Mengejar Prameks..

Ini cerita Mengejar Prameks edisi 2. Soalnya sudah 2 kali sy kena kejadian ngejar kereta. Yang pertama udah lama, 2 tahun yll. Sy ceritakan di sini.  Nah, ternyata beberapa waktu lalu sy mengalaminya lagi.  Haha… Tapi mengejar prameks yang sekarang lebih seru, karna sy bolak-balik Jogja-Kutoarjo-Jogja dalam 2 jam. 😀 Kok bisa?!

Jadi begini ceritanya. (ditulis 30 November 2010)

Pasca letusan Merapi 5 November lalu, sy mengemasi semua dokumen sy dan mengungsikannya ke rumah Purworejo. Dokumen2 itu lebih penting dari nyawa (lho??). Lha nyatanya dokumennya diungsikan sementara sy tetap di sini. Hehe… Nah, seingat saya ada berkas yg tidak sy masukkan ke dokumen keeper karna tidak muat. Tapi sy lupa, apakah dokumen-dokumen itu ikut sy ungsikan meskipun tidak masuk dokumen keeper, atau tidak.

Semalam sy mencari-cari sebuah buku bersampul kuning yang akan sy bawa untuk tugas ke Jakarta tanggal 1 Des nanti. Buku itu penting banget. Sy ingatnya buku itu masih di amplop coklat. Tapi waktu sy ambil amplop itu, ternyata tidak ada isinya. Doh! Seketika kepanikan melanda. Sy ambil stopmap tempat berkas-berkas penyertanya. Dan ternyata stopmap itu pun sudah kosong. Yah. Ingat lah sy. Dokumen2 itu ikut sy bawa pulang meskipun tidak masuk dokumen keeper. Ya, mereka sy masukkan stopmap plastik berwarna putih. Untuk memastikan, sy menelepon Bapak. Dan setelah dicari ternyata benar. Buku kuning dll itu ada di rumah. Sy sudah tidak punya waktu lagi karna besok sore sy sudah harus berangkat. Jadi, besok pagi harus sy ambil di rumah dokumen2 itu. Lho, besok kan harus ngantor! Pake cara donk!

Pagi2 pukul 3.45 sy bangun. Cuci muka sikat gigi dan melaju ke stasiun Tugu. Menurut jadwal yg sy punya, Prameks Jogja-Kutoarjo berangkat pkl.04.45. Pukul 04.00 sy berangkat. Sampai stasiun pukul 04.18an. Sy parkir motor dan berjalan menuju stasiun. Di tengah sy berjalan terdengar pengumuman bahwa Prameks jurusan Kutoarjo akan segera diberangkatkan tepat pukul 04.20. Lho?? Seketika sy langsung berlariiiiii….. kencang… kencang… kencang…. tukang ojek di depan menyemangati: cepet mbaaak…langsung ke kanaaaan…! Sy lewati loket pembelian tiket, peron, begitu masuk ..terlihat pintu prameks sudah tertutup, prameks sudah mulai berjalan… Sy tetap berlari sambil melambai2. Petugas stasiun yg tadi mengumumkan kereta segera berangkat entah bilang apa. Tapi kemudian pintu prameks kembali dibuka dan prameks berhenti. Puji Tuhan……….. sy langsung masuk dan duduk sambil ngos2an. Huft…..terimakasih Pak….

Sepi sekali prameks subuh ini. Beberapa penumpang yg ada memilih posisi tidur. Sy menaikkan kaki, slonjor di pojokan. Betis dan pantat rasanya pegel, maklum tadi sprint tanpa pemanasan. Sy pijit2 sambil ngos2an dan ketawa-ketawa sendiri. Geli. Lucu. Bodoh. Pak kondektur datang. Hehe..sy gk punya tiket. Tapi pak kondekturnya ternyata ngerti. Dia bilang: gk sempat beli tiket ya? Hehe…iya Pak. Bayar di sini boleh? Dan ternyata boleh. Puji Tuhan…

Oiya, sy sudah minta tolong kakak sy untuk ambil dokumen yg sy perlukan itu dan mengantar ke stasiun Kutoarjo sekitar pukul setengah 6. Sampai stasiun Kutoarjo kakak sy sudah siap dengan 1 tas dokumen dan 1 lembar tiket balik ke Jogja. Tak perlu lama-lama, sy turun, mengambil dokumen lalu naik ke prameks lagi untuk balik ke Jogja. (Makasih ya mbak udah pagi2 ambil berkas di rumah dan nganter ke stasiun).  Kalau berangkat tadi kereta sepi, ternyata baliknya kereta penuh. Orang-orang penglaju berangkat kerja. Hmm..banyak juga ternyata. Sy msh memilih tempat duduk di pojok, supaya bisa sandaran sambil liat luar. Pas pak kondektur periksa karcis, dia kaget: “Lho, kok mbalik neh, mbak?” Hehe…. Iya Pak, cuma ambil ini. Dan sekarang sy sudah punya tiket, Pak. 😀

Jadi pagi itu sy melakukan perjalanan Jogja-Kutoarjo-Jogja dalam 2 jam. Hihihi….lucu juga kalo diinget. Dasar Tt bodoh. Wkwkwkwk….:D

Pesan moralnya: selalu update jadwal terbaru kereta. Hihi….. 🙂