Masak Yuk..

Eh? Gk salah ni Tt ngajaki masak? Udah bisa masak kamu sekarang T?

Aiiii…..tidak tidak tidak….!! Sy masih belum bisa masak. Teteup, seperti yg sy bilang di ‘8 things about me’ bahwa sy cuma bisa masak sop & oseng :D. Tapi sekarang sy lagi seneng-senengnya masak ni. Lagi belajar masak ceritanya. Hehe… Berhubung sy bisanya cuma sop & oseng, jadi yg sy masak juga cuma seputaran itu :D. Ky’nya perlu belajar atau nyontek resep dari dapurnya mb Nchie deh. Hihi… Diizinkan kan mama Olive? 😉

Nah, karna kemampuan sy memasak cuma sop & oseng, makanya sahabat sy kalo nanya bukan: “hari ini masak apa?” tapi “hari ini masak sop/oseng apa?”. Hihihi…..dasar! Kalo pas lagi malas atau gk ada waktu (cie..soksib), sy cuma goreng sesuatu & bikin salad. Cukup lah. Yang penting ada nasi, sayur, lauk, buah, dan minum :D. Lho? Kok bukan susu? Ah, 4 sehat aja udah cukup lah.. 😛

Btw, banyak hal yang bisa didapat dari memasak lho. Dengan memasak kita bisa mengatur sendiri kombinasi menu sesuai kebutuhan gizi kita. Dapet deh: kemampuan merencanakan. Setelah merencanakan menu masakan, kita akan mulai menyiapkan bahan-bahan, bumbu, dan sebagainya. Hey, kita dapat lagi: kemampuan meng-arrange (padanan bhs Indonesia paling tepat apa ya? Maksudku dari nentukan berapa banyaknya sampai siap jadi bahan yg siap dimasak, apa termasuk kemampuan merencanakan ya? haha…pokoknya itu lah..). Setelah itu, selama proses memasak, kita belajar berkesperimen. Tidak selalu kan kita saklek sesuai resep. Kadang kita melakukan modifikasi di sana-sini. Selain itu, kita juga bermain insting saat memasak. Kadang kala resep hanya menulis ‘garam secukupnya’. Nah, di sini insting kita mulai dimainkan. Lalu saat masakan telah matang, kita akan menyajikan masakan kita. Ahay…di sini kita mendapatkan kreativitas dan nilai estetika lho. Kita akan berpikir kreatif, bagaimana menyajikan hasil masakan kita supaya indah dan menarik untuk disantap. Hmm… Banyak ya yg bisa kita dapatkan dari memasak. Ini baru yang untuk kita, orang dewasa. Belajar memasak untuk anak-anak lebih banyak lagi manfaatnya. Baca sendiri ya… (dasar pemalas 😀 ) Di sini, di situ, di sana.

Mmm..mau lihat hasil masakan sy gk?! *enggaaaaaaaak!!!* Tapi sy maksa ah buat majang foto masakan sy… :mrgreen: *ya udah deh, sok atuh.. *

oseng cumi & cumi goreng tepung (serba cumi)

sop ikan & tumis udang brokoli

salad & udang goreng

Yuk masak…. Menyenangkan, banyak manfaat & irit juga lho… Hihihi… 🙂

.

Salam penuh rasa,

(uji coba signature dr Kilan)