Pagi di Kampung Tembakau

Matahari sudah mulai meninggi pagi itu. Pukul 6 lebih sekian. Saya keluar dari rumah sahabat saya, rumah teduh di kaki gunung Sindoro, sebuah desa di kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Hamparan kebun tembakau di sekitarnya. Orang-orang mulai bergerak ke pasar meski pagi masih berkabut. Keluarga-keluarga mulai menjemur tembakau yang sudah digelar di rigen-rigen. Memang harus segera dijemur, karna sebelum pukul 14 siang nanti jemuran tembakau itu harus sudah diangkat, kalau tidak, menurunlah kualitas tembakaunya. Aktivitas di perkampungan penghasil tembakau telah dimulai.

matahari mulai meningi

matahari mulai meningi

suasana pagi berkabut

suasana pagi berkabut

menjemur tembakau

menjemur tembakau

jemuran tembakau berjajar-jajar di pinggir jalan

jemuran tembakau berjajar-jajar di pinggir jalan

kebun tembakau dan pemukiman yang tertutup kabut

kebun tembakau dan pemukiman yang tertutup kabut

anak-anak berjalan melalui pematang

anak-anak berjalan melalui pematang

mari jalan pagi, menghirup udara yang masih segar bebas polusi...

mari jalan pagi, menghirup udara yang masih segar bebas polusi…

kebun tembakau di kaki gunung sindoro

kebun tembakau di kaki gunung sindoro

ada pula sawah yang hijau membentang bagai permadani di kaki langit

ada pula sawah yang hijau membentang bagai permadani di kaki langit

Inilah pagi di desa Purbosari, kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Udara sejuk dan segar bikin saya betah lama-lama di sana. Pemandangan hijau dan suasana kampung yang akrab. Suatu saat kudatang lagi hai kampung nan asri….

Ikut meramaikan Turnamen Foto Perjalanan ke-34 dengan tema: Kampung di blog Berbagi Kisahku

Setentang pernikahan

20140120-123815.jpg

Aku tidak menikahimu karena engkau sempurna.
Aku menikahimu karena engkau memberikan janji kepadaku.
Janji itu menutupi kesalahan-kesalahanmu.
Dan janji yang kuberikan kepadamu menutupi kesalahan-kesalahanku.
Dua orang yang tidak sempurna menikah dan perjanjianlah yang menciptakan pernikahan itu.

[v]

Perempuan itu belum pernah kutemui sebelumnya. Kisah hidupnya pun tak banyak yang aku tahu. Aku hanya sering berinteraksi dengannya di jendela chatting Facebook, dan tentu saja, menikmati buah pikirnya di halaman blognya. Dia perempuan lembut yang kuat dan tegas, begitu yang kutangkap dari interaksiku melalui 2 media sosial itu. Mungkin aku tak sedekat sahabat2nya, tetapi aku membuncah bahagia ketika di hari ulang tahunku dia memberiku kejutan, sebuah kabar tentang keputusan hidup yang besar. Menikah. Dan aku ingin ada di sana, menyaksikan penyatuan dua manusia dalam ikatan pernikahan.

Selamat atas pernikahannya Bundo/eMak/LJ/Bening.. Aku tidak membawa kado, hanya doa seperti yang pernah kubaca di halaman terakhir buku doa harian kalian. Semoga Tuhan mengabulkan.

LJs wedding.jpg

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah terkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru di jalan-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya, ya Allah, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak akan pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu, hidupkanlah dengan marifah-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Amin.”

***

Love you always,

Tt-Bundo.jpg

Ekspresikan dirimu!! Narsis maksimal di DeMata XTSquare Jogja

Ada satu tempat hiburan lagi yang bisa dikunjungi kalau kamu ke dJogja. Namanya museum DeMata. Di sana ada banyak lukisan 3 dimensi (3D) yang bisa kamu ajak berfoto dengan ekspresi yang kamu mau. Mau berfoto di depan tulisan Jl. Malioboro? Kalau di tempat aslinya kamu harus antri lama karna banyaknya orang yang pengen berfoto di sana, di DeMata kamu bisa berfoto tanpa perlu antri lama. Atau…mau sowan kanjeng sinuhun Sri Sultan Hamengkubuwana X? Bisa… Nanti kamu bakal dikasih souvenir bunga cantik dari beliau. Ada Tamansari juga di DeMata. Mmm…foto-foto 3D lainnya masih banyaaak…

Trus, museum DeMata itu ada di mana sih?

Museum DeMata itu ada di XTSquare, mall baru ex terminal Umbulharjo Jogja. Letaknya di lantai bawah. Museum DeMata mulai dibuka tanggal 22 Desember 2013 kemarin. Harga tiket masuknya Rp50.000,- tetapi karna baru aja opening, harga tiketnya discount 50%, jadi cuma Rp25000,- lho. So, buruan ke sana..

