Satu Tahun…. (sebuah giveaway)

Bulan Februari hampir berakhir, bulan Maret segera datang. Waktu begitu cepat berlalu ya? Apakah teman-teman merasakan hal yang sama? Masih ingat bukan, 1 tahun yang lalu adalah sebuah duka bagi Jepang. 11 Maret 2011, gempa berkekuatan 9SR yang diikuti tsunami mengguncang daerah Tohoku, menyebabkan hilangnya nyawa dan harta benda. Gempa dan tsunami juga menyebabkan bocornya reaktor nuklir Fukushima yang menyebabkan kekhawatiran bagi banyak pihak. Tak terkecuali kekhawatiran bagi keluarga dan rekan-rekan saya. Ya, karena sepuluh hari setelah kejadian itu adalah keberangkatan saya ke Jepang. Dua puluh Maret duaribu sebelas, saya melambaikan tangan pada Bapak dan saudara-saudara saya di bandara.

Bulan depan tanggal 11 adalah 1 tahun bencana Tohoku di Jepang. Bulan depan tanggal 21 adalah 1 tahun saya berada di Jepang. Mengenang kedua hal itu, saya bermaksud mengadakan giveaway kecil-kecilan. Dan ini adalah giveaway pertama saya. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut.

Kategori 1: Mengenang 1 tahun gempa Tohoku (non fiksi)

  1. Tuliskan artikel dengan tema: “mengenang 1 tahun gempa Tohoku”. Sertakan kata-kata motivasi atau semangat bagi saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di mana pun mereka berada.
  2. Tulisan tidak terlalu panjang, kira-kira 500 s.d. 1200 kata, menggunakan bahasa Indonesia yang baik, bukan bahasa gaul/4l4y, jika menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing harap ditulis miring (italic) dan disertakan terjemahannya.
  3. Akan dipilih tiga orang pemenang yang masing-masing akan mendapatkan buku ‘9 Magnitude’, kumpulan kisah inspiratif pasca bencana Jepang 2011. Salah satu kontributor buku ini adalah rekan kita Inga Fety.

Kategori 2: 1 tahun Tt berada di Jepang (fiksi)

  1. Tuliskan cerita mini/flash fiction dengan tema: “empat musim”.
  2. Panjang tulisan maksimal 600 kata, menggunakan bahasa Indonesia yang baik, bukan bahasa gaul/4l4y, jika menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing harap ditulis miring (italic) dan disertakan terjemahannya.
  3. Untuk kategori ini, teman-teman diharap menyertakan ilustrasi foto bertema “langit” hasil jepretan sendiri. Boleh berupa langit biru, awan, senja, fajar, pelangi, bulan, bintang, atau apapun yang penting tentang langit. Boleh diambil menggunakan kamera HP, kamera analog, kamera saku digital, DSLR, punya sendiri maupun pinjeman yang penting hasil jepretan sendiri.
  4. Akan dipilih 3 orang pemenang yang masing-masing mendapatkan buku “Suburban Love”, kumpulan cerpen karya sahabat saya Catastrova Prima.

Ketentuan Umum:

  1. Teman-teman yang ingin mengikuti giveaway ini harus memiliki blog, tulisan adalah hasil karya sendiri dan diunggah di blog sendiri.
  2. Tulisan tidak mengandung SARA dan tidak mengandung ilustrasi berupa wajah orang lain.
  3. Teman-teman boleh mengikuti kedua kategori, masing-masing kategori hanya boleh mengikutkan satu tulisan.
  4. Pada akhir tulisan, cantumkan keterangan “Tulisan ini diikutkan pada Giveaway Satu Tahun dari blog celoteh .:tt:. “. Pada tulisan ‘giveaway satu tahun’ tautkan pada postingan ini, sedangkan pada tulisan ‘celoteh .:tt:.’ tautkan pada blog ini.
  5. Teman-teman di luar Indonesia harus memiliki alamat di Indonesia.
  6. Karya teman-teman didaftarkan pada kolom komentar postingan ini dengan format:
    Nama          :
    URL             : (tautan harus hidup untuk memudahkan pencarian)
    Kategori    :
  7. Waktu pelaksanaan sampai dengan tanggal 20 Maret 2012 31 Maret 2012 pukul 23.59 WIB.
  8. Tanggal pengumuman akan diberitahukan kemudian.
  9. Karena ini merupakan giveaway solitaire dan sendiri, maka jurinya adalah saya sendiri 😀

Jadi begitu teman-teman. Silakan mengikuti giveaway kecil-kecilan ini.

Salam.

152 thoughts on “Satu Tahun…. (sebuah giveaway)

  1. Ngai says:

    mb T, mungkin ini akan menjadi flash fiction pertamanya Ngai
    haduwwhh berani gak ya..? 😀

    sukses kontesnya ya mb T..!

