hujan abu

Pagi-pagi pukul 2.30 ditarik (baca: dibangunkan paksa) anak kost dan dibawa keluar. “Lihat mbak!”. Dan woh….mobil di depan kost tertutup abu. Udara bau belerang dan tidak nyaman. Hujan abu masih lumayan ‘deras’ pagi itu. Teman yang ngungsi ke kost kami, jaketnya berabu. Padahal kostnya tak terlalu jauh dari kost kami.

 

diambil pkl. 3 pagi... Mobil tertutup abu

Kubuka internet dan ternyata benar, Merapi kembali memuntahkan awan panasnya. Abu vulkanik berhamburan hingga menutupi Jogja. Kunyalakan tv, berita dini hari itu pun penuh dengan info merapi. Kubuka facebook, teman-teman sudah mengupdate info seputar Merapi. Bunda Affan bahkan mendengar bunyi serupa guruh, yaitu bunyi guguran material dari merapi. Teman yang tinggal tetanggaan dengan kost mengirim sms: “Titik, ngungsi ke mana?” Waduh, tu anak heboh betul ya.. Hehe.. Sy mah tenang-tenang saja dan berusaha menenangkan anak kost. “Aku gk ngungsi, cuma hujan abu kok. Yang penting sedia masker. Jangan keluar2 dulu deh, di luar masih deras hujan abunya, gk baik buat pernafasan.” Ternyata dia udah ngungsi ke selatan sana….. Wooo…..

Agak siangan sy ke depan, ngeliat jalan depan kost. Cukup tebal abunya. Anak-anak berangkat sekolah mengenakan masker. Jalanan tertutup salju kelabu’

 

harus mengenakan masker

jalan depan kost, Jl.Kaliurang Km.8

Jogja hujan abu pagi ini. Sampai berita ini diturunkan tulisan ini dibuat, hujan belum berhenti meskipun tidak sederas pagi tadi.

====

Jl. Kaliurang Km.8, 30 Okt 2010, 09.07 WIB

10 kunci bahagia

Menurut teori psikologi, perempuan itu dikaruniai kemampuan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Istilah kerennya ‘multitasking’. Nah, berhubung kerjaan sedang banyak-banyaknya maka kemampuan tersebut harus dioptimalkan. 😀

Bagitulah yang terjadi pada suatu hari ketika diminta mengikuti workshop padahal masih harus menyelesaikan menulis bahan ajar. Hasilnya, telinga digunakan untuk mendengarkan fasilitator berbicara, mata, otak, dan tangan digunakan untuk mengerjakan bahan ajar. Eits, jangan salah, perempuan dikaruniai kemampuan ‘multitasking’, jadi tidak ada yg dikecilkan :D. Buktinya saat fasilitator berbicara, sy bisa menyahut, saat fasilitator bertanya, sy bisa menjawab :D. Caranya sediakan satu halaman kosong di lappy untuk mencatat hal-hal yang disampaikan fasilitator yang menurutmu penting. Nah, ini oleh-oleh dari fasilitator yang menurut sy PENTING, jadi sempat tercatat di halaman kosong tersebut :mrgreen:

This is it……

10 kunci bahagia:

  1. jangan khawatir
  2. jangan membiarkan ketakutan tak berlasan menguasai hidupmu
  3. jangan menyimpan dendam
  4. selesaikan masalah satu per satu
  5. semua masalah tidak perlu dibawa tidur
  6. jangan mencampuri masalah/urusan orang lain
  7. jangan hidup pada masa lalu
  8. jadilah pendengar yang baik
  9. jangan biarkan frustasi merusak dan mengatur hidupmu (kasihanilah dirimu lebih dari segalanya)
  10. hitunglah berkat/rahmatmu

Sebenernya masing-masing point itu ada penjelasannya, tapi tidak sempat sy catat dan sy juga tidak sempat meminta file-nya. Yang paling penting menurut sy adalah point terakhir: Hitunglah berkatmu. Karna kita tidak akan pernah sanggup menyelesaikan menghitung berkat yang sudah Tuhan berikan buat kita. Dengan menghitung berkat kita akan senantiasa bersyukur. Itulah yang membuat bahagia. Bahagia terletak pada hati yang bersyukur.

