Belajar dari Kehilangan

Ketika kita kehilangan sesuatu pastilah kita merasa sedih. Apalagi jika sesuatu itu sangat berharga dan kita sayangi. Contohlah ketika sy bersedih hati kehilangan pensil kesayangan sy, sampai2 sy posting di sini untuk mengenangnya. Tapi meratapi kehilangan terlalu lama tidak akan menjadikan yang hilang itu kembali. Jika ingin ia kembali, maka kita harus mencari. Meski terkadang yang kita temukan bukanlah dia yang hilang itu, tapi dia yang lain yang menggantikan yang hilang itu. Peristiwa kehilangan itu akan menjadi berharga jika kita mau belajar darinya. Meratapi tanpa belajar tidak akan menghasilkan apa2 kecuali air mata dan kesedihan. :)

Ya sudah, tidak usah panjang lebar pengantarnya. Sy mau bercerita tentang kisah di balik rajutan sy. Begini ceritanya. *duduk manis ya anak2, eyang mau ndongeng*

Adalah sahabat baik sy, mb Rina, yang wajahnya mirip dengan sy, dia yang sering berbagi suka duka dengan sy, dia yang sering keluar makan siang bareng sy, dia yang sedih ketika sy hendak berangkat ke Jepang. Suaminya malah yang bilang: “Nanti kalau Titik ke Jepang, kamu sama siapa Ma?”. Weleh. Pas nyeritain apa yang dibilang suaminya itu, dia masih ketawa-ketawa. Tapi pas dia sendiri yang bilang, via sms: “Gi ngapain? Sibuk ngepak2 ya? Hiks. Kok aku jadi sedih yo :(” sy meleleh tiada tara. Hiks… Sy juga sedih mb ninggalin kamu. Tapi waktu itu sy bilang (sok tegar gitu deh): “kan masih ada mas x, mb y, dan temen2 yang lain. Dan msh ada ym, fb, tenang aja aku gk ke mana2…”. Sy sayang sama dia, seperti dia juga sayang sm sy. Ah…jadi melting lagi nih… :(

Mb Rina memberi sy kenang-kenangan berupa syal yang merupakan hasil karyanya sendiri untuk sy pakai di musim dingin di Jepang. Waktu sy tiba di Jepang cuaca memang masih dingin. Sy senang bukan main. Mb Rina juga pemula dalam dunia rajut merajut, dan dia belajar dari youtube. Tapi hasil karyanya sudah ok punya lho dan warnanya coklat, cantik, sy memang suka warna coklat. Sy pakai selama di Osaka. Benar-benar sesuai kebutuhan mb ‘oleh2mu’ ini. Berjuta terimakasih ya.. :)

sy memakai syal dari mb Rina

Sy memakainya setiap hari, ke mana sy keluar, pasti sy pakai. Maklum cuaca benar2 dingin saat itu, 7-9 derajat gitu, hidung sy sampai merah ky tomat. Hehe… Seminggu sy di Osaka untuk orientasi umum, lalu sy berangkat ke Naruto, Tokushima tempat sy belajar. Dari Osaka ke Naruto kami naik bus. Sy tidur di bus, sampai tiba-tiba kami sudah sampai di pemberhentian bus di Naruto. Sy dibangunkan kawan sy dan agak terburu-buru menurunkan barang-barang sy. Setelah turun dan bus melaju sy merasakan ‘semribit’ di leher sy. “Syalkuu!!” teriak hati sy saat itu. Sy cek di tas yg sy bawa, syal tidak ada di sana. Ah….jatuh lah dia di bus :cry:. Sesampai di tempat penginapan sy sms (sms apa telpon ya, sy lupa) kawan sy sambil mewek :”syal yg dari mb Rina jatuh di bus. hu hu hu..”. Sy sedih banget. Sy sms mb Rina, minta maaf sudah menghilangkan kenang2an darinya. Sambil nangis tu sms-nya :(. Sama mb Rina dibalas: “ya udah gk papa, besok bikin lagi, malah jadi ada alasan buat belanja benang lagi. Lagipula kan udah ada fotonya.” Holoh…mb Rina ini…akunya sedih beneran, dianya nyantai aja.

Dari kejadian itu, sy kemudian bertekad: “sy mau bikin syal seperti yang mb Rina kasih. Mb Rina membuatnya dengan sepenuh hati dan memerlukan waktu yang lama, tapi dengan mudahnya km hilangkan. Coba kamu rasakan bagaimana panjangnya proses membuat syal itu”. Dengan tekad itu, sy mulai search ‘how to knit’ di google dan youtube. Berdasarkan info yang sy dapat itu, sy beli peralatan merajut (hehe..cuma needle sama benang aja ding :P). Pertama sy beli jarum yang dari bambu dan benang berwarna coklat. Tapi ternyata benangnya kebesaran dan needle dari bambu agak seret, tidak licin. Lalu setelah jadi 10 cm, sy belanja lagi needle yang dari logam dan benang yang lebih kecil. Lebih licin dan lebih manis hasilnya. Di awal-awal kuliah, waktu tugas belum banyak, sy masih bisa mengerjakannya. Tapi waktu tugas mulai banyak, sy jadi menelantarkannya dan dengan nyamannya rajutan sy ini tersimpan di laci. Baru kemarin, ketika tema weekly photo challenge tentang textured dan sy meng-upload foto rajutan sy, sy mulai melanjutkan lagi.

Sebagai pemula, tentu masih banyak lubang di sana-sini, ada yang kelompatan, ada yang saling silang, hehe… Tapi tak mengapa, jika terus berlatih pasti ada kemajuan nantinya. :)

masih bolong di sana-sini

Semoga sebelum musim dingin nanti syal ini sudah jadi ya mb Rin. Dan aku akan menganggapnya sebagai syal pemberian mb Rin. Maaf kalau nanti hasilnya tidak seperti yang mb Rina buat. Hug!

Begitulah ceritanya kawans. Kalau sy tidak kehilangan syal pemberian mb Rina, mungkin sampai sekarang sy tidak punya pikiran untuk belajar merajut. Dan bersyukur, dengan internet kita punya sumber belajar yang melimpah. Buat teman-teman yang ingin belajar merajut, search aja tutorialnya di youtube, banyak kok. Ok?! Yuk belajar sama-sama! :)

Salam hangat dari sy yg sedang belajar merajut,