Origami Kubus (sambil nunggu Belanda-Uruguay)

Berhubung tadi mandinya kemalaman, makannya kemalaman, akhirnya belum bisa tidur. Padahal rencananya mau tidur dulu untuk bangun lagi dini hari nanti. Buat apa? Semifinal Piala Dunia bung! :DNah, sambil mengisi waktu, iseng-iseng sy ambil kertas origami dan bermain-main dengan dia. Kalau biasanya bikin origami burung, kali ini ganti ah, bikin origami kubus. Mau ikutan bikin? Yuk… 

Gini langkah-langkahnya:   

1. Ada berapa sisi kubus? Yup! Karena kubus memiliki 6 sisi maka kita sediakan 6 buah kertas origami. Lebih bagus kalau warnanya beragam. 

6 kertas origami (persegi)

2. Lipat masing-masing kertas menjadi dua seperti gambar ini.

  

3. Kita akan membuat persegi dengan melipat sisi-sisinya ke tengah seperti ini: 

membuat persegi

 

4. Lakukan untuk semua kertas. Hasilnya seperti ini.   

6 sisi kubus yang siap dirangkai

 

5. Sekarang kita rangkaikan sisi-sisi kubus di atas dengan menyisipkan ‘sayapnya’ ke ‘badannya’.   

 

 

Satu…dua…tiga…taraaaaa……….. 

origami kubus sudah jadi 🙂

 

this is it origami kubus buatan tt 😀

Gimana? Mudah bukan untuk membuatnya? Bisa diajarkan ke adik-adik kita, supaya mereka bisa ‘mengalami’ sendiri dalam belajar bangun ruang  sehingga mereka punya pengalaman belajar dan bisa senang dengan matematika. 

Kalau gambarnya gk bagus harap dimaklumi karna itu diambil dengan Hp Si Noki yang kemairn habis terjun bebas ke aspal dan lompat ke kubangan di pinggir jalan. Tapi bersyukur dia sudah sembuh. Buktinya bisa digunakan untuk berbagi kubus origami 🙂

Kalau gambar2 jepretan si Noki masih belum jelas, bisa liat videonya di sini.

Ya, itu iseng-iseng sy malam ini. Ditambah untuk upload postingan ini sekarang sy sampai di pukul 23.31, masih ada 2 jam lagi sampai Belanda-Uruguay main. Baiknya tidur dulu atau mbablas aja ya???