Sy juga pernah mendapat pesan yang bagus dari seorang teman: “bukan bahagia yang membuatmu bersyukur, tapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia.”

Selamat hari Kamis kawan, selamat hari Sumpah Pemuda. Sudahkah Anda bersyukur hari ini? 😉

duka indonesia

Laut dan gunung, air dan api, semua tunduk padaMu, wahai Penguasa Semesta

Jadilah kehendakMu
Ampunilah kami, umatMu yg berdosa ini
Tolonglah kami
Tiada daya diri kami tanpa pertolonganMu

===
Duka bagi korban gempa & tsunami di mentawai, banjir di jakarta, dan letusan merapi di jogja & jateng…

Mohon kepada bapak-ibu yg hendak ke yunani untuk menunda/membatalkan rencana tersebut mengingat situasi di indonesia sedang dalam keadaan berduka…

27102010-00.57

ni juu nana

sama bunda Affan & bu Rini

gk ikhlas kalo pada gk ikut foto.. 😀

ini maksudnya apa? Gk ada maksud apa2 selain upload foto… Hehehe…. Narsisssss… Teteup.. 😀

kuthi & cemi

Selamat hari Senin kawans, gimana hari ini? Semangat membara kan? Awal minggu gitu lho, harus semangat donk.. 🙂

Sy mau kasih oleh-oleh mudik kemarin ya. Boleh ya.. Boleh donk.. Kalo gk boleh, sy tetep maksa kok 😀

Setelah 2 kali weekend sy gk mudik karna berbagai kesibukan, akhirnya Sabtu ini sy paksakan untuk mudik. Sebegitu inginnya sy nonton Jogja Java Carnival pun, kalah oleh keinginan sy untuk pulang. Kumpul keluarga adalah hal paling menyenangkan.. 🙂

Ada penghuni baru di rumah, namanya Cemi. Waktu Lebaran kemarin, sudah datang penghuni baru, namanya Kuthi. Kuthi ditemukan ponakan2 di pinggir jalan, lalu dibawa pulang dan dirawat di rumah. Sekarang udah lumayan gedhe dia. Eh, beberapa waktu kemarin nemu lagi si Cemi dan dirawat lagi di rumah. Walhasil ada dua penghuni baru pas sy pulang kemarin.

Menurut cerita Bapak, tu berdua akur banget. Tapi si Kuthi suka nakal, suka ngambilin maemnya si Cemi. Dan si Cemi juga kaya’nya belum mudeng sama makan. Dikasih susu gk diminumnya, malah diserobot si Kuthi. DIkasih makan juga diserobot sama si Kuthi. Hmm..mungkin si Kuthi merasa lebih tua kali ya… Tapi kalo sore mereka bercanda-canda. Ngikuti aja kalo yg satu gk ada. Lucu deh… Ni dia salah satu kerukunan mereka…

si cemi towel2 si kuthi

bisa diikutin kontes Lagak & Lagu gk ya? Hahaha….kan tentang cinta kasih juga tuh… Xixixi….

Jauh

 

menunggumu di jauh sana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

J A U H

By: Coklat

Hari kulalui tanpa hadirmu lagi
Kucoba ingkari sepi ini
Mengapa terjadi, hancur kau akhiri
Satu kata janji tak kembali

Seribu tanya sesak di dada
Haruskah bimbang meraja
Lelah tepis harapanku
Sendiri mencari bayangmu

Reff :
Kutunggu dirimu
Selalu kutunggu
Walaupun kutahu
Kau jauh .. kutahu .. kau jauh

Foto ini diikutsertakan pada kontes Lagak dan Lagu di BlogCamp

##sebenernya pengen jadi ilustrasinya lagu “Kumenanti seorang kekasih”-nya Iwan Fals. Tapi ternyata dah dipakai peserta lain. Dan atas saran Pakdhe Cholik , supaya memilih lagu lain dari 23081950 lagu Indonesia yang ada. (Sy yakin, Pakdhe ndak pake riset ni. Nebak aja ya Dhe? Hehe…). Akhirnya terpilihlah lagu ini. Yang penting ada menanti2nya lah… Xixixi….

Sukses ya Pakdhe buat kontesnya….

Om NH, tt mau donk modemnya…. 😉