    Hihihi….berani donk.. Ayo Ngai, mb T tunggu ya… 🙂

  2. Monda says:

    ini yg buat ndredeg, fiksi ya … belum pernah buat … Pengen juga belajar demi Tt.
    Yg pilihan 1 , mudahan bisa ikut

    Asyiik.. BuMon mau berfiksi… Ditunggu ya Bun.. 🙂

  3. dey says:

    fiksi ? boleh gak ikut kategori 2 cuma majang foto doang .. hehehe. Saya punya banyak foto awan, bulan & pelangi, tapi nulis fiksi itunya lho …
    Tapi boleh juga nih dicoba .. semoga bisa.

    Waaa….asik asik…bakal dapat foto keren dari teh Dey nih… 🙂

  4. Orin says:

    aku ikut kategori 2-nya aj ya Tt chan hihihi…sik ta’ cari pangsit dulu 😀

    Teh Orin kudu wajib harus ikut.. 😀
    OK Teh, semoga pangsitnya segera mangkal depan rumah ya.. 😛

  5. nchie says:

    foto awan, langit, senja..buanyak..
    bikin cerita fiksi itu loh..
    piyee…ra iso..
    harus belajar dulu ma Orin..

    sukses ya Mba Tt kontesnya..

    Pilih yang jepretan sendiri lho Teh Nchie…
    Pasti keren2 deh hasil jepretan Teh Nchie dengan kamera hidung panjangnya 😀

    Amin..amin… Ikutan ya biar makin sukses 😀

  6. nia/mama ina says:

    wah ada giveaway…tp rasa2nya sulit kalo bikin fiksi hehehhe……tp mudah2an bisa ikutan…

    Pengen berbagi juga kaya mama Ina.. 🙂
    Kalau susah yang fiksi, ikut yang non fiksi Ma.. Hehe…
    Ditunggu partisipasinya ya Ma… 🙂

  7. Yati Rachmat says:

    Wah, shhhuushhhaaah…….pengetahuan umum nih! Kudu kutak-katik di Google! Mau coba ikutan yang shushah ini. Yang penting partisipasi ya, kan? Insya Allah bunda ikutan.

    Ndak syushaaah kok Bunda… 😀
    Terimakasih ya Bunda.. Tt tunggu pasrtisipasinya…

  8. nh18 says:

    Waduh …
    jujur … give awaynya lumayan susah nih …
    let see what I can do ya Tik

    salam saya

    Hehe…
    Jujur..saya jadi ketir2 ni Om..
    Pada bilang GA-nya susah..
    Ada yang ikutan gk ya?
    Hihihi…
    Let us see, Om 🙂

  9. necky says:

    aku nemenin mas bro aja ah….jagain di penitipan barang aja….ya lozz akbar?? aku melu sampean…

    Lah..Om Neck kok ikutan masbro.. Mbok ikutan GA-ku aja… 😀

  10. Wong cilik says:

    weit, GA-nya kok susah … 😀
    semoga ntar bisa ikutan …
    sukses u/ GA-nya …

    Pilih salah satu yg dirasa gk susah.
    Kalau gk biasa berfiksi, bisa bernon-fiksi. Begitu sebaliknya. Hehe..
    Semangat2!!

  11. Bibi Titi Teliti says:

    waduh?
    susah juga yak?
    gak ada kategori postingan curhat kaaaah?…hihihi…
    *selalu bikin postingan tak berbobot*

    *garuk2* napa pada bilang susah yak…
    Itu yang kategori 1 juga boleh curhatan kok.. Curhatan tentang perasaan ketika mendengar bencana gempa Jepang misalnya…
    Ayo Bi’..ikutan.. Hehe…

  12. Dhenok Habibie says:

    mbak, yang ilustrasi foto tentang langit itu, hanya langitnya doang kan?? gk ada kita di dalam foto, nggak masalah kan??

    Iya Dhe, hanya langitnya doang…
    Asyik..ikutan ya Dhe… 🙂

  13. omietha BunAff says:

    tt.. slmat ya First GA nya..sukses ya.. mg aku ikutan ya… *cari pangsit dulu hihihi…

    eh tt setelah tanggal 29 kopdar ya…hihi..ketemu blogger yg tinggal di jepang inih ceritanya 🙂

    Ayo BunAff ikutan…
    Hehehe… Iya Bun, ntar kopdaran ya 🙂

  14. Vyan RH says:

    Asiiikkk.. nduk Tt bikin giveaway… tapi aku ngga punya kamera piye?
    kalo hasil “jepretan karet gelang” boleh ngga, nduk????
    **critane abis ngejepret cicak 😀 😀

    • yustha tt says:

      Wa’alaikumsalam,
      Terimakasih mas Fajar, sudah ikut berpartisipasi.
      Sudah saya catat sebagai peserta.
      Mohon maaf jika terlambat (lama) dalam mengonfirmasi keikutsertaan mas Fajar.

      Salam.

Any comments?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s