Ini alamat & link map buat ke sana..
XT Square
Jl. Veteran, Pandean, Umbulharjo, Yogyakarta, Yogyakarta 55163
http://goo.gl/maps/moHPf

Mau lihat serunya saya waktu di sana? Mau donk.. Kalau gak mau pun, saya tetap pajang kok, xixixi….

mumpung gak antre, foto depan tulisan Jl. Malioboro

mumpung gak antre, foto depan tulisan Jl. Malioboro

Nuwun sewu, Sinuhun. Nderek foto-foto wonten mriki... (Permisi, Paduka. Minta izin foto-foto di sini..) Ya Nduk, iki takparingi kembang arum. (ya Nak, ini kuberi bunga wangi)

Nuwun sewu, Sinuhun. Nderek foto-foto wonten mriki…
(Permisi, Paduka. Minta izin foto-foto di sini..)
Ya Nduk, iki takparingi kembang arum. (ya Nak, ini kuberi bunga wangi)

Aw..aw...tadi dikasih bunga Baginda Raja, ee sekarang ada pria (gak begitu ganteng sebenernya) yg ngasih bunga juga... Tetap aja berbunga-bunga...

Aw..aw…tadi dikasih bunga Baginda Raja, ee sekarang ada pria (gak begitu ganteng sih sebenernya) yg ngasih bunga juga… Tetap aja berbunga-bunga…

mau ke mana Nduk? Mau ke negeri di awan, Pakdhe.. ^_^

mau ke mana Nduk?
Mau ke negeri di awan, Pakdhe.. ^_^

Opo kang dadi panjalukanmu, bakal takturuti.... thok..thok..thok...

Opo kang dadi panjalukanmu, bakal takturuti…. thok..thok..thok…
–> orang Jawa gak mudeng wayang, hiks 😦 

narsis di Tamansari dulu... (12 th di Jogja belum pernah ke Tamansari)

narsis di Tamansari dulu… (12 th di Jogja belum pernah ke Tamansari)

hati-hati teman-temaaan... (sayang lipetannya dindingnya keliatan yak..hiks...)

hati-hati teman-temaaan… (sayang lipetannya dindingnya keliatan yak..hiks…)

traveling pake permadani terbang...jangan lupa update status, instagram, twitter, n ngeblog... hahaha....

traveling pake permadani terbang…jangan lupa update status, instagram, twitter, n ngeblog… hahaha….

Hwaaa...ada paman jin!! Hohoho...kuberi kau 3 permintaan...

Hwaaa…ada Paman Jin!!
Hohoho…kuberi kau 3 permintaan…
Lha kok malah kamu yang minta to, Paman Jin?

bercengkerama dengan makhluk2 indah di lautan..

bercengkerama dengan makhluk2 indah di lautan..

Hap!! Loncat Tiger!!

Hap!! Loncat Tiger!!

uncalin makanan buat Jeri... Jeripah :D

uncalin makanan buat Jeri… Jeripah 😀

Come sweety..jangan takut, mereka teman-temanmu kok meskipun wajahnya sangar..tapi sangar imut kok... :)

Come sweety..jangan takut, mereka teman-temanmu kok meskipun wajahnya sangar..tapi sangar imut kok… 🙂

Lu pikir gw takut sama mulut buaya lu?

Lu pikir gw takut sama mulut buaya lu?

Ini dia fotograferku selama jalan2 di DeMata... Udah ya Mr.Bean, aku capek... Pulang yuk...

Ini dia fotograferku selama jalan2 di DeMata… Keren kan? 😉
Udah ya Mr.Bean, aku capek… Pulang yuk…

Heuheu…gimana? Menarik kan? Semua foto di atas diambil dengan kamera handphone iPhone 5. Mau bawa kamera yang lebih prof, ternyata dipinjam temannya ponakan. Tapi cukuplah untuk ukuran foto narsis ala saya :). Jangan lupa dicharge sampai full handphone atau kameranya. Bawa power bank juga kalo perlu, hehe…

Selamat mencari jadwal untuk main-main ke sana yaa…

Salam 3D!! ^_^

The power of giving..

Take and give? Nope. First is give. Give. And leave it. Give. And forget it. Don’t expect to get something by giving. Just give.

Minggu yang lalu ketika sedang ibadah di gereja, bapak pendeta menunjukkan sebuah video dari Thailand yang sangat menyentuh hati saya. Kita tahu, Thai advertisement memang dibuat dengan profesional dan sarat pesan. Dan video yang ditunjukkan itu pun memberikan pesan pada kita tentang kekuatan dari memberi. Sepertinya itu kisah nyata seorang dokter di Thailand. Saat menyimaknya di gedung gereja, air mata haru tak mampu dibendung. Bahkan ketika akhirnya mencarinya di youtube dan menontonnya lagi, air mata masih menyembul.

