Kembaran Ibu

Saat diumumkan kalau hari Senin, 31 Agustus 2015 harus mengenakan pakaian Jawa Jogja, saya kebingungan karna belum punya. Pas ulang tahun Jogja bulan Maret lalu, saya pas dinas luar, jadi tidak ikut mengenakan baju tradisional Jawa. Karna diumumkan hari Jumat, dan hari Sabtu (seperti biasa) saya mudik, akhirnya saya kontak ponakan di rumah supaya nyariin baju mbah Uti (baju Ibuk) yang model tangkepan. Hasil seraching-nya menunjukkan kebaya-kebaya yang dipunyai Ibuk kebanyakan kebaya kutu baru. Hikssss…..bagaimana inih??

Akhirnya pas saya sampai rumah ubek2 lagi dan nemu satu kebaya warna PINK yang modelnya tangkepan! Puji Tuhan….. Minggu sore balik Jogja, jahit bagian yang sobek (karna udah lama ya jadi ada luka-luka dikit), kemudian dicuci. Besok paginya siap dikenakan untuk mangayubagya hari Keistimewaan Yogyakarta. Pas sampai pada tatanan rambut, upsss…..ini rambut seuprit mau digimanain ini??? Untung masih punya sisa hairspray pas ke Malay dulu, jadi tanpa latihan langsung sasak rambut pakai sisir biasa, semprot hairspray dan bawa rambut ke belakang. Jepit rambut seuprit di belakang dengan jepitan berpita. Taraaa….dari depan mirip sanggulan. Dari belakang mah, kuciran 😆 . Dan sebelum masa aktif hairspray habis, foto dulu donk 😀

mom duplicate

sebelum berangkat kantor

di meja kantor

di meja kantor…tak lupa Boci menemani 😀

IMG_0035

bersama teman-teman kantor…. hairspray sudah mulai kehilangan masa aktifnya (rambutnya dah mulai mbelah 😀 )

Trus, pas ponakan liat foto-foto saya, dia bilang: “mbak Tanti mirip mbah Utiiiii”!!

O yes, i am your duplicate, Mom ❤

Keistimewaan

Boci: “Bun iBun….”

iBun: “ya, Boci, ada apa?”

Boci: “Kok iBun ke kantor pake baju kaya gitu?”

iBun: “Iya, Boci.. Ini namanya kebaya tangkepan, baju tradisional Jogja.”

Boci: “Kenapa iBun pakai baju tradisional Jogja?”

” 🙂 Hari ini negeri Ngayogyakarta Haniningrat memperingati disahkannya Undang-Undang No. 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. Makanya, hari ini seluruh pegawai di DIY mengenakan baju tradisional Jogja.”

“Ooo…gitu ya, Bun?”

“Iya, Boci.. Dan penggunaan pakaian tradisional Jogja ini juga ada aturannya. Model apa yang boleh dipakai, motif apa, bagaimana cara memakainya, semua ada caranya, Boci.”

“Wah…. Boci belum tau, iBun.. Gimana itu, Bun?”

“Nih, Boci baca dulu ya, Peraturan Gubernur DIY No. 87 tahun 2014 tentang Penggunaan Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta bagi Pegawai pada Hari Tertentu di Daerah Istimewa Yogyakarta.”

“Ok, iBun!! Selamat bekerja, iBunku yang cantik!”

“Halah, kamu itu… Makasih, Boci 🙂 “

 ***

Selang beberapa saat.

“iBuuuun!!”

“Eh, ada apa Boci, heboh bener?”

“Kok iBun gak pakai sanggul tekuk?”

“Sssttt….iBun gak bisa bikinnya, rambut iBun puendek. Ini juga udah mirip lah, Boci. 🙂 “

“Wooo…iBun..iBun…”