Tt nikmati sendiri deh…
    Hehehe….

  3. anna says:

    wah….
    asyik kalo pas sore2 minum coklat anget plus makan jamur crispy nya TT..
    kriuk2 dah….
    ===
    iya mb….crispy deh….
    apalagi dinikmati dengan misua tercinta…
    wahhhh…..bikin tambah cinta deh mb…
    xixixixi…

  4. Rachmatullah says:

    coba tanpa disuwir deh, bentuknya lebih bagus kaya paha ayam… 🙂
    ===
    wah…gk jadi keripik donk…
    tapi peyek itu namanya mas,,, 😀

  5. wi3nd says:

    hemm yumyyy…

    he he..

    kriuks kriuks yaa tha..wuuuu..kaya krupuks 🙂
    ===
    yummy mb wiend…
    ayu bikin….dinikmati dengan teh hangat waktu hujan2 dengan orang tersayang…
    wah….romantis pisan… 😀

  6. Pakde Cholik says:

    Kripik jamur memang enak untuk snack
    saya makan kripik jamur di resto bakmi naga di Plaza Surabaya…lho ternyata asyik je
    Kalau kripik sih makan pertama kali di Makkah he he he..jauh amat ya.

    Terima kasih resepnya
    salam hangat dari Surabaya
    ===
    wah…pakdhe..jauh banget mau makan kripik aja…
    mbok sini ke jogja maen kost Tt, ntar kubikinin kripik jamur yang yummy ituh…
    Hehehehe…

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s