Silakan simak video singkat itu melalui link berikut ini:

Memberi adalah bahasa kasih yang terbaik. Tak perlu mengharap balasan dari apa yang kita lakukan. Biarkan alam yang melakukannya. Bagian kita adalah melakukan yang terbaik, memberi yang terbaik dengan tulus, tanpa mengharap balasan. Apa yang kita lakukan saat ini adalah benih, alam akan merawatnya dan kita akan menuainya suatu saat nanti, entah dengan cara bagaimana Tuhan melakukannya. Jika kita menabur kebaikan, kita akan menuai kebaikan pula. Tetapi jika sebaliknya, maka sebaliknya juga yang akan kita tuai. Demikianlah masa depan. Masa depan kita ditentukan oleh apa yang kita lakukan saat ini.

Mari pandang impian kita jauh ke depan, lalu bersikap dan bertindaklah sesuai impian kita, karna masa depan kita tergantung pada apa yang kita lakukan sekarang.

SELAMAT TAHUN BARU 2014.
Tuhan beserta kita.

Cinta tanpa akhir…

Treeet..treeett….handphone-ku bergetar pagi subuh ini. Bukan bunyi alarm, karna biasanya alarm kuset pukul 5 pagi. Ini masih 30 menit sebelumnya. Kuraih handphone dan kulihat nama “my lovely son” di layar. Anak laki-lakiku. Satu pesan dikirimkannya. Kubuka dan hatiku berdesir.

Selamat hari ibu, Ma.. Semoga Mama dikaruniai kebahagiaan dari Yang Kuasa. Maafkan kakak belum bisa menjadi anak yang baik buat Mama.. Kami sayang Mama..

Ada yang tergenang di pelupuk mata. Ah, kak.. Mama yang minta maaf tak bisa menjadi ibu yang baik untukmu. Tapi sungguh, Mama sangat menyayangimu, tak bisa Mama jelaskan seperti apa. Terkadang Mama pun berasa bersalah. Saat kamu masih bayi, Mama hanya bisa bersamamu penuh 2 bulan lamanya. Setelah itu waktu Mama tak sepenuhnya untukmu lagi. Mama membagi waktu mama untuk rumah dan kantor. Tapi Nak, mama tak pernah membagi hati mama, hati mama sepenuhnya untuk keluarga, untukmu. Mama inginkan kamu tumbuh sehat seperti anak-anak lainnya, mama ingin di tubuhmu mengalir kasih sayang mama melalui air susu mama. Maafkan mama jika seringkali asi mama harus kauminum melalui punting karet, bukan dari punting mama sendiri. Mama juga tak selalu bisa mengganti popokmu ketika mama sedang di kantor. Mama sedih, nak. Terlebih sedih ketika mama tak bisa menjadi yang pertama melihatmu bisa berdiri, berjalan, atau bernyanyi. Kau tahu Nak, mama sering juga cemburu pada mbak Nany yang bantu mama mengasuhmu.  Dia yang seringkali menjadi orang pertama yang melihat momen-momen berharga itu. Mama sering juga takut kamu lebih dekat padanya daripada mama. Tapi aliran darah dan kasih sayang mama padamu tak sanggup memisahkanmu dari mama.

Mama ingat saat kamu beranjak remaja. Kamu tak mau lagi mama cium setelah memberi salam saat berangkat sekolah. Mama sedih, tapi mama juga tahu, akan ada masa itu. Dan mama pun bahagia karna artinya kamu telah beranjak remaja. Pun ketika akhirnya kamu harus meninggalkan rumah untuk kuliah di luar kota. Mama bangga padamu Nak, kamu berhasil melanjutkan ke universitas yang kamu inginkan. Doa mama selalu mama panjatkan untukmu. Mama selalu berpesan padamu untuk fokus pada kuliahmu dan tidak mengecewakan mama. Tapi ketika di akhir masa kulaihmu kamu pulang dengan kekasihmu, dengan wajah sendu, hingga pengakuanmu tentang janin di rahim kekasihmu, mama lemas nak.. Mama kecewa, mama sedih, mama marah, sekaligus mama merasa gagal menjadi orang tua. Mama hanya bisa menangis dan menangis saat itu. Mama malu pada masyarakat, mama marah padamu. Tapi nak, mama tak pernah membencimu. Selepas kemarahan mama malam itu, dan kepergianmu dari rumah karna permintaan mama, mama terus memikirkanmu. Mama memikirkan anak di perut kekasihmu. Mama memikirkan kekasihmu, perempuan yang sebentar lagi akan menjadi ibu, sama seperti mama. Mama mencarimu, sesungguhnya mama tak pernah benar-benar mengusirmu, mama hanya sedang marah. Nak….mama tak ingin melepaskan pelukan mama ketika kamu datang lagi menyampaikan penyesalan dan permintaan maafmu. Mama sudah terlalu bahagia menerima kepulanganmu. Mama memohonkan ampunan Tuhan atas kesalahanmu, dan mari kita mempertanggungjawabkan kesalahanmu di dunia. Biarlah Tuhan yang memberikan balasan sesuai kasih karuniaNya.

Mata mama berlinangan ketika akhirnya kamu menikah dengan kekasihmu, menantu mama, anak mama. Biarlah orang di luar menjudge kamu seperti apa, tapi mama tetap menyayangimu, kamu tetaplah anak mama. Semoga Tuhan menerima permohonan maaf kita & mengampuni kita, hingga merestui pernikahan ini. Cucu mama tidak pernah tahu dengan cara seperti apa dia dibentuk, dengan cara yang salah ataukah halal. Apapun, dia tetaplah makhluk kecil yang tidak berdosa. Mama pun menyayanginya.

Kini kalian telah hidup bahagia. Mama takputus berdoa untuk kalian. Maafkan mama tak bisa menjadi ibu yang baik untukmu. Terima kasih telah mengajari mama banyak hal. Terima kasih telah menjadi cahaya bagi hidup mama, apapun adanya dirimu.

Kuusap air mata yang ternyata sudah menderas di pipiku. Kuketik balasan untuk pesan dari putraku.

Terima kasih, Syg… Mama selalu menyayangimu.. Doa mama untukmu. Salam untuk Kinar dan istrimu..

Sesaat kemudian aku teringat Ibu…

***

BannerHariIbuKEB_zps8670007d

2013

Image

2013 itu… my year with a complete moment…
Ada kerja keras menyelesaikan tugas akhir..
Galau meninggalkan Jepang sekaligus excited menyambut kepulangan ke Indonesia..
Rasa deg-degan ketika sidang tesis..
Menyambut kehadiran Bapak ke Jepang..
Wisuda..
Kembali ke Indonesia…
Pertemuan…
Ujian perasaan…
Perpisahan…
Hidup baru…

Ah ya, jangan lupa BB mencapai 50kg tahun ini, berjibaku dgn kuri***** hingga merosot jadi 47, naik turun BB akibat pekerjaan dan….perasaan 😀

2013… Memasuki usia kepala 3..

Yes, 2013 is a year with full moment, feeling, surprise, miracle, all that taught me about life…
Thank God..

2013 is about to end..

Kotoshi iro iro osewani narimashita, arigatou gozaimashita. Rai nen mo, yoroshiku onegaishimasu. Yoi o toshi wo o mukae kudasai. ^_^

 

***

Sumringah….

(Akhirnya) Mengikuti Kopdar Blogger Nusantara 2013 adalah kebahagian bagi saya. Bagaimana tidak, bertemu dengan sahabat-sahabat yang sudah sering berhaha-hihi di dunia maya, akhirnya bisa bertemu muka, salaman, cipika-cipiki, bisa nyolek, nyubit, nabok, …lho, jadi anarkis…Hihihi… Dan kebahagiaan saya itu terpancar nyata bukan fatamorgana dari ekspresi saya yang sumringah di setiap foto yang diambil. Saya sendiri saja gemes liat saya sendiri yang sumringah gitu. Ikut sumringah jadinya… Halaaaah….mbulet….

Trus mas Slamet Tux nanya: mana to ekspresi sumringahmu itu??

Ni lho mas… Cek..cek…

sumringah ketemu blogger idola

sumringah ketemu blogger idola

sumringah ketemu mb Esti setelah 4 tahun gak ketemu,,,

sumringah ketemu mb Esti setelah 4 tahun gak ketemu,,,

sumringah with mb Esti n mb Anna (courtesy: Om Nh)

sumringah with mb Esti n mb Anna (courtesy: Om Nh)

sumringah bareng jeung Melly, Bang Aswi, & jeung Niar

sumringah bareng jeung Melly, Bang Aswi, & jeung Niar

sumringah bareng Mimi

sumringah bareng Mimi

sumringah with Cheila si guru kecil..

sumringah with Cheila si guru kecil..

sumringah courtesy mb Susi

sumringah with Warung Blogger members (courtesy: mb Susindra)

Sumringah kan, kan, kan??? 😀

#terpampang_nyata_bukan_fatamorgana
#keceriaan_blogger_di_kopdar_blogger_nusantara_2013

Foto ini diikutsertakan dalam kontes Ekspresi Blogger Nusantara 2013 by SlameTux